Friday, April 10, 2020

10 Barang Yang Wajib Dibawa Saat Traveling

Saat kamu ingin travelling, tentunya banyak peralatan yang akan kamu siapkan. Jika destinasi tujuanmu untuk mengeksplore tempat baru, maka persiapanpun juga harus lebih matang. Apalagi kalau kamu baru akan mencoba untuk terjun ke dunia travelling, pembekalan peralatan dan cara pecking yang benar juga perlu diketahui. Untuk komposisi peralatan yang harus kamu miliki akan menyesuaikan dengan karakter / fashion travellingmu.

Contoh, kalau kamu seorang yang suka travelling ke pantai, kamu harus menyiapkan peralatan pantai yang maksimal, dari sandal sampai topi pantai. Tapi pada dasarnya, ada beberapa alat travelling yang wajib kita bawa agar liburan berjalan aman dan nyaman. Kadang sesempurna apapun perlengkapan yang sudah kita siapkan, pasti selalu saja ada yang terlupakan, nah untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya siapkan list peralatan yang sudah kamu miliki atau daftar perlengkapan travelling yang lengkap dan tempel di dinding kamar kamu, saat akan melakukan liburan, kamu tinggal cek list apa apa saja kebutuhanmu. Apa saja peralatan travelling yang harus kamu miliki, berikut daftarnya.

1. Carrier
Memilih tas tentunya disesuaikan dengan destinasi yang akan kamu kunjungi. Jika kamu bepergian ke beberapa tempat dan membutuhkan barang bawaan yang ringkas, maka tas ransel atau carrier adalah pilihan yang tepat, apalagi jika kamu seorang backpacker. Sebaiknya pilih tas dengan bahan yang kuat dan memiliki banyak kantong, idelanya pilih carrier dengan ukuran 50-60 liter. Jangan lupa juga untuk membawa tas tambahan yang lebih kecil untuk menyimpan barang-barang penting seperti uang, ponsel, dan kebutuhan lainnya agar tidak merepotkan selalu membuka carrier.

2. Kamera
Kamera adalah barang yang wajib kamu miliki, sejauh dan sebanyak apapun destinasi yang akan kamu kunjungi tentunya tidak bisa kamu buktikan tanpa kamera. Kamera ini akan mengabadikan semua momen-momen penting diperjalananmu dan menyimpannya sebagai kenangan. Jika kamu sering travelling ke laut, maka lebih baik membawa kamera tahan air sehingga lebih aman. Tapi kalau kamu hanya liburan biasa saja, maka kamera mirrorless yang kecil dan ringan bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Sepatu Dan Sandal
Agar perjalanan lebih aman dan nyaman, pilihlah sepatu yang memiliki sol tebal dan berbahan kuat, umumnya sol sepatu dengan bahan vibram sangat kuat dan tahan lama, apalagi jika kamu akan banyak berjalan. Selain sepatu, bawalah sandal untuk memudahkan kamu saat bepergian ke jarak dekat. Seperti dari hotel ke warung warung dekat hotel. Tentunya sangat merepotkan kalau harus selalu menggunakan sepatu. Selain itu, untuk menjaga kakimu dari kelembapan.

4. Universal Adapter
Dengan memiliki universal adapter kamu tidak perlu kawatir akan kehabisan baterai barang elektronikmu. Saat ponselmu drop, kamu bisa dengan mudah mengisi kembali daya ponselmu di colokan listirk. Universal adapter dengan mudah digunakan dicolokan listrik tipe apa saja. Karena tidak semua colokan listrik di destinas kamu kunjungi akan sama dengan semua tipe charger barang elektronik yang kamu bawa.

5. Kotak Obat Darurat
Kalau kamu mempunyai penyakit tertentu, maka siapkanlah obat yang sering kamu konsumsi. Obat darurat wajib kamu bawa untuk mengantisipasi kecelakaan kecil yang mungkin terjadi. Apalagi bila kamu travelling ke alam bebas. Selain itu, belum tentu kamu akan menemukan toko obat dengan mudah di tempat tujuan. Bawalah peralatan P3K, vitamin, serta obat pereda demam, mual, dan flu.

Baca Juga :

6. Botol minum
Agar hemat dan bisa menjaga lingkungan, membawa botol air minum sendiri bisa menjadi salah satu alternatif para traveler untuk menjelajah alam. Banyak jenis yang kamu bisa pilih, dari tumbler besar, tumbler kecil atau botol lipat.

7. Powerbank
Tidak ada salahya jika kamu miliki powerbank yang berukuran kecil, Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi kalau kamu tidak menemukan sumber energy saat travelling, maka powerbank mini bisa jadi penyelamat, untuk mengisa daya kamera atau polsel.

8. Handuk
Handuk biasanya makan tempat dan berat kalo basah. Umumnya orang malas membawa handuk sendiri dan mengandalkan handuk di tempat penginapan. Tapi, tanpa handuk sendiri, kamu bakal kerepotan saat terpaksa mandi di toilet umum, misalnya di bandara. Sebaiknya pilih handuk yang berbahan dasar microfiber, selain cepat menyerap air, microfiber juga tidak memakan banyak tempat.

9. Sarung
Kain ini sangat multifungsi yang bisa kamu manfaatkan kapanpun dan dimanapun. Sarung bisa kamu pakai jadi selimut, alas duduk, alas tidur, kain pantai, bahkan handuk saat darurat. Bahannya yang ringan dan kecil membuat sarung mudah kering setelah dicuci, jadi bisa segera kamu gunakan lagi. Pilihlah sarung yang sejuk dan nyaman kamu gunakan.

10. Survival Kit
Walaupun survival kita sering digunakan para penggiat alam, namun tidak ada salahnya kamu miliki satu set alat ini. Karena fungsinya yang sangat bermanfaat, bisa kamu gunakan disaat keadaan darurat. Dalam Satu set perlengkapan petualang ini memiliki semua yang kamu butuhkan untuk bertahan hidup dialam liar, seperti kompas, multifunction tool, swiss knife, magnisium penyala api, gergaji wire, karabiner dan peluit. Kamu bisa memodifikasinya dengan menambahkan barang penting lainnya seperti, silet, jarum, benang, korek kayu.

Itulah beberapa alat yang wajib kalian miliki saat travelling, semoga bisa menambah referensi dan bermanfaat.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post