Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21 Tempat Wisata Pantai di Sulawesi Tenggara yang Wajib Kamu Kunjungi

Wisata Pantai di Sulawesi Tenggara
 Wisata Pantai di Sulawesi Tenggara

Keindahan Wisata Bahari Sulawesi Tenggara

Pulau Sulawesi memang terkenal dengan pantainya yang putih, membuat siapa saja yang melihatnya akan terpukau. Salah satu daerah yang terkenal akan keindahan pantainya yakni Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sulawesi Tenggara terdiri dari 17 Kabupaten Kota yang tersebar di daratan dan kepulauan dari pulau Sulawesi. Hampir setiap Kabupaten Kota mempunyai unggulan wisatanya masing-masing. 

Sebelummya saya sudah pernah posting artikel daftar nama-nama Pantai Se-Sultra dan kali ini saya akan memberikan wisata pantai mana saja yang paling rekomended untuk dikunjungi. Mau tau apa saja pantai yang dimaksud?

Berikut ini wisata pantai yang harus kamu kunjungi saat pelesiran ke Sulawesi Tenggara.

Wisata Pantai di Sultra yang wajib Kamu kunjungi

1. Pantai Pulau Bokori

Pantai Pulau Bokori Sulawesi Tenggara
Salah satu pantai yang paling digemari para wisatawan adalah Pantai Pulau Bokori. Berada di Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe. Pantai ini sangat mudah ditempuh dengan segala moda transportasi.

Pantai Pasir putih pulau ini akan memanjakan kamu dengan aktivitas menarik lainnya, seperti snorkeling, bermain banana boat, memancing atau sekedar menikmati keindahan pantainya.

Tidak rugi jika kamu ingin berlama-lama menghabiskan waktu di pantai ini, banyak wisatawan yang sengaja menunggu moment matahari tenggelam.

2. Pantai Toronipa

Pantai toronipa konawe Sulawesi Tenggara
Konawe juga mempunyai pantai yang sangat panjang yakni Pantai Toronipa. Hamparan pasir putih sejauh 1,9 Km masih sangat alami dan akan memanjakan setiap wisatawan. Berada di Desa Toronipa, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe.

Kamu dengan leluasa dapat memilih lokasi gazebo yang sudah disediakan oleh pengelola pantai untuk duduk santai bersama keluarga.

Di Pantai ini sudah disiapkan berbagai fasiitas penunjang seperti gazebo, vila, air tawar, kamar mandi dan berbagai jajanan lokal yang mudah ditemukan sepanjang garis pantai. 

Karakter pantai ini memiliki dasar pantai yang rata dan jauh dari tubing laut, sehingga aman untuk bermain anak-anak. Jika kamu ingin menikmati sensasi petualangan, di belakang pantai ini juga terdapat spot Telaga Biru Toronipa yang bisa kamu kunjungi.

3. Pantai Malaha

Pantai malaha Kolaka Sulawesi tenggara
Kalau kamu suka menyendiri, mungkin pulau ini sangat cocok untuk kamu kunjungi. Berada di desa malaha, Kabupaten Kolaka. Pantai malaha menawarkan suasana sepi dan rindang. 

Pulau kecil ini ditumbuhi pohon pinus membuat udara di pantai malaha menjadi sejuk. Pantai malaha memiliki beberapa spot berfoto yang instagramable, pengelola wisata menyediakan berbagai fasilitas untuk wisatawan yang gemar selfie. 

4. Pantai Pulau Senja

Pantai senja konawe selatan Sulawesi Tenggara
Pantai pulau senja merupakan salah satu destinasi unggulan para wisatawan lokal. Berada di Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan. Pantai ini menjadi alternatif liburan warga sekitar karena letaknya yang dekat.

Untuk mencapianya, kamu bisa menyewa kapal nelayan yang berada di dermaga Desa atowotu. Harganyapun relatif murah, mulai dari 100-300 ribu. 

Disini kamu bisa menikmati keindahan pasir putih yang halus, dikelilingi pepohonan hijau, membuat pantai ini menjadi rindang. Jika ke pulau ini kamu juga bisa mengunjungi Pulau Lara dan teluk kartika.

5. Pantai Pulau Hari

Pantai pulau hari Konawe Selatan Sulawesi tenggara
Bagi kamu yang suka dengan alam bawah laut, Pulau ini sangat cocok untukmu. Berada di Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan. 

Aktifitas seru yang bisa kamu lakukan seperti snorkeling, diving, free dive, dan menikmati pasir putih disepanjang pulau.

Kekurangan pulau ini, tidak adanya sumber air tawar yang bisa kamu gunakan setelah bermain air. Jadi sebaiknya kamu menyediakan air tawar sesuai kebutuhanmu. 

Pulau yang berdiamater 900 meter ini memiliki panjang pantai kurang lebih 200 meter yang berada di utara pulau atau pintu masuk pulau. 

6. Pantai Pasir Panjang

Pasir panjang pulau labengki Konawe Utara sulawesi tenggara
Pantai penuh pesona ini berada di Desa Labengki, Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara. Pantai pasir panjang ini menjadi salah satu spot terbaik yang ada di Pulau labengki.

