Cara mengantisipasi survival


Perkembangan teknologi saat ini memang tidak bisa dihindari, hampir semua aktifitas dapat kita lakukan melalui handphone, leptop, ataupun gadget lainnya. Prilaku ini membuat seseorang akan jenuh dengan rutinitas yang monoton setiap harinya. Diakhir pekan beberapa orang bisa melakukan piknik ke pantai terdekat, makan bersama teman teman atau kebioskop, tapi ini juga kadang masih membuat orang tetap saja masih jenuh.  Hal inilah yang memicu sifat alamiah manusia untuk kembali ke Alam yang sebenarnya. 

Seseorang akan mulai mencoba untuk mendaki gunung, menelusuri goa, memanjat tebing, melakukan penyelaman dll diluar traveling pada umumnya. Dari empat aktifitas diatas memang terbilang sangat sulit, bahkan harus membutuhkan kemampuan tersendiri untuk bisa melakukannya. Bukan berarti anda tidak bisa melakukan salah satu aktifitas tersebut. Mencari informasi dengan teman yang mempunyai hoby travelling adalah solusi terbaik sebelum memulai petualangan baru dialam bebas.

Bagi para pemula jangan pesimis untuk mencoba hal hal baru yang ingin anda lakukan, beberapa tips sebelum berpergian dihutan belantara ini bisa anda jadikan referensi.

1. Melatih Fisik 
Hal petama yang anda lakukan adalah melatik fisik, kondisi hutan rimba tidak bisa ditebak, bahkan dalam hitungan detik perubahan cuaca bisa saja terjadi, dan harus siap dengan segala macam situasi. Anda wajib melakukan latihan rutin dengan menggunakan tabel periodik yang akan anda rencanakan sesuai kebutuhan, seperti mulai melakukan joging, sprint, berenang, mengangkat beban dengan waktu tertentu. 

2. Kondisi Medan
Melakukan survey dan riset sangat penting terhadap perjalanan anda nantinya. Survey sebaiknya dilakukan satu bulan sebelum pelaksanaan kegiatan. Menggali informasi terkait kondisi alam, cuaca, adat istiadat masyarakat setempat, jalur komunikasi, habitat flora dan fauna yang ada didalam area  tersebut serta informasi dari dinas terkait. Semakin banyak informasi yang didapatkan semakin matang pula persiapan anda. 

Baca Juga :


3. Ilmu Navigasi
Ilmu navigasi sangat penting bagi setiap orang yang akan melakukan kegiatan dialam bebas. Mengenal cara kerja dan fungsi dari peta dan kompas bisa membuat anda terhindar dari fase survival.  Dengan menggunakan pata kompas anda akan melakukan perjalanan yang sangat efektif dan efisien, dari perencanaan perjalanan anda bisa menghitung jarak tempuh sebenarnya yang akan dilewati dan membuat pilihan jalur evakuasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Membawa GPS juga pilihan yang tepat sebagai alat bantu navigasi anda.

4. Logistik 
Pastikan makanan yang akan anda bawah melebihi dari hari yang direncanakan. Jika anda merencanakan perjalanan 4 hari, maka siapkan logistik tim anda selama 6 hari. Persiapan logistik selama 2 hari adalah untuk mengantisipasi jika dalam 4 hari anda belum kembali ketempat tujuan yang disebabkan cuaca yang buruk sehingga memperlambat pergerakan. 

5. Pengetahuan
Dengan seringnya anda melakukan perjalanan dialam bebas, maka keterampilan anda semakin ter asah dan sangat membantu agar terhindar dari masa survival. Mengetahui jenis jenis makanan yang bisa dimakan dan yang beracun, membuat tenda alam, cara mendapatkan air, dan lain sebagainya. Semua ini anda bisa mulai praktekkan dalam kehidupan sehari hari agar memudahkan anda mempraktekkanya dialam sebenarnya.