Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Tempat Wisata Terbaik & Paling Terkenal di Konawe Utara

Tempat Wisata Terbaik di Kabupaten Konawe Utara
Kabupaten Konawe Utara merupakan sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara dengan Ibu Kota Wanggudu. 

Kabupaten ini mempunyai keindahan alam yang sangat luar biasa, tak kalah dengan wisata alam lainnya di Sulawesi Tenggara. 

Kekayaan alam Konawe Utara memang tidak bisa dipandang sebelah mata, selain wisata alam, Konawe Utara juga sangat terkenal dengan potensi pertambangan. 

Tak heran kalau banyak investor asing masuk ke Konawe Utara untuk berinvestasi. Namun kali ini, kita tidak akan membahas tentang potensi pertambangannya.

Jenis wisata yang dimiliki Konawe Utara seperti wisata air terjun, wisata Pantai,  wisata danau, wisata minat khusus, wisata budaya - sejarah dan wisata selam. Dari potensi tersebut, berikut ulasan tempat wisata di Kabupten Utara yang telah dihimpun Jelajah Sultra. 

Tempat Wisata Alam Kabupaten Konawe Utara

Air Terjun Lameoru

Air Terjun Lameoru Konawe Utara

Air terjun yang masih alami ini berada di Desa Kota Maju dan Desa Lameoru, Kec. Oheo kab. Konawe Utara. Dari namanya memang air terjun lameoru tidak sepopuler air terjun tumburano atau air terjun tetewa yang sudah ditau banyak orang.

Bagi yang berminat untuk mencoba petualangan ke air terjun laameoru, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan seperti mempersiapkan perlengkapan standar menjelajah, fisik yang prima, dan persiapan logistik sekitar dua hari untuk mengantisipasi jika terjadi masalah.

Sebaiknya kamu mempersiapkan diri untuk menginap satu malam, agar perjalananmu lebih santai, karena aksesnya yang sangat jauh.

Air Terjun Matapila 

Instagram alferdinharis93
Wisata alam yang juga jarang dikunjungi yakni air terjun liku matapila atau biasa disebut air terjun larowiu meluhu. Berada di Desa matapila, Kecamatan lasolo, Kab. Konawe Utara.

Dari jalan poros wawotobi – lasolo, Kamu harus menyusuri sungai dan hutan rimbun selama satu jam. Daya tarik tempat ini, kolam air terjunnya dalam. Kamu bisa melompat dari ketinggian 10 meter.

Untuk mencapai lokasi wisata air terjun ini, kamu bisa memilih dari dua jalur alternatif. Jalur pertama kamu dapat melalui Kecamatan Amonggedo dan jalur kedua melalui Kecamatan Lasolo.

Air Terjun Lamesou

Air Terjun Lamesou Konawe Utara
Air Terjun Lamesou memang memiliki beragam aktivitas menarik yang bisa kamu coba. Seperti menikmati pemandangan air terjun dan berenang.

Air Terjun Lamesou terletak di Desa Lametono, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kamu harus berjalan kaki sejauh 3,9 KM untuk bisa sampai titik air terjun dengan melewati 12 penyeberangan dan 2 percabangan sungai. Melewati sungai dan hutan tentu aktivitas yang menyenangkan bagi yang menyukai petualangan.

Akses ke Air terjun, dari Kota Kendari dapat ditempuh sejauh 88 KM melalui jalan poros kendari – bungku. Jalur lain yang bisa ditempuh yakni melalui kendari menuju pincara batugong sejauh 23 KM dilanjutkan menuju ke pincara ke dua dengan jarak 8 KM. 

Air Terjun Wawondiku Lalombundi

Air Terjun Wawondiku Lalombundi Konawe Utara
Satu lagi wisata air terjun yang penuh tantangan. Air terjun wawondiku berada di Desa awila puncak, Kecamatan lasolo, Kab. Konawe Utara.

Air tejun wowondiku terdiri dari dua air terjun, air terjun utama memiliki kolam dan air terjun yang berada disebelah kanan tidak mempunyai kolam.

