Tuesday, January 27, 2015

Potensi Alam Pulau Labengki Bagi Masyarakat Bajo

Pulau yang berada di kawasan luar daratan kabupaten konawe utara, tepatnya di sebelah timur. pulau ini terbagi menjadi 2, ada labengki besar (tak berpenghuni) dan pulau labengki kecil (ditinggali suku Bajo) desa labengki Kecamatan Lasolo kepulauan Kabupaten Konawe Utara.

Kawasan  pulau ini sejak tahun 2010 sudah mulai dieksplore oleh para penggiat selam dan pencinta alam, semua hasil kegiatan, penelitian, dan ekspolorasi telah dipublikasikan melalui media sosial maupun internet. sehingga beberapa tahun terakhir, labengki menjadi salah satu incaran para pencinta pantai dan selam.

kegiatan yang dilakukan di pulau ini bisa dikatakan sudah banyak, beberapa diantaranya bersih pantai labengki kecil oleh Backpaker kendari, penyelaman menyambut tahun baru 2014, ekspedisi lingkar pulau dan sebagainya. 


Harapan kepala desa dan warga setempat, dengan hadirnya para wisatawan bisa memberikan manfaat timbal balik, dan harapan dari para wisatawan juga, kiranya dapat memanfaatkan semua fasilitas desa dengan biaya yg relatif murah. Air tawar hasil penyulingan air laut anda bisa beli dengan harga Rp 2.500/galon, sewa kapal kecil untuk mengantar Anda ke spot2 hanya Rp. 50.000, sewa rumah warga untuk penginapan hanya Rp. 100.000/hari. Ikan-kan segar juga Anda bisa beli ditempat pengumpulan ikan, dengan harga terjangkau. Inilah yang akan memicu pertumbuhan ekonomi didesa ini menjadi cepat. 

Dalam pariwisata, memang tidak seperti usaha pertambangan yang hasilnya dapat dirasakan cepat dan bernilai besar, tapi hanya insdustri pariwisata yang bisa bertahan lama dan jelas memberikan keuntungan masyarakat dengan konsep tetap menjaga kelestarian alam. Hal ini yang harus dijaga oleh masyarakat bajo yang mendiamai pulau labengki. Walaupun grafik peningkatan ekonomi tidak begitu cepat, namun hasil yang didapatkan bisa stabil dan dapat memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.


Dari kota kendari dipelabuhan lama, anda akan menempuh jarak 70 KM menuju utara dengan waktu tempuh 4-5 jam, ini tergantung kecepatan kapal yang disewa. waktu tercepat anda bisa menempuh waktu hanya 3 jam. 
jika anda ingin kelabengki melalui darat anda bisa ke desa Lasolo dengan waktu tempuh dari kota kendari maksimal 1:30 jam dan menyebrang dari pelabuhan POLAIRUT dengan waktu tempuh 2 jam (tergantung kecepatan kapal)
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post