Monday, April 6, 2020

11 Film Survival Yang Wajib Ditonton

Film dengan genre survival memang memiliki peminat tersendiri, umumnya film dengan tema cara mempertahan hidup di hutan ini diminati oleh para penggiat alam atau para traveller yang suka dengan tantangan. Tidak jarang kita temukan beberapa film survival diangkat dari kisah nyata dari kisah hidup orang orang didunia ini. Walaupun film film ini mungkin sudah pernah kalian nonton, tapi kita tidak akan bosan untuk menontonya kembali. Visual dari setiap film memiliki karakter tersendiri, agar penonton mudah mengingatnya. Nah dalam kondisi sekarang ini, dimana pemerintah menyarankan untuk tinggal, kerja dan beribadah dirumah, tidak ada salahnya kita kembali menonton film kisah dari orang orang hebat ini. Berikut film survival yang telah kami rangkum versi Jelajah Sultra.

Baca Juga9 Film Pendakian Gunung Yang Wajib Ditonton

1. Cast Away (2000)
Tahun 1995, Chuck Noland insinyur system waktu terobsesi melakukan perjalanan di seluruh dunia memecahkan masalah produktivitas FedEx. Chuck dipanggil menyelesaikan masalah di Malaysia dan pesawatnya menabrak samudra fasifik. Chuck lolos dari pesawat yang tenggelam, diselamatkan rakit namun kehilangan pemancar locator darurat. Saat dia terbangun dia menjelajahi pulau dan mendapati bahwa pulau tersebut tidak berpenghuni. Beberapa paket FedEx yang jatuh ikut hanyut serta mayat pilot yang dia kubur. Dia berusaha menyelamatkan diri dengan sisa rakitnya namun tidak bisa melewati ombak yang kuat. Chuck harus bertahan hidup di pulau tersebut.

Empat tahun kemudian, Chuck beradaptasi dengan kondisi pulau setelah menjadi mahir menangkap ikan dan membuat api. Dia memiliki percakapan rutin dan argumen dengan Wilson sosok yang dibuat untuk bersosialisasi. Usai menghabiskan waktu membangun dan menyimpan rakit dan dia meluncurkan memanfaatkan layar mengatasi ombak yang kuat. Beberapa waktu di lautan, badai nyaris membuat rakitnya terlepas. Hari berikutnya saat Chuck tidur, Wilson hanyut dari rakit. Chuck terbangun oleh semprotan ikan paus.Kemudian Chuck melihat sebuah kapal kago lewat lalu mendapatinya. Usai kembali ke peradaban, Chuck memahami bahwa keluarga dan kenalannya mengadakan pemakaman dan Kelly telah menikah dengan dokter gigi Chuck dan telah mempunyai anak perempuan. 

2. Touching The Void (2003)
Film yang dirilis pada tahun 2003 ini disebut sebagai salah satu film dokumenter Inggris tersukses. Cerita mengangkat kisah pendaki Inggris Joe Simpson dan Simon Yates menaklukkan gunung Siula Grande (6.344 m) di Inggris pada 1985. Meski mengalami kesulitan menaklukkan gunung yang belum pernah didaki itu, Joe dan Simon berhasil mencapai puncak dalam waktu yang relatif singkat. Namun mimpi buruk menghadapi mereka ketika berusaha turun. Joe mengalami insiden fatal dan hampir terjatuh dalam posisi yang menyulitkan Simon. Joe mengalami patah tulang kaki, dan cukup jauh berada di bawah Simon dengan tali yang terikat pada tubuh mereka. Posisi Simon di atas yang menahan beban tubuh Joe, tidak memungkinkan untuk bergerak ke bawah. Hingga dia harus mengambil keputusan besar, memotong tali yang menjadi gantungan hidup Simon. Yang selanjutnya terjadi adalah kisah paling dramatis dalam upaya bertahan hidup.

