Wednesday, April 30, 2014

Segarnya Bermain Air di Kolam Air Terjun Tumburano

Jelajahsultra.com - Sulawesi Tenggara sangat dikenal dengan wisata baharinya yang luar biasa. Birunya laut dan segarnya ikan membuat wisatawan tidak mudah melupakan yang menjadi khas dari bumi anoa ini.  Bukan hanya wisata bahari, Sultra juga mempunyai destinasi wisata yang tak kalah menariknya dengan wisata bahari. Salah satunya adalah permandian air terjun tumburano konawe kepulauan.

Secara administratif, air terjun ini berlokasi di Desa Lansilowo, Kecamatan Wawonii Utara Kabupaten Konawe Kepulauan. Air terjun tumburano merupakan salah satu dari 4 Wisata Alam Terbaik di Konkep, yang menjadi destinasi primadona dari masyarakat pulau kelapa ini.


Daya tarik air terjun tumburano seakan-akan memanjakan mata para pengunjungnya. Bersusun tiga tingkatan dengan debit air yang stabil, membuat tumburano tidak pernah sepi dari wisatawan saat libur akhir pekan. Ait terjun ini juga dikenal sebagai air terjun tertinggi di Sultra.

Selain berenang aktifitas lainnya juga bisa kalian lakukan adalah canyoning, dimana Anda menuruni tebing air terjun dengan menggunakan tali, wisata canyoning ini sangat popular di Bali dan merupakan salah satu wisata yang diminati oleh wisatawan mancanegara.

Kata Tumburano berasal dari dua suku kata yakni, tumbu dan rano yang memiliki arti tempat jatuhnya air atau air jatuh. Air terjun ini berlokasi di dalam hutan. Dari cerita rakyat, Air terjun ini memiliki legenda, dimana sepasang kekasih (Durubalewula dan Wulangkinokooti) yang tidak direstui oleh kedua orang tua mereka, kemudian memutuskan untuk mengakhiri hidup mereka di air terjun ini.


Untuk sampai ke sini, dari Ibu Kota Wawonii kamu cukup berjalan menuju Desa Lansilowo, Jika dari pelabuhan wawonii berjarak 26 KM dengan waktu tempuh selama 50 menit. Kondisi jalan dari pelabuhan sangat baik, namun saja beberapa lokasi masih jalan pengerasan, secara keseluruhan jalan ini kondisinya masih aman dilalui.


Bagi Anda yang baru pertama kali ke pulau wawonii, jangan kawatir, jadikan desa Lansilowo sebagai desa patokan, bisa juga bertanya ke warga disekitar pelabuhan agar menunjukkan arah ke air terjun. Dari desa lansilowo perjalanan hanya 10 menit ke air terjun. Anda bisa meminta tolong ke warga setempat untuk menunjukan jalan atau mengantarkan Anda ke Air terjun Tumburano.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post