Friday, January 31, 2020

Kelebihan Mengikuti Open Trip


Kalian pasti menyadari bahwa beberapa tahun terakhir, penggiat travelling sedang berjamuran. Seiring jumlah wisatawan manca negara yang semakin meningkat. Peluang ini dimanfaatkan oleh para biro perjalanan lokal untuk mengelola perjalanan trip di daerahnya masing masing. Open trip salah satu solusi yang ditawarkan kepada traveler dengan berbagai macam fasilitas yang bisa menjadi daya tarik calon konsumen.

Dengan mengikuti open trip, memungkinkan Anda mengunjungi berbagai tempat bersama kenalan baru dan harga yang jauh lebih terjangkau. Umumnya para agent tour lokal punya minimal kuota untuk sekali open trip, ada juga yang menawarkan trip tetap jalan dengan syarat tertentu. Untuk mengetahui lebih detail terkait Open Trip, baca terus artikel ini sampai selesai. 

Kelebihan Mengikuti Open Trip
1. Biaya Murah
Biaya adalah faktor paling besar mengapa orang-orang memilih jasa open trip sebagai alternatif liburan. Sebenarnya mahal dan murahnya sebuah open trip itu relatif, masing masing orang mempunyai kelas ekonomi yang berbeda beda. Namun harga yang ditawarkan dari jasa open trip sudah pasti dan jarang sekali ada perubahan yang terjadi secara mendadak. Jadi, Anda dengan mudah mengatur jadwal dan mulai menyisipkan uang open trip tersebut. 

2. Itinerary Jelas
Kelebihan lainnya adalah kita tak perlu pusing merencanakan atau mangatur itinerary, tinggal bayar lalu ikuti alur open trip sampai selesai, inilah poin yang sering dilirik dari jasa open trip. kamu hanya perlu datang ke destinasi, berjanjian dengan penyedia jasa, bayar, kemudian tinggal santai mengikuti alurnya. Jadi tak perlu repot lagi untuk memikirkan mobil penjemput, makanan, jalur, nginapnya dimana, pokoknya semua sudah beres. 

3. Dapat Teman Baru
Jasa Open trip memastikan kita untuk bertemu dengan orang orang baru. Apalagi bagi mereka yang solo traveling, open trip biasanya mematok jumlah minimum peserta trip sampai trip terlaksana, secara otomatis saat trip dimulai kita akan bertemu dengan teman baru yang akan menemani perjalanan sampai trip selesai. Ditrip itu kita bisa saling bertukar pikiran, bertukar pendapat dll yang tentunya bisa menambah pengalaman baru.
Kekurangan
1. Waktu Terbatas
Dalam open trip, peserta akan diberi waktu untuk menikmati saat berada dispot spot. Dengan jadwal yang sudah ditetapkan, kita tak bisa seenaknya menunda atau memperlama waktu kunjung kita pada satu spot atau destinasi. Sebagai contoh, ketika kamu ingin menikmati lebih lama di puncak kayangan pulau sombori, tapi penyedia jasa atau tour guide menginformasikan bahwa waktu kunjungan dipuncak sisa 10 menit Kamu tak bisa melakukan apa-apa jika sudah begitu, kecuali guide nya memberi toleransi waktu.

2. Beradaptasi dengan teman baru
Sadar atau tidak, teman baru tak selalu menyenangkan. Ada juga yang menjengkelkan dan malah akan membuat tripmu menjadi kacau. Contohnya salah satu teman trip meminta tolong untuk difoto, tidak terasa waktu dispot itu akan selesai dan dilanjutkan ke spot lain, Setelah "misinya" selesai, teman baru tersebut seakan mempercepat jadwal agar segera berpindah ke destinasi selanjutnya. karena kejadian ini, akhirnya kamu harus merelakan waktu berharga itu karena orang tersebut, padahal waktu yang diberikan penyedia jasa sangat terbatas. 

3. Lebih selektif memilih biro perjalanan
Dari 2 poin di atas, saya rasa poin ketiga lah yang paling menyebalkan. Jika tak berhati-hati, banyak oknum yang menjadikan open trip menjadi ajang untuk meraup keuntungan yang dapat merugikan orang lain. Niat hati ingin berlibur, uang malah hilang dan berujung liburanmu yang menjadi kacau. Sebelum memilih dan mempercayai sebuah penyedia jasa, pastikan lagi kamu sudah mengecek testimoni dan rekam jejaknya. Mungkin kamu bisa meminta rekomendasi dari teman-teman yang pernah menggunakan jasa open trip, Kita harus lebih cerdas dan selektif dalam memilih penyedia jasa open trip. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah, pastikan kembali penyedia jasa yang kamu pilih memang terpercaya dan mempunyai badan hukum yang bisa dipertanggung jawabkan. Tidak ada salahnya sebelum melakukan transaksi, kamu meminta foto dokument dari biro perjalanan tersebut. hal ini wajar wajar saja untuk menjaga penipuan. tidak sedikit kasus seperti ini terjadi dibeberapa daerah.

Itulah beberapa poin yang bisa dijadikan referensi sebelum memilih menggunakan jasa open trip. Pastikan penyedia jasa open trip yang kamu pilih dapat membaca keinginan seluruh peserta dan pastikan mempunyai legalitas dan kantor perusahaan yang jelas.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
close