3. Into The Wild (2007)
Film yang dirilis pada tahun 2007 ini menceritakan tentang kisah seorang pria bernama Christopher “Chris” Mc Candless (Emile Hirsch). Chris lahir dari keluarga yang kaya. Ketika dihari kelulusannya, Ayah Chris ingin membeli mobil untuknya. Namun Chris menolak, alasannya karena mobil yang lama masih bisa dipakai. Chris juga memulai petualangan untuk pergi ke daerah terpencil di Alaska. Membuang semua kekayaan, tabungan, kartu kredit, bahkan identitasnya. Chris memulai perjalanan dengan menggunakan mobil lamannya. Namun, mobilnya terendam banjir dan penuh lumpur di suatu daerah.  Chris pun meninggalkan mobilnya. 

Kemudian, Chris sampai di daerah Arizona. Di Arizona, Chris mulai mengganti namanya dengan Alexander Supertramp. Perjalanan Alex pun berlanjut. Mulai dari menumpang mobil, bahkan sempat mengembalikan hubungan pasangan yang sempat renggang. Setelahnya, Alex melanjutkan perjalanan panjangnya ke Alaska. Alex berharap, kesunyian di Alaska dapat menyatukannya dengan alam, serta flora dan fauna yang ada. Dan pada akhirnya, Alex di temukan tewas di dalam bus yang disebut Magic Bus. Di sampingnya, terdapat kamera yang di dalamnya terdapat foto Alex yang memperlihatkan dirinya tersenyum puas.
4. 127 Hours (2010)
Film yang dirilis pada tahun 2010 ini menceritakan kisah nyata dari perjuangan seorang pendaki gunung bernama Aron Ralston. Dia terjebak dalam celah di Grand Canyon selama 127 jam. Tantangan pada film ini dimana Aron Ralston mulai berusaha untuk melepaskan tangannya yang terjepit dicelah batu dengan segala macam cara. Setelah melakukan berbagai macam tehnik agar tangannya bisa lolos ternya semua upayanya menjadi sia sia. Dan akhirnya memutuskan untuk memotong tangannya. 

5. Sanctum (2011)
Film ini terinspirasi dari kisah nyata tentang Andrew Wright yang sempat terjebak di Esa’ala Cave salama 2 hari bersama 14 orang lain. Film ini mengadaptasi kisah tersebut tanpa memberikan tambahan hal lain guna menambah tensi ketegangan. Sanctum bercerita tentang sebuah eksplorasi gua bawah laut yang dilakukan di Esa’ala Cave yang terletak di Papua Nugini oleh tim yang dipimpin oleh Frank (RichardRoxburgh). 

Kedatangan mereka yang awalnya bertujuan untuk ikut serta dalam ekspedisi, kemudian mulai berubah menjadi tegang saat salah satu tim tewas kehabisan udara karena tabung oksigen miliknya rusak. Keadaan menjadi memburuk saat hujan besar dan badai melanda daerah tersebut. Hal itu membuat air meluap dan mulai membanjiri gua tersebut. Para tim dan orang-orang yang masih terjebak didalam tidak lagi mempunyai jalan keluar selain melanjutkan penyelaman ke dasar gua sambil berharap mampu mencapai pantai.

6. Lone Survivor (2013)
Film yang dibintangi oleh Mark Wahlberg yang berperan sebagai Marcus Luttrell ini mengisahkan tentang prajurit pasukan angkatan laut AS atau Navy SEAL yang bertempur sampai titik darah penghabisan di Taliban, sebuah pegunungan di Afganistan. Ia bertempur bersama dengan Danny Dietz (Emile Hirsch), Michael. P Murphy (Taylor Kitsch), dan Matthew Alexon (Ben Foster). Mereka diperintahkan untuk menemukan Shah, pemimpin Taliban yang bertanggung jawab atas terbunuhnya lebih dari 20 anggota angkatan laut AS.

7. The Revenant (2015)
Salah satu film bertema survival yang sangat baik dari segala sisi baik visual maupun aksi para pemerannya. Meskipun dari segi cerita sangat simpel yakni bertahan hidup dan harus membalaskan dendam atas kematian putra sang karakter utama, The Revenant tetap sangat layak untuk ditonton. Di sini upaya untuk bertahan hidup digambarkan secara detail mulai dari harus menyalakan api unggun ketika dingin atau mengumpat di dalam perut kuda ketika diri kalian dalam bahaya besar. Leonardo Dicaprio selaku tokoh utama di sini memainkan perannya cukup baik. Memakan daging mentah, tidur didalam perut kuda dan berkelahi dengan seekor beruang, membuat film ini sangat apik. Kalian tidak akan menyesal untuk menontonnya.

