Thursday, April 30, 2020

12 Spot Eksotik Pulau Labengki Yang Sayang Untuk Dilewati

Pulau Labengki
adalah nama salah satu pulau kecil di kawasan taman wisata alam laut lasolo Sulawesi Tenggara.  Labengki mulai terkenal dikalangan para traveler karena ada satu spotnya yang mirip dengan pemandangan alam Raja Ampat. Sehingga tak jarang wisatawan menyebutnya Labengki sebagai raja ampatnya Sulawesi Tenggara.

Lokasi Dan Akses Ke Pulau Labengki
Secara administratif Pulau Labengki berada di Desa Labengki, Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten konawe utara, Sulawesi tenggara. Ada tiga rute yang kalian pilih. Pertama, dari Soropia perjalanan menggunakan kapal bisa ditempuh kurang lebih 3 jam. Kedua, dari Kota Kendari Ke Labengki sekitar 5 jam dan yang ketiga, bagi warga atau wisatawan yang melalui jalur darat Konawe Utara, bisa menyebrang melalui Desa Tinobu, Kecamatan Lasolo dan bisa di tempuh selama 1-2 jam, tergantung pada kecepatan kapal.

Wisata Bahari Terbaik
Berwisata ke pulau labengki tentunya akan menambah pengalaman dan pengetahuan baru, dari destinasi pemandangan alamnya, dan juga kearifan lokal masyarakat desa labengki. Selain aksesnya yang mudah dijangkau, banyak hal yang akan kalian dapatkan selama berwisata di labengki. Untuk memudahkan kalian memilih spot, berikut 12 spot terbaik yang ada dilabengki, sebagai referensi Anda sebelum ke labengki.

Baca Juga : Paket Trip Labengki

1. LAGUNA TOBELO
spot ini masih sangat jarang dikunjungi, dikarenakan faktor pasang surut air laut. danau yang tertutup ini, hanya bisa dilewati melalui gua. Melewati gua hanya bisa dilakukan saat air laut betul betul surut. walaupun membutuhkan perjuangan berat dengan jalan jongkok dan melewati tiram tiram yang tajam, namun semua perjuanganmu akan terbayar saat telah merhasil melewati gua ini.

2. LAGUNA POROS KAMPALI
Untuk sampai ke laguna ini, Anda harus memanjat melewati bebatuan karang tajam berwarna hitam. Setelah melewatinya, Anda akan melihat laguna dengan hijau toskanya. Sebenarnya kalau dilihat dari atas batu, terlihat dua sisi laguna dikiri kanan yang dipisahkan barisan karang. Walaupun air disebelahnya adalah air laut seolah-olah seperti laguna yang berdampingan. spot ini juga dikenal dengan sebutan danau kembar, karena dipisahkan oleh batuan cadas yang berada tepat ditengah tengah danau. waktu ideal ke tempat ini sebelum jam 11 siang.

3. LAGUNA MAHUMALALANG
Laguna ini berdiameter kurang lebih 150 meter dan memiliki kedalaman 6 - 8 meter yang selalu mengikuti pasang surut air laut. warna biru danau dipadukan warna hijau pepohonan yang mengelilinginya membuat warna danau lebih kelihatan biru tua. Untuk hasil maksimal, kamu sehrusnya kesini saat hari mulai siang, antara jam 10 pagi sampai jam 1 siang. Sebelum matahari berada disebelah barat.

4. LAGUNA LABENGKI BESAR
Banyak yang belum mengetahui letak danau ini, posisinya berada tepat dibelakang teluk cinta. Untuk mencapainya, dibutuhkan sedikit perjuangan. Dari garis pantai, Anda harus memanjat tebing setinggi 40 meter dan turun ke danau. (Koordinat  3°28'41.98"S / 122°27'55.47"E) dan panjang garis danau sekitar 600 M. danau ini merupakan danau terbesar yang ada di pulau Labengki Besar.


