Tips murah Ke Pulau Sombori



Secara administrasi Sombori adalah  pulau yang berada di Desa Mbokitta di Kec. Menui Kepulauan, kab. Morowali Provinsi Sulawesi tengah. Walaupun berada di provinsi sulawesi tengah, namun akses mudah untuk bisa kesana adalah melalui Kota kendari sulawesi tenggara. Rute dari kendari ke sombori bermacam macam, dari pengalaman perjalanan menuju sombori bisa dianalisa sebagai berikut.
Kendari – sombori      = 5 s/d 6 jam
Kendari – Desa sawa – sombori = 4 jam
Molawe – sombori      = 3 jam
Perjalanan efektif sebaiknya lewat desa sawa, 2 jam di darat dan 2 jam di laut. Dari semua rute perjalanan diatas, memiliki harga sewa transportasi berbeda beda pula.
Dari kendari kapal berkapasitas 30 orang = Rp. 6 – 7 juta.
Dari kendari ke desa sawa = 300rb (angkutan umum) muatan 10 orang atau 300rb (rental mobil) muatan 7 orang. Desa sawa ke sombori = 3 s/d 4 jutaan muatan 20 orang. Harga kapal sudah termasuk PP, dan mobilisasi ke spot spot yang diinginkan sampai trip selesai. 

Untuk mengatasi harga kapal yang mahal, biasanya diakali dengan membentuk tim/trip dengan jumlah maksimal 20 orang atau minimal 15 orang dan waktu yg ideal 3 hari 2 malam.
Biaya lain yang harus anda keluarkan setelah berada di pulau sombori Sewa guide lokal = Rp. 100.000/hari, Retribusi = Rp 50.000/tim.
Bagi yang senang dengan cara backpakeran, anda boleh membawa tenda dome yang bisa anda dirikan disekitar kawasan sombori dan semua gratis.
Dari estimasi anggaran diatas, anda bisa merencanakan sendiri perjalanan, sesuai kebutuhan trip anda. Jika ingin pemandu trip dari kendari atau mau bekerjasama dalam pelaksanaan trip anda, anda bisa inbox via instagram kami @jelajahsultra atau @labengki_official. 
 

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments

Artikel Lainnya