Home » » Mata Air dari muna

Mata Air dari muna

Written By Admin on Selasa, 27 November 2018 | November 27, 2018


Traveling kini menjadi gaya hidup dengan cara apa mau menikmatinya. Mau ala backpecker, solo traveler ataupun jomlo traveler hehe… jika belum kesampaikan buat ketempat-tempat yang jauh. Main di daerah dulu yang tempatnya tidak kalah keren, salah satunya Mata air dari muna. Daerah muna terkenal dengan mata airnya karena banyak sekali objek wisata permandian. Jadi kalau kemuna sempatkan diri untuk mampir ketempat ini guys.

sumber : google
Fotuno Rete Atau Wakumoro
Fotuno artinya Kepala, sedangkan Rete artinya Tanah jadi bisa diartikan Kepala Tanah dan Wakumoro menunjukan tempat. Wakumoro merupakan salah satu desa administrative pada Kecamatan Parigi, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Dengan jarak  tempuh sekitar 5 km lebih dari mata air itu, Lokasinya juga sudah ada di google maps.


Lokasi ini dijadikan sebagai pusat keamanan wilayah Rete pada zaman dahulu menjadi tempat pembinaan teritorial dalam upaya melindungi masyarakat dari ganguan keamanan baik yang berasal dari luar maupun dalam. Kini menjadi objek wisata yang perlu dijaga kelestariannya. Saat pertamakali kesini sangat  takjub dengan pemandangannya ingin segera bergegas loncat ke air yang biru jernih nan segar. Bercengkrama dengan penduduk lokal yang ramah sambil melihat anak-anak tertawa dari papan loncat menambah asri suasana.
Kalau kesini tidak perlu takut kurang logistik karena ada beberapa penjual di sekitaran permandian.  Jalannya mudah dilalui roda dua atau roda empat tanpa perlu tracking. Sangat cocok buat rekreasi keluarga.


Beranjak dari Permandian Wakumoro. Kami menuju ke tempat selanjutnya yg mungkin tidak asing lagi di telinga teman-teman pengiat Traveling adalah Danau Moko Walengkabola. Kurangnya kesadaran dari pengunjung Lagi-lagi saya menemukan banyak sampah berserahan di sekitaran Danau.  Namun rasa lelah perjalanan kami terbayar. Berenag dan menyelam di danau yang jernih dan dingin tentu berbeda dengan berenang dipantai. Menariknya di danau moko pengunjung dapat merasakan sensasi berenag denagn penyu jika beruntung, penyu ini bahkan sangat jinak seolah menyapa siapa saja yang berenang kedalam danau, sungguh pengalaman yang menyenagkan.





0 komentar: