Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Alam Danau Moko, Mirip Labuan Cermin di Kalimantan Timur

Pulau Muna adalah salah satu pulau yang ada di Sulawesi Tenggara. Pulau ini mempunyai potensi kars yang luar biasa, tak heran jika pulau ini mempunyai banyak destinasi gua dan danau, salah satunya yakni Danau moko. 

Menurut wikipedia, Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan.

Danau Moko, berada di sisi tenggara pulau muna tepatnya di desa walengkabola Kec. Tongkuno Kabupaten Muna. 

Diantara tiga danau moko yang saling berdekatan, danau moko 1 atau permandian moko sebutan warga lokal, adalah danau yang paling bagus, selain warna airnya yang biru, dengan kedalaman 12 meter, membuat danau yang rasa payau ini selalu jernih. 

Sekilas, karakter danau moko ini mirip dengan Danau Labuan cermin di Kalimantan timur dan Danau biru yang berada di kolaka utara. Ada hal yang menarik dari danau moko ini dibanding dua destinasi tadi, selain dari perbedaan ukuran diameter danau, di permandian moko ada seekor penyu yang sudah bertahun tahun hidup di dalamnya. 

Penyu tersebut sudah terbiasa dengan orang orang yang datang kesini, bahkan siap menemani kamu di air berjam jam. Penyu jinak ini akan menampakkan dirinya jika kita sudah berada di air, dengan memukul mukul permukaan air, penyu tua itu akan langsung naik kepermukaan, silahkan dicoba.

Disekitar danau pula kalian bisa menggantung hammuck dan bersantai sambil menikmati biru dan jernihnya air danau atau langsung melompat ke danau di tempat-tempat yang sudah disiapkan, tetapi tetap harus hati hati, banyak batuan yang bisa lepas di sekeliling bibir danau. 

Karena danau moko ini masih terjaga kealamiannya, sebaiknya kita terus menjaga kebersihan area danau, jangan membuang sampah di sembarang tempat, apalagi sampai membuang kedalam danau. 

Permandian Danau moko adalah tempat yang sangat recommended untuk di kunjungi dan banyak pengalaman baru yang akan kalian dapatkan. 

Akses ke Danau Moko

Nah bagi kamu yang berminta dan ingin kesana, sebaiknya meminta petunjuk dari warga setempat, agar perjalananmu lebih efisien. atau lebih jelasnya, kamu bisa baca akses ke danau moko

Tak hanya danau moko, banyak wisata danau di sultra yang sudah lebih dulu populer, dan ada juga danau yang belum di kunjungi. Kamu bisa memilih untuk jadikan agenda liburanmu.