Tips agar tenda terlindungi dari binatang


Aktivitas alam bebas memang penuh dengan petualangan, mulai dari menyiapkan perlengkapan, kesiapan fisik dan mental, perjalanan melintasi alam belantara, serta keseruan dalam menghabiskan malam. Akan tetapi tidak semua petualangan dialam bebas selalu berjalan mulus, kadang yang tidak dipikirkan sebelumnya, dapat menghabat pergerakan tim dalam beraktivitas. Bayangkan saat dimalam hari dimana tubuh harusnya beristirahat  malah disibukkan dengan mengurus tenda yang dimasuki ular atau binatang melata lainnya, bukankah ini sesuatu yang mengesalkan. Nah untuk mengantisipasi tenda kita terhindar dari binatang buas atau binatang melata lainnya, beberapa tips dibawah ini dapat membantu kamu mengatasi hal tersebut.

1. Tentukan lokasi tenda
Observasi sebelum mendirikan tenda sangat penting, memperhatikan sekeliling lokasi apakah ada sarang semut, sarang ular, sarang tawon atau hewan lainnya. Hal ini agar tidak menggagu hewan hewan tersebut yang dapat menggagu saat tenda sudah didirikan. 

2. Buat pembatas
Buatlah spasi tenda dengan semak yang ada disekeliling tenda dengan jarak sekitar satu meter. Dengan cara membersihkan rumput dan semak disekitar tenda. Hal ini agar sirkulasi udara di tenda tetap terjaga, dan akan menghindarkan yang ada pada semak untuk menyentuh tenda. 

3. Baut saluran
Buatlah saluran berukuran 10 cm dengan kedalaman 5 cm. Hal ini sangat perlu untuk mengarahkan air jika terjadi hujan, yang dapat menjadi pembatas untuk hewan hewan melata seperti pacet dan siput.

4. Gunakan bahan kimia
Saluran yang telah dibuat tadi, ditaburi garam sesuai kebutuhan agar binatang seperti ular bisa menghindari tenda karena aroma garam tersebut. Atau menyirami dengan minyak tanah atau bensin secukupnya, dengan maksud bau dari bahan tersebut dapat mengusir ular dan hewan lainnya.

5. Jangan ada sampah
Sampah makanan yang dibuang sembarang tempat dapat mengundang binatang untuk mendekat, seperti monyet atau ular, walaupun bukan untuk mendapatkan sisa makanan yang dibuang, tetapi untuk memangsa tikus atau burung yang memakan sampah makanan tersebut, jadi simpan baik baik logistik atau sisa sisa makanan, sebaiknya ditanam atau buang ditempat yang jauh dari tenda. 

6. Nyalakan api
Selain sebagai penghangat saat malam hari, api juga dapat memberi signal kepada hewan untuk menghindar dari daerah tersebut dikarenakan panasnya api yang tidak disukai hewan melata. 

Itulah beberapa tips yang dapat kamu coba saat mendirikan tenda dialam bebas, agar tendamu selalu aman dan nyaman untuk ditinggali. Salam lestari.