Bagaimana tidak, pantai yang memiliki panjang 700 meter ini memiliki panorama yang luar biasa. jejeran pohon kelapa, pasir putih, dan riuh ombaknya membuat kamu enggan pergi dari tempat ini.

Uniknya pantai yang tidak berpenghuni ini memiiki sebuah sumur air tawar. Sumur ini menjadi sumber air tawar masyarakat desa labengki. Setelah kamu puas menikmati pantai ini, kamu bisa langsung membilas dengar air sumur tersebut.

7. Pantai Taipa

Pantai taipa konawe utara Sulawesi tenggara
Agar liburanmu semakin lengkap, kamu bisa coba berkunjung ke Pantai Taipa. Berada di Desa Taipa Kecamatan Lembo, Kabupaten Konawe Utara. 

Dengan menempuh perjalanan selama 1 jam 30 menit dari Kota Kendari, kamu akan tiba di sebuah pantai yang pasirnya berwarna hitam.  

Pantai unik ini menawarkan sensasi bermain air dihamparan pasir hitam dan ombaknya yang menantang. Panjang pantainya sejauh 2 Km, sangat luas untuk menampung ribuan pengunjung. 

8. Pantai Kampa

Pantai kampa konawe kepulauan Sulawesi Tenggara
Pantai Kampa merupakan spot wisata wawonii yang selanjutnya wajib kamu kunjungi. Berada di Desa Wawobili, Kecamatan Wawonii Barat, Kabupaten Konawe Kepulauan. 

Pantai ini sangat mudah dijangkau, dari pelabuhan Wawonii, kamu hanya berjalan sajauh 16 Km atau 20 menit menggunakan motor atau mobil.

Pantai yang masih alami ini memiliki air laut yang sangat bening. Jika kamu snorkeling, kamu masih dapat melihat dasar laut sampai kedalaman 50 meter. 

Selama di Pantai, kamu tidak akan kepanasan, karena sepanjang pantai, banyak pohon-pohon rindang yang bisa kamu gunakan untuk berteduh.

9. Pantai Tengkera

Pantai tengkera wawonii Sulawesi Tenggara
Selain Pantai Kampa, pulau wawonii masih memiliki satu wisata pantai yang sangat wajib kamu kunjungi, yakni Pantai Tengkera

Lokasinya berada di Desa Nambo Jaya, Kecamatan Wawonii Tenggara, Kabupaten Konawe Kepulauan. 

Pantai ini tidak seperti pada pada umumnya, sebelum mencapai titik pantai, kamu harus melewati hutan sejauh 2 Km menuruni bebatuan dan tebing yang cukup terjal. Namun jangan kuatir, jalurnya masih cukup aman untuk dilalui. 

Pantai ini menawarkan panorama alam yang sangat eksotik. Laut, pantai dan tebing tinggi menjadi landscape andalan para pengunjung. 

10. Pantai Pasir Putih

Pantai pasir putih kolaka utara Sulawesi tenggara
Pantai pasir putih tolala merupakan salah satu wisata unggulan Kolaka Utara. Berada di Desa Pitulua Kabupaten Kolaka Utara. Di sana kamu bisa menikmati fasilitas seperti dermaga cinta, ayunan, perahu, ban pelampung, kolam renang, dan rumah pohon. 

Wisata pantai pasir putih sangat ramah dengan wisata keluarga. Tempatnya yang dekat, adanya wahana dan pasir putih pantainya yang sangat menawan.

11. Pantai Tobaku

Pantai tobaku Kolaka Utara Sulawesi tenggara
Belum lengkap rasanya saat berkunjung ke Kolaka Utara dan belum mampir di Pantai Tobaku. Berada di Desa Tobaku, Kecamatan Katoi, Kabupaten  Kolaka Utara. 

Launya yang tenang sangat cocok untuk liburan keluarga. Pantai ini juga ramai pengunjung saat hari libur dan akhir pekan, menjadi wisata alternatif bagi masyarakat sekitar. 

12. Pantai Koguna

Pantai Koguna Buton Selatan Sulawesi tenggara
Pantai koguna yang tersembunyi di pulau buton memiliki daya tarik tersendiri. Berada di Desa Mopaan, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

Udara sejuk pantai koguna akan terasa saat kamu menginjakkan kaki. Sepanjang garis pantai kamu akan melihat barisan pohon-pohon besar tumbuh di kawasan ini. Membuat suasana pantai selalu teduh dari sengat matahari. 

Selain pantai, kamu juga dapat menikmati keindahan danau udang merah dan wisata batu belah yang lokasinya tidak jauh dari pantai ini.

13. Pantai Lakeba

Pantai lakeba Baubau Sulawesi tenggara
Pantai Lakeba berada di Desa Sulaa, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau yang bisa ditempuh selama 10 menit. Wisatawan sangat senang menikmati pemandangan pantai dari dermaga yang disediakan pengelola pantai. 

Pantai ini sangat cocok untuk liburan keluarga, karena fasilitas yang disediakan sangat lengkap. Jadi kamu tak perlu kuatir selama berada di pantai ini.

