Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Alam Desa Likuwalanapo Kolaka Timur


Sulawesi Tenggara adalah Provinsi yang kaya akan kekayaan alam. Banyak sekali potensi wisata yang beragam yang akan memuaskan kamu menjelajahi keindahannya. Salah satunya adalah Desa Likuwalanapo.

Desa Likuwalanapo Kec. Uesi Kab. Kolaka Timur, berada pada ketinggian 463 meter di atas permukaan laut, ini layaknya sebuah surga ditengah hutan rimba.

Perlu perjuangan untuk bisa mencapainya, namun apa yang didapat ketika sampai ke lokasi sebanding dengan perjalanan yang dilalui. Lokasi Desa Likuwalanapo terbilang sangat terpencil dan terisolasi karena terletak di balik hutan. 

Dari sisi perjalanan, Desa ini mirip dengan Desa Waerebo Nusa Tenggara Timur, dimana perjalanannya memakan waktu 4 jam berjalan kaki. Kelebihan dari Desa Likuwalanapo, Kamu bisa mencapainya dengan menggunakan kendaraan untuk sampai ke Desa.

Wisata alam Desa Likuwalanapo menawarkan berbagai destinasi menarik yang belum terjamah wisatawan. Inilah 5 destinasi terbaik Desa Likuwalanapo yang patut kamu kunjungi.

1. Air Terjun Tali Sewu

Air terjun tali sewu bisa diartikan tali seribu, tempatnya masih tersembunyi dan sepi pengunjung, kamu bisa dengan bebas menikmati pesona alamnya. Bentuknya bertingkat dengan aliran yang tidak terlalu deras. Dari kejauhan mirip dengan air terjun moramo di konawe selatan.

Akses ke air terjun tergolong masih mudah, dari jalan utama desa, kamu hanya melakukan tracking sejauh 1 kilo meter, dengan kondisi medan menurun.

2. Mata Air Losopa

Warga setempat mengartikan kata losopa sebagai tempat keluarnya air. Keunikan tempat ini adalah air yang keluar dari dalam batu yang berada dibawah tebing. Air ini berasal dari danau lambolo ndikonu, yang berada di belakang pemukiman Desa. 

Lokasinya masih susah untuk ditemukan, jadi sebaiknya kamu menggunakan jasa pemandu lokal untuk mengantar kamu kesini.

3. Gua Kumapo Mate

Gua Kumapo Mate adalah Sebuah goa yang isinya pemandangan angker dengan tumpukan tengkorak-tengkorak dan tulang belulang manusia. Arti Kumapo mate adalah peti mati, tempat ini sangat dikeramatkan warga. 

Terdapat beberapa peti dan empat tengkorak manusia yang masih tersisa. Kata warga setempat dulunya kepala tengkorak ini berjumlah puluhan, hanya karena lokasinya mudah bagi hewan hewan liar seperti babi dan monyet, mengakibatkan tulang dan tengkorak jatuh dan terbawah air. 

4. Danau Lambolo Ndikonu

Dari ketiga spot diatas, Danau lambolo ndikonu adalah destinasi yang paling dekat dengan rumah warga. Hanya berjarak 260 meter dari lapangan, kamu sudah bisa menikmati keindahannya.

Memancing dan bermain rakit sangat cocok di spot ini. Saat pagi hari, permukaan danau tertutup kabut tebal hingga danau tidak dapat terlihat. 

Kekurangan dari danau ini, saat musim panas danau menjadi kering. Danau ini menjadi sumber air dari Mata Air Losopa. Air yang masuk kedalam celah melewati pemukiman masyarakat dan keluar di spot losopa. Jika dihitung garis lurus, aliran air tersebut berjarak 1 kilo meter.

5. Air Terjun Tetewa

Dari tampakannya, air terjun ini tidak tinggi seperti air terjun lainnya yang menjulang tinggi, seperti air terjun tumburano di konawe kepulauan. Air terjun tetewa mempunyai karakter tersendiri yang jarang ditemukan. Limpahan air yang keluar dari batu berbaris dan jatuh tepat dialiran sungai. Debit airnyapun tidak berkurang walaupun dimusim kemarau, sangat cocok untuk melakukan olahraga arus deras.

Selain kelima destinasi diatas, Desa ini masih memiliki wisata alam lainnya seperti Lembah kondamua, Watu manurasa wula, Danau Wilowu, Sungai mata mbuao, Gua kamapo mboniki dan hutan sagu tinusa nilowo yang akan kita ulas pada artikel berikutnya

Itulah 5 destinasi wisata Desa Likuwalanapo yang perlu kalian kunjungi di Kolaka Timur. Tempatnya masih sangat alami, kamu akan mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan tentang keberadaan desa ini.