Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akses Ke Pulau Sombori Sulawesi Tengah



Sebelumnya saya sudah membagikan artikel Spot Terbaik Di Pulau Sombori dan kali ini saya akan membagikan informasi cara ke pulau sombori.

Pulau sombori dikenal sebagai Raja Ampat-nya Sulawesi Tengah, nyatanya Sombori memang punya kemiripan dengan pulau eksotis di Papua tersebut. 

Salah satunya adalah sama-sama dikelilingi oleh beberapa gugusan pulau-pulau kecil. Destinasi ini berada di Desa Mbokitta di Kecamatan Menui Kepulauan, Morowali, sulawesi tengah.

Untuk dapat sampai ke Pulau Sombori ini memang diperlukan perjalanan yang jauh, memang masih sedikit wisatawan yang rela melakukan perjalanan ke pulau ini

Bagi anda yang akan ke pulau sombori dan berasal dari daerah lain, sebaiknya memperhatikan akses terdekat dengan teliti. 

Umumnya bagi para solo traveller, selalu mereview akses untuk destinasi tujuan. selain bantuan google map, anda juga bisa cek penjelasan dibawah ini. 

Walaupun pulau sombori berada di Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah, namun akses terdekat bisa dilakukan melalui kendari sulawesi tenggara. 

Akses terdekat bisa ditempuh melalui kota kendari selama 4 sampai 6 jam. tergantung posisi star atau kecepatan kapal. Dari bandara haluoleo kendari menuju dermaga selama 45 menit dan dilanjutkan ke pulau sombori.

Anda akan melewati pulau labengki dari jalur selatan dari sulawesi tenggara. perjalanannya akan menempuh dua tahap, jalur darat dan laut. untuk lebih cepat, anda melakukan perjalanan darat ke kabupaten konawe utara dan dilanjutkan jalur laut selama 2 jam paling cepat menggunakan speed boat.

Jika dibandingkan dengan dari ibukota kabupaten sulawesi tengah (palu) untuk ke sombori akan menempuh jarak 12 jam perjalanan darat ke morowali dilanjutkan penyebrangan laut selama 3 jam.

Spot andalan :
Mbokita, puncak Kayangan 1 dan 2, Pulau Dua, Goa Berlian, Goa koo, tebing koko, air kiri, rumah nenek, goa tengkorak, dan beberapa spot snorkling.