Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menikmati Segarnya Air Dingin di Sungai Tamborasi Kolaka

Segarnya Air Sungai Terpendek di Indonesia

Sulawesi Tenggara memiliki banyak obyek wisata yang indah dan menarik. Terdapat banyak wisata alam yang memberikan keindahan alam yang unik serta tidak dijumpai di tempat lain. Salah satu wisata alam yang harus Kamu kunjungi saat berada di Sulawesi Tenggara adalah Sungai Tamborasi.

Sungai Tamborasi ini berada di Desa tamborasi Kecamatan Wolo, Kabupaten Kokala, Sulawesi Tenggara. Tidak seperti kebanyakan sungai pada umumnya, di tempat ini Kamu akan merasakan sensasi saat bermain air yang mungkin tidak Kamu temukan di tempat lain.

Sungai Terpendek di Indonesia

Hal unik dari permandian sungai ini adalah lokasinya yang berdekatan dengan laut. Hanya berjarak 20 meter saja dari keluarnya air sampai ke laut.

Tak heran orang-orang menyebutnya sebagai salah satu sungai terpendek di Indonesia bahkan di Dunia. Lebar sungainya sekitar 15 meter dan dibatas oleh batu dan pepohonan dan berhadapan langsung dengan laut. Dari karakternya, sungai ini mirip dengan sungai losopa yang berada di Kabupaten Kolaka Timur.

Daya Tarik Sungai Tamborasi

Daya Tarik Sungai Tamborasi adalah airnya yang keluar dari bawah tebing yang tingginya sekitar 13 meter. Air sungai ini sangat dingin kerena berasal dari bebatuan dan tebing, saat air pasang air akan terasa hangat, karena ada campuran air laut.

Masih di kawasan sungai, terdapat juga pantai pasir timbul yang sangat halus, cocok untuk menghangatkan badan setelah lama berendam di sungai.

Selain kesegaran airnya, sungai ini sangat mudah dicapai, Kamu tidak perlu jauh jauh berjalan kaki atau mendaki, dari halaman parkir kamu hanya perlu berjalan kaki sejauh 100 meter.

Sungai ini biasanya dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mandi serta memancing. Bukan hanya warga lokal, permandian tamborasi juga sering dijadikan tempat peristirahatan bagi pengendara yang sedang melakukan perjalanan jauh dan singgah untuk beristirahat sejenak.

Karena lokasi sungai tamborasi berada pada perbatasan wilayah dengan kabupaten Kolaka Utara, maka tidak ada salahnya kamu juga mengunjungi Destinasi Danau Biru yang hanya berjarak 5 Km.

Fasilitas Wisata Sungai Tamborasi

Jika kamu ingin menikmati air sungai tamborasi, kamu tidak perlu kuatir, karena pengelola wisata telah menyiapkan fasilitas yang cukup lengkap.

Dari kamar mandi, kamar ganti, gazebo, dan warung makan. Fasilitas penunjang lainnya tidak lupa disediakan, seperti jiket pelampung dan ban pelampung.

Akses ke Sungai Tamborasi

Jarak dari Kota Kendari ke Tamborasi sejauh 246 Km, dapat ditempuh dengan waktu 5 jam 30 menit melewati tiga kabupaten. Jika kamu berada di Kabupaten Kolaka, kamu hanya membutuhkan waktu selama 2 jam saja.

Bagi yang tinggal di Lasusua ibu kota Kabupaten Kolaka Utara, jarak yang harus kamu tempuh sejauh 57 Km atau selama 1 jam 30 menit.

Jika kamu berasal dari luar Sulawesi Tenggara, kamu bisa menggunakan trasnportasi laut atau udara menuju Kolaka.