Thursday, April 9, 2020

9 Film Pendakian Gunung Yang Wajib Ditonton

Film bertemakan pendakian gunung menjadi salah satu film yang sangat menarik untuk ditonton, walaupun sudah pernah ditonton, bernostalgia dengan film film jadul bukanlah sebuah hal yang membosankan. Akan tetapi tidak semua film yang bertemakan petualang ini bisa berjalan sesuai yang  harapan penonton. Banyak sekali peristiwa tak terduga yang bisa terjadi di alam bebas. Jangan mengaku kalau kamu adalah petualang sejati jika belum menyaksikan kumpulan film tentang pendakian gunung. Nah berikut beberapa film tentang petualangan di gunung yang wajib kamu tonton versi Jelajah Sultra


1. Seven Years in Tibet 1997
Cerita ini berhubungan dengan cinta, kasih sayang, penghianatan, kesederhanaan, kebersamaan, agama, dan budaya. Kisah didalam fim ini menceritakan pengalaman pribadi dari Heinrich Harrer, tentu kisah ini berdasarkan dari pengalamannya mengarungi tibet. Didalam catatannya ia banyak bercerita mengenai gunung Himalaya. Jerman menyebutnya Unserberg (Gunung Kita). Sebelum ekspedisi ini, pernah ada 4 ekspedisi jerman mencobanya, namun semuanya gagal. Kesebelas pendaki tewas terkena longsoran salju karena badai hebat. Mulai saat itulah penaklukan Nanga Parbat menjadi obsesi nasional, kehormatan bangsa Jerman. 29 Juli 1939, tim ini mencapai pos  4 diketinggian 22000.

2. Vertical Limit 2000
Film pendakian yang dibuat sangat menegangkan, sebuah film yang mengisahkan sekeluarga menyukai dengan pemanjatan dan pendakian gunung. Film Vertical Limit dimulai dengan tewasnya ayah Peter dan Annie dalam sebuah pemanjatan karena kesalahan pemanjat pemula yang ada di atasnya. Peter harus memotong tali pengamannya untuk ayahnya agar dapat menyelamatkan dirinya dan sang adik. Sang ayah sendirilah yang menyuruh Peter untuk melakukan hal tersebut karena mengetahui bahwa tali pengaman yang mereka jadikan tambatan, tak dapat bertahan lama untuk membebani tiga orang. Setelah kejadian tersebut Peter dan sang adik sudah tak pernah bertemu sampai suatu perstiwa terjadi, dimana sang adik terjebak di jurang saat melakukan pendakian ke gunung K2. Peter yang sedang berada tak jauh dari basecamp mengetahuinya dan berniat menolong sang adik. 

3. Touching The Void Film 2003
Film yang diangkat dari kisah nyata, dimana dua orang pendaki muda yang berusaha mencapai puncak gunung Siula Grande di Negara Peru. Kedua pendaki muda itu bernama Simon dan Joe, mereka melakukan perjalanan ke puncak selama tiga hari. Namun, pada saat perjalanan turun, Joe terjatuh dan patah kaki. Lalu, Simon dan seorang pria tambahan melanjutkan perjalanan dan membiarkan Joe untuk keluar dari tali sejauh 300 meter dan kemudian turun untuk bergabung. Tak lama, ketika Joe keluar menggantung tanpa bisa naik kembali, Simon memutuskan untuk memotong tali Joe serta membiarkannya jatuh. Kisah ini akan menceritakan tentang bagaimana usaha Joe bisa kembali hidup passetelah terjatuh.

4. The North Face 2008
Film ini bercerita tentang pendakian yang diambil dari kisah nyata. The North Face mengisahkan tentang dua orang pendaki asal Jerman yang sangat ambisius bernama Max Mehringer dan Karl Sedlmayer. Suatu hari saat kondisi cuaca yang sangat buruk dikawasan gunung, Max dan Karl dengan sangat berani memutuskan untuk tetap melakukan pendakian ke gunung Eiger. Sayangnya tekad kuat yang tidak diimbangi juga dengan persiapan dan peralatan yang memadai serta kurangnya kemampuan untuk menguasai teknik pendakian di tengah badai besar dan hujan salju, sehingga membuat dua orang pendaki ini tewas. Setelah peristiwa nahas yang menimpa Max dan Karl tersebut, pendakian ke gunung Eiger pun ditutup. 



