Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Air Tejun Tetewa Kolaka Timur

Air terjun tetewa yang terletak di kecamatan Uesi kabupaten kolaka timur ini akan memanjakan mata, saat pertama kali kamu kesini. Air terjun yang jatuh dari tebing tebing pendek dipinggir sungai membuat sungai konawe eha semakin elok dipandang. 

Dari namanya tetewa diartikan sebagai air yang keluar dari batu, selain diberikan kepada nama air terjun, tetewa juga merupakan nama sebuah gunung  ( 617 mdpl ) yang posisinya berhadapan langsung dengan air terjun.

Air yang jatuh ke sungai konaweeha ini berasal dari sungai Desa Likuwalanapo yang juga mempunyai potensi pariwisata. 

Walaupun air terjun ini tidak tinggi seperti air terjun lainnya di Sultra, namun air terjun tetewa mempunyai karakter tersendiri yang jarang ditemukan. Limpahan air yang keluar dari batu berbaris dan jatuh tepat dialiran sungai. Debit airnya tidak berkurang walaupun dimusim kemarau. 

Selain landscape panorama air terjun, sungai konawe eha ini juga mempunyai potensi lainnya, seperti bermain wisata arung jeram (rafting), tubing, kayaking, atau hanya sekedar berenang. Perjalanan menuju air terjunpun juga sangat menantang, sehingga cocok untuk kalian yang senang dengan offroad atau trail.

Untuk akses air terjun tetewa, memang membutuhkan perjuangan, dari waktu perjalanan mencapai 6 jam dari kendari, kondisi jalan yang rusak, jalan berdebu, namun semua itu akan terbayarkan saat kamu berada di tetewa.