Baca Juga10 Film animasi petualangan terbaru

8. Everest (2015)
Film yang berdasarkan tragedi 1996 di Puncak Everest ini menjadi daya tarik bagi para penonton sekaligus pencinta alam. Film tentang survive di pegunungan tertinggi di dunia ini mengajarkan moral, salah satunya tentang ego. Meski sedang bertahan hidup, lo enggak diperbolehkan untuk menantang alam dengan segala keegoisan lo. Seperti pesan di akhir film: gunung selalu menang, mengisyaratkan betapa kecilnya manusia.

9. The 33 (2015)
Film yang diambil dari kisah nyata tentang terjebaknya 33 orang dalam tambang bawah tanah di Cile. Sebanyak 33 orang pekerja tambang terkubur hidup-hidup di sebuah tambang emas dan tembaga bernama San Jose. San Jose sendiri berada 700 meter di bawah permukaan tanah. Kisah bertahan hidup sesuai dengan kenyataan memang benar-benar sangat luar biasa. Ketegangan dan keputusasaan selalu menghantui film ini di sepanjang ceritanya. Kalian yang suka dengan film tehnik bertahan hidup, layak menonton The 33.

10. Jungle (2017)
Film yang menceritakan tentang petualangan empat wisatawan, yang bertemu di Bolivia. Kemudian pergi bersama menjelajah hutan Amazon. Perdebatan, pertentangan antar karakter pun menambah bumbu dalam film. Hingga kecelakaan rakit saat menelusuri sungai membuatnya jadi petaka! Petualangan Yossi Ghisnberg tidak sendiri, disana ia bertemu dengan Marcus, seorang guru sekolah, Kevin yang merupakan seorang pejalan kaki dan fotografer Amerika. Dan perjalanan menjadi lebih sulit ketika mereka bertemu dengan Karl yang mengaku mengenal salah satu suku di Amazon.

11. 6 below – Miracle on the Mountain (2017)
Kisah perjalanan gunung enam hari pemain hoki bernama Eric LeMarque. Eric LeMarque pernaha menjadi pemain hoki yang begitu menjanjikan. Akan tetapi Eric LeMarque kecanduan terhadap sabu usai mengakibatkan kecelakaan mobil besar. Hal ini mengakibatkan Eric LeMarque akan diadili dalam seminggu dan ibu Eric LeMarque yang bosan dengan kecanduannya yang telah memutuskan hubungan dengan Eric LeMarque.  Memutuskan untuk pergi menuju resort musim dingin, Eric LeMarque membuat keputusan untuk pergi menuju gunung untuk menikmati hari seluncur salju demi menjernihkan pikirannnya. Eric LeMarque tidak tahu bahwa ini akan menajdi hari hidup Eric LeMarque akan berubah selamanya. 

Saat penjaga taman mengetahui bahwa mereka akan menutup lereng lebih awal sebab badai salju besar akan datang, Eric LeMarque tidak mengetahui berita tersebut dan mendapati dirinya naik menuju daerah yang tidak dilindungi. Eric LeMarque segera mendapati dirinya tersesat di hutan belantara.  Teringat flash back masa lalunya, termasuk perlakuan keras ayahnya terhadap Eric LeMarque, pertama kali dia memulai kebiasaan narkoba, dan usaha Eric LeMarque untuk dapat membuatnya di lapangan hoki, Eric LeMarque segera mengetahui bahwa Eric LeMarque harus menghadapi iblis-iblisnya jika Eric LeMarque berencana untuk bertahan hidup. Sementara, saat ibu Eric LeMarque mengetahui bahwa Eric LeMarque melewatkan tanggal persidangannya, dia berniat untuk mendapatkannya bantuan penjaga taman.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post