5. Messner Vilsmaier Nanga Parbat 2010
Film pendakian ini bercerita tentang Reinhold dan G√ľnther Messner yang melakukan ekspedisi di Gunung Nanga Parbat Pakistan. Sebuah pendakian yang harus berakhir tragis. Saat mendaki gunung ini terasa sangat berat, konsentrasi Harrer terpecah karena memikirkan anaknya yang di Austria, sehingga menyebabkan ia terjatuh terperosok jauh yang menyebabkan kakinya berdarah. Karena ia sudah berpengalaman, ia masih mampu melanjutkan perjalanan. Hingga sampai di pendakian selanjutnya, ia yang akhirnya memimpin didepan dengan talinya. Kali ini ia berada di posisi ketiga, sedang yang paling belakang adalah Peter. Halangan itu muncul saat ada batu yang jatuh, saat Peter menghindar, kakinya tak dapat pijakan yang baik, ia terjatuh dan ditahan oleh Harrer, dengan sekuat tenaga Harrer menahan beban yang sangat berat itu. Dengan hati-hati Peter naik dan ia selamat. Sejak saat itu ia berutang budi kepada Harrer, karena nyawanya terselamatkan.

6. The Wildest Dream Conquest of Everest 2010
Film The Wildest Dream merupakan sebuah dokumenter dari National Geographic. George Mallory merupakan orang pertama yang melakukan ekspedisi ke Everest. Ekspedisi ini didukung sepenuhnya oleh kerajaan Inggris. Pada pendakian pertama Mallory gagal, begitu juga pada pendakian kedua. Setelah beberapa tahun berlalu Mallory mencoba untuk melakukan pendakian ketiga.
Nah pendakian ketiga ini merupakan terakhir kalinya Mallory mendaki Everest karena salah satunya faktor keluarga. Setelah beberapa puluh tahun ekspedisi yang dilakukan Mallory kemudian dua orang bernama Conrad dan Leo mencoba melakukan hal yang sama seperti Mallory, mulai dari jalur dan  semua peralatan yang dipakai Mallory. Conrad dan Leo menggunakan gear pendakian tahun 1924 yang terbilang sangat gila untuk dipakai pada zaman sekarang.

7. Everest 2015
Everest adalah film yang menceritakan kisah nyata perjuangan seorang pendaki bernama Rob Hall dan teman-temannya. Mereka adalah pemilik agen tur bernama Adventure Consultans yang membantu perjalanan orang-orang yang ingin mencapai puncak Everest. Film ini mulai dibuat tegang saat menyaksikan bagaimana perjuangan Rob Hall beserta rombongannya untuk menaklukkan puncak tertinggi Everest. Perjalanan yang harus mereka lalui tidaklah mudah, Mereka harus mampu bertahan hidup saat dihadapkan pada cuaca dingin yang menusuk tulang, salju longsor dan terjebak dalam gunung es yang rapuh. 

Baca JugaNama dan Alamat organisasi Pencinta Alam se sulawesi tenggara

8. Meru 2015
Film Meru yang dirilis tahun 2015 menceritakan tentang perjalanan orang-orang menuju salah satu puncak Meru yang terletak di pegunungan Himalaya. Keberhasilan mencapai puncak menjadikan mereka sebagai orang-orang pertama yang mampu melewati salah satu jalur pendakian gunung paling sulit yang ada di dunia. Banyak sekali pesan moral yang bisa diambil setelah menonton film Meru, beberapa di antaranya adalah tentang kerja sama tim, profesionalitas, pertemanan dan perjuangan serta semangat meraih apa pun yang kita inginkan. 

9. The Himalayas 2016
Film tentang pendakian selanjutnya adalah The Himalayas yang disutradarai oleh orang Korea bernama Lee Seok Hoon. Film The Himalayas menceritakan tentang perjalanan dua orang sahabat bernama Hong Gil dan Mu Taek yang sama-sama suka mendaki. Namun, karena pernah mengalami cedera, Hong Gil memutuskan untuk pensiun dan hanya menyisakan Mu Taek yang masih sibuk dengan kegiatannya melakukan pendakian. Suatu hari, Mu Taek yang sedang mendaki gunung Everest mengalami cedera dan meninggal disana. Kabar kematian sahabatnya tersebut tentu membuat Hong Gil sedih dan merasa sangat kehilangan. Akhirnya Hong Gil memutuskan membentuk tim penyelamatan untuk mengevakuasi jasad sahabatnya di Everest. Perjuangan yang dilakukan Hong Gil dan tim jelas tidaklah mudah, apalagi jalur pendakian Everest terkenal sangat kejam.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post