Saturday, December 7, 2013

Telaga Biru Toronipa konawe


Jelajahsultra.com – Wisata alam Kabupaten konawe mampu memikat para penggiat alam untuk datang menjelajahi keindahan alamnya. Banyaknya destinasi wisata di Kabupaten Konawe, manambah daftar destinasi pariwisata di Sulawesi Tenggara. Tidak jauh dari permandian toronipa yang sudah lebih populer, di kecamatan soropia terdapat destinasi yaitu Telaga Biru, lataknya berada didesa telaga biru Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe, koordinat 3°53'53.64"S / 122°39'34.61"E.

Dari jalan poros Kamu harus berjalan kaki sejauh 1,8 KM melewati jalan setapak. Walaupun jalan ini bisa dilewati kendaraan bermotor, untuk keamanan sebaiknya kendaraan dititipkan di rumah warga. Sebelum sampai ke titik telaga, Kamu akan menjumpai rumah kebun dari Bapak Bakri yang telah tinggal dikebun ini sejak tahun 1985. Bersama istrinya, mereka menghabiska waktu untuk bercocok tanam dikebun.


Bapak bakri sangat mengenal kondisi dan karakter hutan disekitar kebunnya, termasuk telaga biru ini. Dari informasi yang kami dapatkan, kawasan hutan ini mempunyai banyak potensi wisata, diantaranya gua berair dan gua kering, jenis wisata yang sangat digemari para wisatawan mancanegara. Bapak yang telah mendiami kebun selama 28 tahun ini juga menjelaskan, kalau di hutan ini mempunyai 12 telaga telaga kecil dan 3 diantaranya baru terbentuk. Dari rumah kebun Bapak Bakri menuju telaga sekitar 400 meter.

Telaga Biru ini sangat dikeramatkan oleh warga setempat, dari larangan memancing dan larangan mandi di air telaga. Tak heran kalau ikan yang ada di telaga sangat banyak dan besar. Selain itu permukaan telaga sangat gelap, walaupun pada siang hari, karena pohon pohon besar disekeliling telaga menutupi cahaya matahari.


Dari atas Kamu bisa mengamati isi telaga yang didalamnya terdapat akar pohon, lumut, dan pasir. Kedalaman telaga ini sekitar 3-5 meter dan airnya sangat jernih. Airnya terasa payau, ditinggali beberapa jenis kerang dan ikan air asin. kawasan telaga ini tergolong masih alami dan masih jarang dikunjungi. Walaupun telaga ini tak sepopuler dengan wisata lainnya, tetapi tempat ini sangat ideal untuk liburan akhir pekan.

Untuk sampai ke telaga ini kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari kota kendari, dilanjutkan melewati jalan pengerasan sejauh 1,8 KM. jika tidak mau repot berjalan kaki, Kamu bisa menggunakan motor sampai ke kebun Bapak Bakri. Atau mencoba lewat pantai toronipa yang jaraknya cuma 200 meter dari garis pantai.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post