Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Liburan Hemat ke Pulau Sombori Sulawesi Tenggah

Liburan adalah momen yang sangat jarang terjadi dan paling dinanti-nanti oleh setiap orang. Pasalnya, tak sedikit orang yang terlalu sibuk dalam rutinitas pekerjaan sehari-hari dan hanya bisa menikmati hidup saat mendapatkan cuti atau libur panjang. 

Untuk itu, banyak dari mereka yang memanfaatkan liburan dengan maksimal. Liburan sebagai kegiatan refreshing tersebut dapat menghilangkan penat yang telah lama dipendam. Tentunya kualitas liburan juga sangat ditentukan atas kondisi waktu dan budget yang tepat.

Agar moment liburan lebih sempurna, tidak ada salahnya untuk memilih tempat wisata yang sedikit menguras budget alih-alih merasakan pengalaman tak terlupakan. Salah satunya dengan pergi berlibur ke Destinasi baru yaitu di Pulau Sombori.

Pulau Sombori memang tak se populer dengan wisata pantai lainnya di Indonesia, namun tiga tahun terakhir, pulau ini mulai banyak dilirik oleh para traveler.  

Secara administratif, Pulau Sombori terletak di Desa Mbokita Kecamatan Menui Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah.

Anda tidak perlu khawatir jika akan berlibur ke pulau sombori Sulawesi Tengah. Pasalnya, ada beragam cara yang bisa dimanfaatkan untuk berhemat saat berwisata ke sana. 

Walaupun Pulau Sombori berada di provinsi sulawesi tengah, namun akses mudah untuk bisa kesana adalah melalui Kota kendari  Provinsi sulawesi tenggara. Penasaran bagaimana cara berlibur hemat ke Pulau Sombori? Simak tipsnya berikut ini.

1. Cari promo tiket pesawat 

Usahakan untuk mencari tiket harga promo menuju Kota Kendari dari jauh-jauh hari. Selain rutin mencari promo maskapai, Anda juga bisa berburu tiket promo pada sejumlah travel fair alias pameran wisata. Bahkan kalau perlu, carilah tiket promo dari satu tahun sebelumnya. 

Harga normal dari Jakarta ke kendari batas bawah berkisar 1.4 juta dan batas atas bisa mencapai 4 juta rupiah. Nah Jika Anda dapat tiket promo, untuk Jakarta kendari bisa sampai 800 – 900 ribu rupiah saja, cukup murah bukan...?

Sebaiknya pemesanan jangan dilakukan saat mendekati hari libur nasional atau libur sekolah, harga akan naik karena banyaknya pemesanan. 

2. Datanglah dengan satu grup

Jika datang dalam jumlah 10 orang atau lebih, Anda bisa membagi biaya sewa kapal dan bensin per hari yang jumlahnya mencapai jutaan. 

Biaya mahal tentu akan lebih ringan apabila dibayar bersama-sama. Untuk sekali trip ke pulau sombori, harga kapal rata rata mencapai 4-5 juta rupiah. Untuk 1 orang ini akan terasa mahal, jadi sebaiknya membuat kelompok untuk trip bersama.

Bukan hanya transportasi kapal, anda juga bisa menghemat untuk pembayaran transportasi darat dari Bandara ke pelabuhan atau dermaga.

3. Menginaplah di homestay atau rumah penduduk

Menginap di homestay atau rumah penduduk merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menekan pengeluaran. Di Pulau Labengki misalnya, sudah ada sekitar 20 homestay yang bisa Anda Pilih. 

Apabila ingin yang lebih mewah, sudah ada cottage dan resort yang punya fasilitas dan pemandangan menghadap pantai. Tapi tentu biayanya akan jauh lebih mahal.

Jika pilihan menginap di homestay masih terasa mahal, anda bisa memilih untuk mendirikan tenda di pulau-pulau tak berpenghuni, misalnya di pulau koko sombori.

4. Datanglah pada waktu yang tepat

Wisata di laut tentu tidak terlepas dari faktor cuaca, begitu pula di Pulau Sombori. Jika datang pada musim dan bulan yang salah, dapat dipastikan anda akan tertahan di dermaga tanpa memiliki kesempatan melaut akibat ombak yang tinggi.

Cek perkiraan cuaca melalui aplikasi, atau bisa mencari informasi ke Biro Perjalanan Wisata lokal, sebelum memutuskan untuk liburan. Penyedia jasa akan memberikan informasi kapan waktu yang tepat untuk melakukan trip.

5. Ikut Open Trip

Ya, ini adalah jurus terakhir agar liburan bisa lebih murah tapi tetap berkualitas. Mengikuti open trip mempunyai kelebihan tersendiri, Anda tidak perlu repot mencari grup sendiri seperti yang sudah dijelaskan pada nomor dua di atas. 

Anda tinggal cek jadwal yang tepat dengan waktu libur, kemudian booking ke penyedia jasa trip. Umumnya para agen lokal telah membuat jadwal selama 1 tahun kedepan dan di publikasikan ke social media maupun website mereka. 

Jadi mencari informasi yang lebih banyak bisa membantu Anda menemukan harga termurah untuk ke pulau sombori.

Itulah Tips Liburan Hemat ke Pulau Sombori Sulawesi Tenggah. Bagikan tulisan ini ke teman-teman terdekat dan ajak mereka untuk menjelajahi keindahan pulau sombori. Untuk informasi seputar tempat wisata menarik lainnya cek blog Jelajah Sultra.