14. Pantai Nirwana

Pantai nirwana baubau Sulawesi Tenggara
Pantai ini terletak di Kelurahan Sula, Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Tepatnya sekitar 9 km dari Kota Baubau 20 menit waktu tempuh perjalanan menggunakan mobil. Pantai tersebut menawarkan pemandangan yang menarik.

Pantai Nirwana menawarkan pantai pasir putih yang sangat kontras dengan air laut yang biru dan jernih, cocok untuk menyelam dan snorkeling.

Fasilitasnyapun sudah cukup komplit, dari warung makan, penginapan, sewa alat selam, ban pelampung, dan gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat.

15. Pantai Kadatua

Pantai Kadatua Kabupaten buton Sulawesi tenggara
Pantai Kadatua, salah satu pantai pasir timbul yang berada di Desa Banabungi, Kecamatan Kadatua, Kabupaten Buton Selatan.

Pantai ini tergolong unik, saat air surut, kamu akan melihat hamparan pasir putihnya timbul dipermukaan laut. 

Untuk angle foto terbaik, sebaiknya kamu menggunakan drone, agar sekeliling pasirnya dapat terlihat. Akses terdekat dari kota Baubau kamu bisa menyeberang dari dermaga Topa Betoambari.

16. Pantai Pulau Ular

Pulau ular buton baubau Sulawesi Tenggara
Pulau Liwutongkidi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pulau Ular. Berada diantara Pulau Siompu dan Pulau Kadatua Buton Selatan.

Pulau Ular ini mempunyai hamparan padang rumput dan bukit setinggi 50 meter. Pulau berdiameter 3 Km ini, mempunyai pantai ditepi pulau sepanjang 1,3 Km.

Selain pemandangan hamparan rumput, kamu bisa menikmati pasir putih dan alam bawah laut pulau ini. Akses terdekat kamu bisa menyewa kapal dari dermaga topa.

17. Pantai Membuku

Pantai membuku buton utara Sulawesi tenggara
Pastinya sudah tak asing lagi dengan nama pantai ini? Ya, namanya Pantai Membuku, destinasi wisata favorit masyarakat lokal. Berada di Desa Kadacua, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara.

Tempat ini selalu ramai dipadati wisatawan lokal, pasalnya lokasinya yang dekat dari ibu kota Kabupaten dan tempatnya sangat nyaman.

Kamu juga bisa menghabiskan waktu saat sore hari sambil menikmati suara ombak dan gemuruh angin laut.

18. Pantai Katembe

Pantai katembe Buton Tengah Sulawesi Tenggara
Pantai Katembe menjadi wisata populer masyarakat Buteng, berada di Desa Madongka, Kecamatan Lakudo, Kabupaten Buton Tengah.

Saat akhir pekan, kamu akan melihat pantai ini ramai dikunjungi masyarakat setempat. Tempatnya yang luas dan keindahan pasir putihnya akan membuatmu takjub.

Pantai ini juga terkenal dengan pemandangan sunsetnya. Tak heran saat menjelang sore, pantai ini semakin ramai.

19. Pantai Wantopi

Pantai Wantopi Buton Tengah
Satu lagi wisata pantai di Sulawesi tenggara yang menawarkan pantai pasir putih. Berada di Desa Wantopi Kecamatan Mawasangka Timur, Kabupaten Buton Tengah.

Pantai ini memiliki pasir yang sangat bersih, putih dan halus. Lembutnya pasir pantai ini bisa kamu rasakan saat bermain air.

Letaknya berada di dalam teluk losari, sehingga sangat aman dari gelombang tinggi dan ombak, sangat cocok untuk liburan keluarga saat hari libur.

20. Pantai Meleura

pantai meleura muna sulawesi tenggara
Pulau muna terkenal dengan kejernihan lautnya, salah satu wisata pantai yang dimilikinya yakni Pantai Meleura. Berada di Desa Lakarinta, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna.

Pantai meleura dikenal juga sebagai miniatur pulau labengki. Gugusan batu kapur yang berada disekitar pantai menambah pesona alamnya.

Bukan hanya keindahan pantainya, kamu juga bisa menikmati sensasi berenang di danau ubur ubur yang letaknya tidak jauh dari pantai meleura. 

21. Pantai Cemara


Wisata pantai yang satu ini adalah surga para penyelam. Berada di Desa Waha, Kecamatan Wangi-wangi kabupaten Wakatobi.

Nama wakatobi sudah lebih dikenal dari wisata pantai lainnya disultra. Bukan hanya pantai cemara, Kabupaten Wakatobi juga memiliki lebih dari 20 pantai lainnya yang tersebar di empat pulau. 

Pantai Cemara menjadi pantai favorit bagi wisatawan, karena keindahan dan mudahnya akses dari pelabuhan maupun dari Bandara Matahora.

Itulah 21 wisata pantai cantik yang terpopuler di Sulawesi Tenggara. Pantai manakah yang menjadi favoritmu? Bagikan tulisan ini ke teman-teman terdekat dan ajak mereka untuk menjelajahi setiap pantainya. Untuk informasi seputar tempat wisata menarik lainnya cek blog Jelajah Sultra.