Wednesday, April 26, 2017

5 Perbedaan Pulau Labengki & Pulau Sombori



Pulau Labengki dan pulau sombori merupakan destinasi baru di Indonesia yang layak dikunjungi. Secara adminitratif pulau Labengki berada di desa labengki kecil Kecamatan Lasolo kepulauan, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Sedangkan Pulau Sombori masuk wilayah Sulawesi Tengah, tepatnya di desa mbokita kecamatan morowali. Perlu diketahui, Labengki adalah wisata bahari terbaik di Sulawesi tenggara selain pulau wakatobi.

Dari kedua pulau ini, banyak yang tidak bisa memedakan mana pulau labengki dan mana pulau sombori, karena karakter alamnya hampir sama. Masing masing pulau tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan, namun disini kita membahas perbedaan apa saja dari kedua pulau ini. Berikut ulansannya.


1. Letak Geografis
Secara geografis keberadaan pulau ini sangat berdekatan, yang merupakan perbatasan antara sulawesi tenggara dan sulawesi tengah.
Pulau Labengki berada di desa labengki Kec. Lasolo Kab. Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, sedangkan Pulau Sombori berada di desa mbokita kecamatan Menui Kepulauan, Kabupaten Morowali Sulawesi tengah.

2. Kawasan Pulau
Pulau labengki terdiri dari labengki kecil ( pemukiman bajo ), labengki besar, pulau boe,  pulau mapara dan beberapa pulau pulau kecil yang terpisah, sedangkan Pulau sombori memiliki lebih banyak hamparan pulau, yang terdiri dari pulau balobah, pulau tarape, pulau pandat, pulau harapan, pulau kokoh, pulau kayangan, pulau mbokita (pemukiman bajo), pulau sombori dan pulau marege.


3. Laguna
Di pulau labengki, anda akan mendapatkan 5 laguna yang berukuran besar dan kecil. Sedangkan di pulau sombori terdapat 16 titik laguna yang terhampar dihampir setiap pulau pulau.

4. Retribusi Wisata
Sama dengan wisata lainnya di Indonesia, Untuk memasuki lokasi wisata, Anda harus menyiapkan biaya tiket masuk destinasi sesuai peraturan masing masing pengelolah wisata. Untuk pulau Labengki Anda diwajibkan membayar karcis masuk sebesar 5.000 rupiah untuk sekali trip, Anda bisa berkeliling sepuasnya di semua kawasan labengki.

Sedangkan untuk pulau sombori, Anda harus membayar retribusi masuk Rp. 20.000/orang, ditambah biaya wajib guide lokal Rp. 200.000/tim + biaya Rp. 20.000/kapal yang Anda gunakan. Jangan lupa mengambil karcis yang telah dibayar, agar uangnya masuk ke kas desa, buka ke person pengelola wisata.


5. Fasilitas
Failitas dipulau labengki hanya mengandalkan homestay masyarakat. Secara umum fasilitas disini masih sangat minim, seperti wc umum, air bersih dan lainnya. Untuk pulau sombori WC umum yang disediakan dikenakan tariff sebesar 5.000 rupiah.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post