Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Lengkap Berwisata ke Pulau Labengki Sombori

Pulau Labengki Sombori
Panduan Lengkap Berwisata ke Pulau Labengki Sombori

Pulau Labengki dan pulau sombori merupakan destinasi baru di Indonesia yang layak kamu kunjungi. Secara adminitratif pulau Labengki berada di desa labengki kecil Kecamatan Lasolo kepulauan, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara dan Pulau Sombori berada di wilayah Sulawesi Tengah, tepatnya di desa mbokita Kabupaten morowali. 

Perlu diketahui, Pulau Labengki adalah salah satu wisata bahari terbaik di Sulawesi tenggara selain pulau wakatobi. 

Sebelum melihat paket trip labengki sombori, sebaiknya kalian membaca informasi terkait kondisi dan apa saja yang sering ditanyakan wisatawan sebelum ke pulau ini. Berikut rangkuman pertanyaannya :

1. Bagaimana dengan kondisi listrik di labengki?

Pulau Labengki kecil yang ditinggali oleh ± 140 KK ini yang terbagi empat dusun, masing masing memiliki generator yang bisa dipakai oleh masyarakat setempat. Listrik hanya digunakan pada pukul 18:00 sampai pukul 23:00 wita. 

Namun beberapa pihak homestay menyiapkan generator pribadi, yang bisa dipakai sampai pukul 06:00 wita. Jadi tidak usah kawatir bagi anda yang akan kesini. Walaupun terbatas, listirk tetap ada untuk mengisi semua daya gadget kalian.

2. Apa yang harus saya siapkan?

Pulau labengki adalah wisata bahari, yang menjual panorama alam pada umumnya. Namun beberapa spot andalan mengharuskan anda menggunakan/memakai sepatu atau sendal gunung dan sarung tangan,  untuk keamanan saat melewati batuan cadas blue lagoon. 

Peralatan lainnya sama dengan wisata bahari lainnya seperti pakaian pantai yang sopan, alat snorkling, Sunblock, Kacamata hitam, Handuk, baju ganti, Kamera, Topi Pantai, Dry Bag, dll.

3. Apa ada AC atau Kipas Angin?

Masing masing penjual jasa penginapan mempunyai fasilitas yang berbeda, tentunya tergantung dengan Harga dan fasilitasnya. Ada tiga jenis penginapan yang bisa kalian pilih.

Pihak homestay menyediakan 1 kamar 1 kipas angin. 1 kamar bisa 2 – 6 orang / kamar.
Pihak cottage Labengki Beach Hut menyediakan 1 kamar 1 kipas angin. 1 kamar untuk 2 orang.
Pihak Resort Labengki Nirwana menyediakan kipas angin dan AC, tergantung jenis kamarnya.

4. Bagaimana kondisi homestay?

Homestay dilabengki merupakan rumah warga yang disewakan selama trip. Pihak homestay akan melayani anda sampai trip selesai, mengurus makan dan tempat tidur. 1 homestay memiliki 2 kamar sampai 7 kamar, dan 1 kamar untuk 2 orang atau lebih.

5. Bagaimana dengan air bersih?

Sejak rusaknya mesin penyulingan air laut tahun 2014, masyarakat setempat hanya menggunakan air sumur yang berada dilabengki kecil dan labengki besar. 

Jarak untuk mengambil air tawar yang berada didaratan bisa memakan waktu 2 jam pulang pergi bahkan lebih. Saat musim hujan, rasa air  sumur menjadi tawar dan saat musim kemarau rasa air sumur menjadi payau.

6. Bagaimana kondisi cuaca?

Umumnya cuaca dilabengki panas sampai 30°. Walaupun kondisi siang atau malam hari, cuaca labengki tidak dapat diprediksi, atau tidak pada umumnya. 

Saat musim panas hujan bisa turun dilabengki. Sebaiknya tentukan waktu liburan dimusim panas dan selalu cek informasi cuaca dari BMKG.

7. Apa ada Internet?

Jaringan yang tersedia hanya provider Telkomsel, dengan kekuatan signal 4G, anda bisa langsung mengupload photo atau video diakun medaa sosialmu.

Pulau labengki sombori menawarkan foto foto pemandangan yang tidak kalah dengan destnasi lainnya, Ada spot terbaik di labengki dan spot terbaik sombori, kalian bisa menentukan destinasi mana saja yang kalian akan kunjungi. 

Kalau anda mengikuti open trip dari berbagai operator, umumnya mereka telah memberikan spot spot yang layak dikunjungi. Tidak jarang juga wisatawan mengambil paket wisata private trip untuk menjajaki semua destinasi yang ada disini. 

Kelebihan berwisata di dua pulau ini, dengan harga murah kalian telah mengunjungi dua destinasi yang berbeda provinsi, pulau labengki di Sulawesi tenggara dan pulau sombori di Sulawesi tengah. 

Kekurangannya, kalian harus menggunakan jasa operator lokal untuk bisa kesini, karena untuk mengunjungi dua pulau ini, belum ada kapal regular yang menghubungkan dari kendari ke labengki. 

Fasilitas apa saja yang disediakan oleh biro perjalanan ke labengki sombori? 

Masing masing operator memberikan layanan yang berbeda, contoh fasiltas yang kami berikan :
Include : - Penginapan - Transportasi (kapal tradisional) - Makan Minum - Life jacket - Tiket Masuk - P3K - Dokumentasi - Tour Guide
Exclude : - Tiket Pesawat - Pengeluaran Pribadi - Alat Snorkling

Spot mana saja yang akan dikunjungi ?

Spot wisata pulau Labengki: Kampung bajo,mercusuar, View raja ampat, Teluk cinta, Pasir panjang, laguna
Spot Sombori: Pulau Mbokita, Air Kiri, Rumah Nenek, Goa Berlian, Goa Allo, Puncak Khayangan 

Untuk Info Penerbangan Trip Labengki Sombori
Jakarta – kendari (Bandara Haluoleo) penerbangan langsung selama 3 jam.
Surabaya – Kendari (Bandara Haluoleo) penerbangan langsung selama 2 jam.
Makasar – Kendari (Bandara Haluoleo) penerbangan langsung selama 50 menit

Jika informasi diatas masih kurang, kamu bisa mengunjungi informasi biaya dan penginapan di pulau labengki dan sombori