Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara yang Instagramable


Berwisata diakhir pekan adalah sebuah keharusan bari para pekerja yang menghabiskan waktunya selama seminggu diruangan kerja. Untuk menyeimbangkannya, berwisata bersama keluarga diakhir pekan adalah pilihan yang tepat. 

Tentunya lokasi wisata yang akan dikunjungi tidak mungkin yang itu itu saja setiap minggunya, mungkin sesekali anda harus mengajak keluarga untuk keluar kota dan mengunjungi destinasi baru yang tetap masih Instagramable. 

Walaupun anda akan mengeluarkan biaya lebih besar dari wisata dalam kota, tetapi semua itu akan terbayar dengan pesona alam yang ditawarkan.

Ada banyak pilihan destinasi menarik yang akan menjadi pilihan anda, kami telah memilihkan 10 destinasi wisata alam yang Instagramable dan paling hits dikalangan anak muda mileneal di Sulawesi Tenggara. Berikut ulasannya : 

1. Pulau Labengki


Pulau labengki merupakan salah satu tujuan utama traveller domestik, sejak tahun 2014 tempat ini sudah terpublikasi oleh salah satu program TV di indonesia, mengeksplore semua destinasi terbaik labengki, dan 12 spot labengki ini semuanya sangat Instagramable.

Berlokasi di Desa Labengki, Kabupaten Konawe Utara. Wisata alam yang satu ini sangat luar biasa, memanjankan mata siapa saja yang melihatnya, beragam karakter pantai, blue lagoon, miniatur raja ampat yang akan membuat anda malas beranjak dari tempat ini. 

2. Pulau Bokori


Jika anda berkunjung ke Kota Kendari dengan waktu yang singkat, pilihan pulau bokori ini adalah alternatif terbaik. Selain aksesnya mudah, pemandangan alamnyapun tak kalah dengan wisata pantai lainnya. 

Anda bisa bersnorkling melihat kapal karam, berfoto di pasir timbul, atau sekedar berfoto ria di pasir putih pulau ini. Pulau ini juga sudah mempunyai fasilitas yang lengkap, jadi tidak perlu kuatir.

Untuk mencapainya, anda hanya membutuhkan waktu selama 30 menit dan menyebrang menggunakan kapal tradisional selama 5 menit, pilihan kapalnyapun sangat beragam dengan biaya yang cukup murah, anda hanya mengeluarkan Rp. 40.000 saja anda sudah diantar dan dijemput. Cukup mudah bukan, nah jangan sampai ketinggalan jika suatu saat anda datang berkunjung ke Kota Kendari ya.

3. Air Terjun Tumburano


Wisata air terjun ini tergolong jenis wisata tirta, bagi anda yang suka dengan petualangan, tidak ada salahnya untuk mencoba hal yang baru. Tumburano ini memiliki 3 tingkatan air terjun, yang masing masing tingkatannya mempunyai spot berbeda yang juga Instagramable. 

Aktifitas lainnya, anda bisa melompat di air terjun atau bermain canyoning menuruni dinding air terjun sejauh 70 meter. Di area air terjun ini telah disediakan gasebo untuk penginapan, jadi anda tidak perlu terburu buru untuk pulang, camping di kawasan air terjun adalah camping yang anti mainstream.

Air terjun tumburano berlokasi di kabupaten wawonii, tepatnya di desa lansilowo, kec. Wawonii utara. Akses untuk kelokasinyapun masih tergolong mudah. Dari kota kendari anda menyebrang menggunakan kapal tradsional atau kapal fery. Dari langara menuju tumburano bisa menggunakan motor atau mobil dengan waktu tempuh selama 40 menit.

4. Air Terjun Moramo


Air Terjun Moramo berada dikawasan  suaka alam suaka margasatwa tanjung peropa di desa sumbersari, Kec. Moramo, Kab. Konawe Selatan. Dari kota kendari dapat ditempuh selama 1 jam dan tracking selama 20 menit dari area parkir. 

Lokasi air terjun ini sangat rekomended bagi kalian yang ingin liburan bersama keluarga. Selain aksesnya yang mudah, disini anda bisa mengajarkan kepada anak anak jenis-jenis pohon, tanaman yang mungkin tidak didapat dalam praktek disekolah. 

Suasana alam yang rimbun, suara aliran sungai selama perjalanan membuat relaksasi alami tubuh anda. Area air terjun juga masih tergolong aman untuk anak kecil yang ingin bermain air. Zat kapur yang tinggi membuat air terjun berbentuk seperti petakan-petakan sawah. 

5. Bukit Teletabis


Bukit teletabis Bombana tak kalah mempesona dengan bukit teletabis yang ada di sumba nusa tenggara timur, bukitnya yang lebih terbertuk dan bertumpuk, menjadikan bukit teletabis bombana labih menarik dari bukit bukit teletabis lainnya yang ada di Sultra. 

Saat musim panas atau awal agustus adalah bulan yang tepat untuk berkunjung kesini, dimana hamparan rumputnya berwarna hijau, air sungai masih banyak sehingga anda dapat mendirikan tenda di bawah bukit bukitnya.

6. Puncak Sorombipi


Puncak ini mempunyai daya tarik tersendiri, dimana lokasinya yang berada di belakang kantor Bupati Kolaka Timur, dekat dengan jalan utama, tempat ini juga telah dibangun beberapa properti spot berfoto yang Instagramable yang banyak diminati anak muda. 

Lahan kehutanan ini dimanfaatkan baik oleh warga sekitar, khusunya para penggiat alam yang mengelola secara mandiri, sehingga puncak ini menjadi perhatian traveller untuk dikunjungi. 

Hutan pinus yang tumbuh alami menjadikan suasana puncak begitu rimbun ditambah suara jangkrik sepanjang jalur tracking.

7. Puncak Ahuawali


Jika di Toraja ada destinasi puncak lolai, maka di Sulawesi Tenggara juga mempunyai Puncak Ahuawali. Desa Ahuawali yang setahun terakhir ini menjadi viral oleh salah satu destinasi yang ada di Kab. Konawe. 

Potensi yang dimiliki desa ini sangat luar biasa, dibuktikan dengan banyaknya pengunjung setiap harinya yang datang dari berbagai daerah untuk menikmati pemandangan alam puncak ahuawali

Awal januari 2017 puncak ahuawali sudah mulai ramai dikunjungi dan akhir akhir ini menjadi salah satu destinasi yang paling diminati para traveller sultra.

Saat  berada di desa ahuawali, anda akan memandang hamparan bukit teletabis yang rimbun dan hijau ditambah dengan keramahan warga setempat akan membuat anda enggan meninggalkan desa ini. 

Selain pemandangan bukit, anda akan menikmati pemandangan dari puncak berupa gulungan kabut dipagi hari, puncak ahuawali dikenal sebagai negeri diatas awan, hal inilah yang menjadi faktor utama mengapa para traveller ingin menginjakkan kakinya ke desa ahuawali. 

Walaupun tergolong destinasi baru, tapi puncak ahuawali bisa bersaing dengan destinasi lainnya yang sejenis yang ada diindonesia. 

8. Danau Biru


Danau ini berdiameter kurang lebih 164 M, rasa airnya payau dan lumayan dingin. kedalaman maksimal hanya 7 meter, jika anda snorkeling mengamati spesies ikan, dasar danau bisa kelihatan sangat jelas. selain menikmati air danau, sebaiknya juga anda mencoba free jump dari ketinggian 7 meter dari sisi kanan danau. 

Walaupun jaraknya jauh dari kota kendari, tapi danau ini sangat pantas untuk dikunjungi. Pesona alam Danau Biru ini mirip dengan labuan cermin yang ada di Kalimantan Timur, air yang biru dan tenang menjadikan tempat ini begitu nyaman dinikmati.

9. Tracking Mangrove


Sama halnya pulau bokori, bagi anda yang mempunyai waktu yang sedikit untuk berada di kota kendari, ada baiknya anda menyempatkan waktu untuk berkunjung ke tracking mangrove bungkutoko

Lokasi yang dekat dengan pusat kota, dengan menggunakan jasa transportasi online, anda telah dapat mengunjungi wisata ini. 

Menikmati dan mengenal pohon mangrove adalah hal yang biasa, tapi disini mata anda akan dimanjakan dengan warna warni pagar dan lantai jembatan sejauh 500 meter mengelilingi kawasan mangrove, selain itu ada menara pantau, yang anda bisa gunakan untuk melihat seluruh kawasan dan pemandangan sekitar area manggrove. 

10. Danau Moko


Kabupaten muna barat salah satu kabupaten yang mempunyai puluhan destinasi menarik, diantaranya adalah Danau moko. Danau air payau ini tergolong masih terjaga kealamiannya. 

Hal yang menarik dari danau moko, ada seekor penyu yang sudah bertahun tahun hidup di dalamnya, sehingga penyu tersebut sudah terbiasa dengan orang orang yang datang kesini, bahkan siap menemani kalian di air berjam jam. 

Penyu jinak ini akan menampakkan dirinya jika kita sudah berada di air, dengan memukul mukul permukaan air, penyu tua itu akan langsung naik kepermukaan. Kawasan batu kars, dikelilingi pohon pohon besar, airnya berwarna biru, menjadikan danau moko salah satu pilihan destinasi Instagramable sebagai referensi berlibur di Sulawesi Tenggara.

Itulah 10 Destinasi pilihan yang bisa anda jadikan alternatif liburan selama berada di Sultra. Semoga bisa menambah referensi anda.