Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mata Air dari Pulau Muna

Traveling kini menjadi gaya hidup dengan cara apa mau menikmatinya. Mau ala backpecker, solo traveler ataupun jomblo traveler hehe… jika belum kesampaikan buat ketempat-tempat yang jauh, main di daerah dulu yang tempatnya tidak kalah keren, salah satunya Mata air dari muna. 

Daerah muna terkenal dengan mata airnya karena banyak sekali objek wisata permandian. Jadi kalau ke muna sempatkan diri untuk mampir ketempat ini guys. Tapi sebelum kamu memulai liburan, pastikan kamu tidak lupa membawa peralatan wajib saat travelling.

Fotuno Rete Atau Wakumoro

Fotuno artinya Kepala, sedangkan Rete artinya Tanah jadi bisa diartikan Kepala Tanah dan Wakumoro menunjukan tempat. Wakumoro merupakan salah satu Desa administratif di Kecamatan Parigi, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Dengan jarak  tempuh sekitar 5 km lebih dari mata air itu, Lokasinya juga sudah ada di google maps.

Lokasi ini dijadikan sebagai pusat keamanan wilayah Rete pada zaman dahulu menjadi tempat pembinaan teritorial dalam upaya melindungi masyarakat dari ganguan keamanan baik yang berasal dari luar maupun dari dalam. 

Kini telah menjadi objek wisata yang perlu dijaga kelestariannya. Saat pertama kali kesini, kamu akan sangat takjub dengan pemandangannya. seakan-akan kamu ingin segera bergegas loncat ke air yang biru jernih nan segar. 

Bercengkrama dengan penduduk lokal yang ramah sambil melihat anak-anak tertawa dari papan loncat menambah asri suasana.

Kalau kesini tidak perlu takut kurang logistik karena ada beberapa penjual di sekitaran permandian.  Jalannya mudah dilalui roda dua atau roda empat tanpa perlu tracking. Sangat cocok buat rekreasi keluarga.

Beranjak dari Permandian Wakumoro. Kami menuju ke tempat selanjutnya yang mungkin tidak asing lagi di telinga teman-teman penggiat Traveling yakni Danau Moko Walengkabola

Kurangnya kesadaran dari pengunjung Lagi-lagi saya menemukan banyak sampah berserahan di sekitaran Danau.  Saat saya masuk ke danau dan mulai berendam, sekilas rasa lelah perjalanan kami terbayarkan.

Berenang dan menyelam di danau yang jernih dan dingin tentu berbeda dengan berenang di pantai yang lebih hangat. Menariknya di danau moko pengunjung dapat merasakan sensasi berenang dengan penyu jika beruntung. Penyu ini bahkan sangat jinak seolah menyapa siapa saja yang berenang kedalam danau, sungguh pengalaman yang menyenagkan.

Pulau muna memang surganya para traveller, Destinasi yang ditawarkan sangat mengagumkan, selain wisata wakumoro, masih banyak spot menarik lainnya, seperti; Danau Ubur-ubur, Puncak lakude, dan lainnya. Jika ada waktu, sempatkanlah main ke spot-spot tersebut.

Penulis : Aam