5. MINIATUR RAJA AMPAT
Berada tepat pada koordinat 3°29'3.58"S / 122°27'52.95"E. hanya dari posisi ini Anda bisa melihat pemandangan mirip raja ampat yang berada di papua. Dimana hamparan pulau pulau kecil terlihat jelas dengan air laut yang memisahkannya. Spot ini yang merupakan spot yang wajib Anda kunjungi jika ke Labengki. Dibelakang dari lokasi ini, terdapat spot teluk cinta.

6. TELUK CINTA
Spot unggulan labengki yang telah meracuni para traveller dan berbondong bondong datang kesini. tanjakannya hanya 2 menit dan tidak begitu tinggi, sangat mudah diakses dan jalur tracking nyapun telah dibuatkan jalan setapak. untuk mendapatkan hasil maksimal agar lekukan karang yang membentuk hati terlihat jelas, sebaiknya dikunjungi saat air sedang surut atau menggunakan kamera drone. Dari atas tampak lengkungan di tepi pantai yang akhirnya membentuk lambang hati dengan gradasi biru toska.

7. PASIR PANJANG
Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki panjang kurang lebih 500 meter. Sepanjang itupula pohon kelapa rapi berjejer di bibir pantai ini. Spot ini paling diminati para wisawan asing, mereka banyak menghabiskan waktunya disini dengan berjemur maupun snorkling. Deretan pohon kelapa bersusun rapi dan putihnya pasir pantai membuat spot ini paling disenangi para wisatawan. 

8. KAMPUNG BAJO
Kampung bajo adalah satu satunya pulau yang berpenghuni, awalnya masyarakat disini berasal dari orang bajo asli, namun sekarang penduduk labengki sudah berbaur dengan suku suku lainnya, seperti suku tolaki, suku bugis, dll. Warga desa juga menyiapkan rumah rumahnya untuk ditempati, mereka membuat homestay yang sudah layak huni, yang difasilitas kasur dan kipas angin. Anda bisa membaca 3 jenis penginapan di pulau labengki.

9. GUA KOLAM RENANG
Gua kolam renang berada dibelakang rumah warga, atau lebih mudahnya berada pada plang tulisan labengki. Gua ini bisa dimasuki kapan saja, namu sebaiknya Anda meminta izin kepada warga yang mengelola gua ini, agar bisa menyalakan lampu sehingga Anda mudah memasukinya. Karena gua ini mengikuti pasang surut air laut, sebaiknya masuk saat pada air sedang pasang, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan bisa berenang didalam gua.

10. MERCUSUAR
Spot ini dikunjungi pada saat subuh, dimana lokasi mercusuar ini berada pada sisi timur pulau labengki kecil, sehingga sangat cocok untuk menunggu sunrise, atau bisa juga untuk mengabadikan moment saat berada dibawah menara ini. Dari desa Anda harus berjalan kaki kurang lebih sejauh 600 meter, sekitar 7-10 menit.

11. PASIR MERAH
Pantai pasir putih memang mendominasi dikawasan labengki, namun ada yang berbada dengan spot lainnya. Ada satu spot yang dinamakan pasir merah. Spot ini memiliki dua pohon kelapa yang tumbuh secara bersamaan, ukuran dan bentuknya sangat mirip satu sama lain, posisinya yang tumbuh tidak pada umumnya, dimana pohon kelapa ini tumbuh miring, sehingga mudah untuk dipanjati. Waktu terbaik untuk kesini saat posisi air sedang pasang, agar kapal bisa sampai kepinggir pantai.


12. TEBING LABENGKI MAHITALA
Tebing ini berada di utara pulau labengki besar, berhadapan langsung dengan pulau sombori Sulawesi tengah. Nama Tebing Mahitala diambil dari nama organisasi yang pertama mengekspolorasi pulau ini pada tahun 2014. Keindahan tebing ini berada pada hamparan pantai yang ada didepannya dan pasirnya yang putih dan halus mengelilingi area tebing ini. Bagi kalian yang senang dengan petualangan memanjat tebing dipinggir pantai, lokasi ini sangat ideal.

Itulah 12 spot yang ada di pulau labengki yang harus Kalian datangi. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa memilih spot spot yang cocok dengan selera Anda atau bisa diskusikan bersama teman jalanmu. Ayo ke labengki
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post