Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi GPS Offline untuk Pendaki Gunung


jelajahsultra.com - Para penggiat alam profesional sering melakukan penjelajahan di daerah daerah baru yang belum didatangi oleh orang orang awam. Penjelajahan alam bukan hanya sekedar melintasi alam, namun ada hal yang paling penting, yaitu navigasi dan management perjalanan.

Seorang petualang dituntut harus mampu dalam mengoperasikan cara bernavigasi, baik secara manual maupun menggunakan teknologi. Hal ini sangat penting karena sangat menunjang suksesnya suatu perjalanan atau suatu ekspedisi.

Dengan berkembangnya teknologi, saat ini tersedia receiver GPS yang merupakan fasilitas tambahan pada telepon-telepon selular. Dimana pemanfaatan fasilitas ini tidak membutuhkan biaya tambahan dengan fungsi yang sama dengan receiver GPS navigasi lainnya malah untuk beberapa aplikasi melebihi  fasilitas dari receiver GPS navigasi pada umumnya.

Saat ini teknologi bernavigasi sudah sangat membantu kita sebelum merencanakan sebuah perjalanan. Dari medan yang akan dilalui, kita sudah dapat melihat secara jelas penampakan bentang alam tersebut dan untuk memulai bernavigasi. Tentunya menentukan posisi dengan akurat, dapat membantu perjalanan lebih cepat dan tepat.

GPS adalah salah satu teknologi yang sangat membantu dan memudahkan kita bernavigasi. Ada beberapa gps yang sampai saat ini masih digunakan oleh para petualang, seperti GPS Garmin, yang sudah terpercaya dan mempunyai banyak pelanggan.

Karena harganya yang mahal, maka tidak semua kalangan penggiat alam mempunyai gps garmin tersebut. kelebihan dari GPS Garmin adalah akurasinya yang dapat mencapai 2 meter, selain itu fitur fitur yang dapat mempermudah pendataan di lapangan.

Ini bukan penghambat bagi kalian yang senang dengan bernavigasi, dengan handphone yang hampir semua menggunakannya, kita bisa memanfaatkan fitur gps ini pada smartphone. Dalam android ada banyak aplikasi gps ofline yang bisa kalian pilih, namun disini hanya ada 5 daftar gps ofline yang direkomendasikan bagi para petualang. berikut ulasannya.

1. Koordinat GPS Saya
Aplikasi ini didasarkan pada WGS84. akurasinya tergantung cuaca dan tidak efektif digunakan saat di dalam rumah. beberapa fitur pada aplikasi ini :
- Anda dapat mengambil foto dari posisi geografis Anda saat ini 
- Sesuaikan pengaturan overlay foto dengan kebutuhan Anda 
- Ekspor atau impor data Anda dari perangkat lain, bahkan dari sistem lain.
- Ekspor data Anda ke format GPX dan KML populer.
- Kompatibilitas dengan pedoman Desain Bahan terbaru
- Menyalin data ke clipboard
- Bagikan lokasi saat ini dengan teman-teman Anda
- Kirim pesan teks dengan Anda lokasi saat ini dengan hanya satu klik
- Simpan lokasi Anda saat ini dan jelajahi nanti
- Periksa lokasi Anda saat ini di G Maps
- Bagikan lokasi yang disimpan atau lihat di G Maps


2. Positional
Positional adalah aplikasi bebas, sumber terbuka, dan privasi yang menunjukkan kepada Anda info menarik dan bermanfaat tentang lokasi Anda saat ini secepat dan seakurat mungkin.
Pada menu aplikasi, kalian akan melihat seberapa akurat gps, hadap utara dari posisi anda, elevasi, dan kecepatan.
• Koordinat GPS dalam berbagai format. Derajat Desimal, Derajat dan Menit Desimal, Derajat, Menit, Detik, UTM, MGRS.
• Kompas yang dapat menunjukkan kepada Anda magnet dan utara sejati
• Matahari terbit dan terbenam
• Masa senja sipil, laut, dan astronomi
• Unit Metrik dan AS: Beralih unit untuk kecepatan, ketinggian, dan akurasi
• Dukungan waktu 12 jam dan 24 jam
• Kemampuan kunci layar: Mengunci layar saat aplikasi terbuka dengan mengetuk tombol kunci layar di sudut kanan bawah koordinat.

3. GPS Essentials
Aplikasi ini dapat disebut sebagai aplikasi gps offline yang mempunyai cukup banyak fitur fitur yang sangat berguna untuk para petualang. kelebihan lainnya, data yang telah direkam dapat diexport dalam bentuk file KML dan GPX.

Berikut fitur yang terdapat di aplikasi gps essentials :  Dashboard, Camera, Compass, Portable, Maps, Google Maps, Waypoint, Routes, Tracks, Streams, Satellites, Pictures, Messages, Tags, Setting, Donate, Affiliates.

4. GPS Waypoints
Aplikasi Ini mengumpulkan sistem Poin (seperti tempat menarik) dan Jalur (urutan poin) untuk melakukan aktivitas pemetaan dan survei. Poin diperoleh dengan informasi yang akurat, dapat diklasifikasikan oleh pengguna dengan tag khusus pengguna atau ditandai dengan foto.

Paths dibuat sebagai urutan temporal dari Poin yang baru diperoleh (misalnya untuk merekam trek) atau sebagai alternatif dengan Poin yang ada (misalnya untuk membuat rute). Jalur memungkinkan untuk mengukur jarak dan, jika ditutup, membentuk Poligon yang memungkinkan penentuan luas dan keliling. Baik Titik maupun Jalur dapat diekspor ke file KML, GPX, dan CSV, sehingga diproses secara eksternal dengan alat geospasial.

5. Satelit Cek
Selain pelaporan lokasi dan informasi satelit, aplikasi akan menghitung semua jenis angka menarik seperti ketinggian Anda, jarak ke tempat menarik, alamat fisik, fase matahari terbit, matahari terbenam dan bulan, dan banyak lagi.

Posisi dan tanggal Anda digunakan untuk menghitung deklinasi magnetik untuk lokasi Anda yang memungkinkan kompas magnetik dalam aplikasi untuk melaporkan deviasi dari true north daripada magnetic north.

Kompas pelaporan utara-utara bekerja sangat baik dengan peta yang berorientasi sepanjang poros utara-selatan yang sebenarnya atau dapat diputar dari poros utara-selatan yang sebenarnya, tergantung pada preferensi Anda.