Selain jauh, tempat ini juga sangat beresiko, kamu harus melewati sungai selama empat jam dan mendaki ke bukit untuk menghindari kedalaman sungai.

Perjalanan ideal sebaiknya kamu menginap semalam, karena untuk melakukan perjalanan dalam sehari kamu membutuhkan waktu selama delapan jam pulang pergi. Tentu kamu tidak punya waktu untuk menikmati keindahan Air terjun Wawondiku.

Air Terjun Paralahuone

Air Terjun matarombeo Konawe Utara
Air terjun ini hanya dapat di akses menggunakan perahu menyusuri sungai lalindu. Air terjun Paralauone ini berada di kawasan pegunungan matarombeo Desa Tetewatu Kec. Wiwirano.

Uniknya, air terjun ini jatuh di aliran sungai lalindu, mirip dengan air terjun tetewa di Kolaka Timur. Saat menyusuri sungai, dari kejauhan air terjun yang tingginya 150 meter ini dengan mudah terlihat. 

Karena aksesnya yang sulit, sebaiknya kamu menggunakan jasa masyarakat sekitar untuk mengantarmu ke spot air terjun. 

Telaga Biru Oheo

Telaga Biru Oheo Konawe Utara
Wisata permandian telaga biru kini sudah menjadi objek wisata masyarakat lokal. Berada di Desa Sambandete, Kecamatan oheo, Kab. Konawe Utara.

Dulunya tempat ini dianggap sebagai tempat keramat, sehingga masyarakat enggan berkunjung. Namun sejak tahun 2013, tempat ini sudah mulai dilirik para pegiat alam dan memperkenalkannya di media sosial. 

Suasana nyaman dan asri akan kamu temukan saat duduk disekitar telaga atau menikmati segarnya air danau. Tak hanya itu, kamu juga dapat melihat aktivitas petani menanam padi. Akses ke telaga ini bisa ditempuh selama 3 jam lebih dengan jarak 137 Km dari Kota Kendari.

Pulau Labengki

Pulau labengki Konawe Utara
Dari puluhan destinasi di Konawe Utara, Pulau labengki adalah destinasi paling populer dan ramai dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri. Pulau Labengki berada di Desa Labengki, Kecamatan Lasolo Kepulauan, Konawe Utara.

Di pulau ini kamu bisa mengunjungi 12 spot wisata labengki yang tidak ditemukan di destinasi lainnya di Sulawesi Tenggara.

Pemandangan laguna, pantai, gua dan kearifan lokal masyarakat bajo dengan mudah ditemukan. Destinasi yang sangat komplit. Semua informasi labengki dengan mudah kita temukan di internet. Jika berkunjung ke Konawe Utara, sempatkanlah untuk mengunjungi pulau cantik ini.

Pantai Taipa 

Pantai taipa konawe utara
Pantai Taipa merupakan wisata pantai ramah keluarga di Konawe Utara, berada di Desa taipa, Kecamatan Lembo, Kab. Konawe Utara.

Pantai ini menawarkan hal yang berbeda dari pantai-pantai pada umumnya. Keindahan pasir hitam yang halus, deburan ombak dan area pantai yang luas membuat pantai ini ramai dikunjungi orang tua dan anak-anak. 

Lokasinya yang dekat dengan pemukiman warga, tak heran saat akhir pekan, permandian pantai taipa ini selalu ramai oleh wisatawan dan masyarakat lokal.

Pantai Pudonggala

Pantai Pudonggala Konawe Utara
Mirip dengan pantai taipa, Pantai Pudonggala ini juga memiliki pasir hitam yang terhampar sejauh 2 Km. Berada di Desa Pudonggala, Kecamatan sawa, Kab. Konawe Utara.

Disini kamu dapat menikmati panorama pantai yang sejuk, dikelilingi pohon-pohon pinus. Failitas yang disediakan juga sudah sangat komplit, dari penginapan, tempat bermain, kamar ganti dll. 

Pantai ini berjarak 1,5 Km dari jalan utama bungku-kendari. Terdapat pintu gerbang untuk memudahkan wisatawan menemukan lokasi pantai.

