Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pulau Labengki Sombori: Lokasi, Biaya dan Penginapan

Raja ampat Pulau Labengki

Pulau Labengki adalah salah satu destinasi populer di Sulawesi Tenggara saat ini. Keindahannya telah berhasil memikat para hati traveler untuk mengunjunginya. Bagi kalian yang lagi mencari informasi seputar lokasi pulau labengki? apa saja yang ada di labengki? berapa lama perjalanan? berapa harga trip? dan sebagainya baca terus sampai akhir.

Apa saja yang ada di labengki?

Labengki mempunyai karakter unik dari destinasi lainnya, sebagai traveler tentunya kamu akan selalu mencari tempat baru yang belum banyak dikunjungi orang. Seperti yang saya sudah ulas sebelumnya pada artikel 12 Spot Eksotik Pulau Labengki Yang Sayang Untuk Dilewati kamu akan melihat destinasi apa saja yang menjadi daya tarik pulau ini. 

Selain destinasi, di labengki juga kamu bisa melihat langsung ikan lumba-lumba dan hiu paus pada bulan oktober sampai november. Atau kamu bisa melihat secara langsung kehidupan orang-orang bajo di desa labengki.

Labengki Sombori dimana?

Karena destinasi Labengki Sombori masih tergolong baru, tidak heran banyak traveller yang bertanya dimana sih pulau Labengki dan Pulau Sombori? sebenarnya Pulau Labengki dan Pulau Sombori destinasi yang berbeda.

Labengki berada di Desa labengki, Kecamatan lasolo kepualauan Kabupaten Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara, sedangkan Paulau Sombori berada di Desa Mbokita, Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah. 5 Perbedaan Pulau Labengki & Pulau Sombori yang harus kamu tau sebelum memutuskan mengunjunginya. 

Berapa jam dari Kendari ke Labengki?

Untuk lama perjalanaan ke pulau labengki dari Kota Kendari, tergantung transportasi yang kamu gunakan. Beragam kapal yang bisa kamu sewa, mulai dari kapal tradisonal sampai speed boad. 

Kapal kayu atau kapal tradisional sangat beragam, mulai dari kapasitas 10 orang sampai 20 orang, rata-rata lama perjalanan selama 3 - 5 jam, semakin besar kapal yang digunakan, maka perjalanan juga semakin lama, harga kapal kayu ke pulau labengki sekali carter sebesar 4 - 6 juta.

Bagi kamu yang ingin lebih cepat, pilihan speedboad sangat tepat. lama perjalanan hanya 1 jam dengan menggunakan speedboad kapasitas 400 pk. Sama halnya dengan kapal tradisional, speedboad juga mempunyai banyak pilihan, mulai dari 40 pk sampai 600 pk dengan harga 7 juta sampai 15 juta.

Biaya ke Pulau Labengki?

Akses ke pulau labengki bisa dikatakan masih sangat susah dijangkau. Alasan yang paling tepat karena belum adanya transportasi reguler seperti destinasi lainnya. Biaya ke pulau labengki tidak bisa dipastikan jumlahnya, karena setiap orang memiliki cara tersendiri untuk ke pulau ini. 

Namun kamu sudah bisa menghitung sendiri berapa biaya ke pulau labengki dengan melihat harga kapalnya. 

Sebagai contoh, kalau Kamu berjumlah 10 orang mau ke pulau labengki dengan menggunakan kapal kayu kamu bisa share cost dengan teman temanmu. Harga kapal sekali trip ke pulau labengki sebesar 4 juta, jadi 4 juta di bagi 10 orang jadinya 400 ribu per orang. Itulah biaya yang harus kamu keluarkan saat ke pulau labengki. 

Harga tersebut hanya mengantarkan kamu dari kendari ke pulau labengki, sedangkan untuk berwisata ke spot-spotnya, kamu harus menyewa pemandu lokal, agar kamu bisa mengunjungi destinasi pilihan pulau labengki.

Penginapan di Pulau Labengki

Jenis penginapan di pulau labengki sebelumnya saya sudah pernah ulas di postingan sebelumnya. Di Pulau Labengki terdapat 3 jenis penginapan, mulai dari yang murah sampai penginapan mahal. Ketiga penginapan tersebut bisa kamu lihat di galeri ini.

Ada 3 penginapan di pulau labengki yang bisa kamu gunakan, dari homestay, cottage dan resort. masing masing mempunyai harga yang berbeda. 

Harganyapun mulai 500 ribu sampai 4 jutaan per malam per orang. Bagi kalian yang suka backpackeran tentu ini akan menjadi kendala. Tak heran banyak yang memilih jasa open trip untuk ke pulau labengki. 

Bagaimana ke Pulau Labengki dengan harga murah?

Untuk ke pulau labengki sebaiknya kamu mengambil waktu selama 3 hari 2 malam. Kenapa? karena dengan trip 3 hari 2 malam, kamu sudah menjelajahi spot terbaik pulau labengki dan pulau sombori, selain itu perjalananmu akan sedikit santai. 

Saran untuk kalian yang ke pulau labengki sebaiknya kalian mengikuti open trip, selain harganya lebih murah dibanding jika kamu jalan sendiri, kamu juga sudah mendapatkan fasilitas lainnya, jadi tinggal bayar dan menikmatinya, semua sudah diatur biro perjalanan yang kalian gunakan. 

Banyak pilihan jasa ke pulau labengki, sebaiknya kalian memilih perusahaan biro perjlanan yang resmi atau telah berbadan hukum. Hal ini untuk berjaga jaga terjadinya penipuan dari iming iming trip yang sangat murah.

Kesimpulan

Ke pulau labengki maupun ke pulau sombori dengan harga murah, kamu harus ikut open trip yang dijadwalkan setiap bulannya. Kamu bisa cek jadwal open trip di instagram, banyak operator yang menawarkan jasa trip ke pulau ini. 

Itulah informasi lokasi, biaya dan penginapan yang bisa kami berikan, semoga ulasan diatas bisa menjawab semua pertanyaanmu.