Pemandian Air Panas Wawolesea

Air Panas Wawolesea Konawe Utara
Berendam di air hangat alami tentu sebuah pengalaman manarik. Tidak semua destinasi mempunyai wisata permandian air panas yang lengkap fasilitas seperti wawolesea. Permandian Wawolesea berada di Desa wawolesea, Kecamatan lasolo, Kabupaten Konawe Utara.

Kamu dapat berendam di kolam yang airnya hangat atau kamu juga bisa merebus telur di kolam air panas. Sayangnya permandian ini bersifat musiman, di bulan tertentu kolam-kolam disini menjadi kering. 

Wawolesea juga termasuk wisata prioritas pemerintah, dibuktikan dengan fasilitas yang telah dibangun di area permandian. 

Tebing Linomiyo

Tebing Linomiyo Konawe Utara
Wisata minat khusus ini menawarkan sensasi petualangan. Tempat ini hanya bisa dinikmati oleh para pemanjat tebing. Walaupun begitu, bukan berarti kamu tidak dapat mengunjungi lokasinya.
Kamu bisa berfoto berlatar belakang hamparan tebing tinggi linomoiyo dan savana. Untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal, sebaiknya kamu menggunakan Drone. 

Tebing linomoiyo ini berada di Desa Linomoiyo, Kec. Oheo. Lokasinya masih dekat dengan telaga biru. 

Gua Tengkorak Anawai

Gua Anawai Konawe Utara
Di Konawe Utara terdapat wisata sejarah yang sangat luas, yakni situs gua purba di tebing anawai, tepatnya berada di Desa wawontoaho, Kecamatan wiwirano, Kabupaten Konawe Utara.

Gua tersebut sangat sulit dijangkau, karena harus melewati sungai dan tempatnya berada di bawah tebing. Belum lagi wisatawan yang harus mendaki untuk mencapai mulut gua. 

Gua ini menyimpan sisa-sisa tengkorak dan tulang yang berserakan di sudut gua. Selain itu terdapat pula lukisan lukisan pada dinding gua. Bagi kamu yang senang dengan sejarah atau penelitian ilmiah, tempat ini sangat cocok untukmu. 

Gua Matarombeo Lalindu

Gua Matarombeo Lalindu Konawe Utara
Nah, wisata yang satu ini memang tergolong lebih  ekstrim. Kamu harus menyusuri sungai lalindu dan melawan arusnya selama dua jam.

Gua ini sebenarnya sebuah karst (batu kapur) yang menutup jalur sungai. Terbentuk secara alami karena kikisan air sungai. 

Panjang gua sekitar 300 meter dan memiliki lorong-lorong kecil. Di dalam gua terdapat situs peninggalan yang dibuktikan dari coretan dinding. Tempat ini menjadi lokasi penelitian sejarah dan flora fauna hutan matarombeo

Puncak Gunung Pariama

Puncak Gunung Pariama Konawe Utara
Puncak Gunung Pariama atau biasa disebut puncak oheo, merupakan puncak tertinggi di Kabupaten Konawe Utara. Berada di Desa Sabandete, Kecamatan Oheo.

Puncak gunung ini berupa bongkahan batu besar yang seakan berdiri tegak tepat di puncak. Puncak Oheo mempunyai cerita rakyat yang sangat dipercaya masyarakat setempat. 

Sehingga Puncak oheo dijadikan simbol kabupaten Konawe Utara, yang memiliki arti sebagai  kebesaran, kekokohan, kestabilan, keagungan dan keluhuran serta kemakmuran bagi kelangsungan hidup masyarakat.

Untuk sampai ke puncak kamu harus melalui rute sejauh 7,5 Km dari Desa terakhir (37 mdpl) menyusuri sungai dan punggunggan gunung hingga tiba di Puncak Pariama (1110 mdpl). Estimasi waktu pendakian selama tiga hari.

Itulah 14 Tempat Wisata di Kabupaten Utara yang bisa kamu jadikan referensi liburanmu. Bagikan artikel ini ke teman-teman terdekat dan ajak mereka untuk menjelajahi setiap destinasi Konawe Utara. Untuk informasi seputar tempat wisata menarik lainnya cek blog Jelajah Sultra