Tips Mengetahui Arah Mata Angin Saat Tersesat



Sebelum melakukan petualangan di alam bebas, rencana operasi tentunya sudah disiapkan dengan matang. Salah satunya adalah kompas prisma, dimana kompas ini berfungsi untuk mengarahkanmu menuju posisi yang sudah kamu tentukan sebelumnya, hal ini akan memudahkan para petualang agar tidak tersesat. Contohnya kamu telah merencanakan perjalanan dari desa wolasi menuju moramo, dengan analisa kompas dan peta kamu sudah tau apa apa yang harus disiapkan, seperti antisipasi jalur evakuasi, mengetahui berapa potangan sungai yang akan dilalui dll. Tapi bagaimana kalau di dalam perjalanan tiba tiba kompas yang kamu gunakan hilang, rusak atau lupa. Nah ada beberpa tips menentukan arah mata angin yang perlu kamu ketahui.

1. Jam tangan analog
Cara ini digunakan jika kamu berada di sisi selatan dari garis khatulistiwa. Caranya sangat sederhana, lihat angka 12 di jam tanganmu, lalu posisikan tepat ke arah matahari. perhatikan jarum pendek (jarum jam) yang ada pada jam. Nah, di antara angka 12 dan jarum pendek itu menunjukkan arah utara.

2. Pohon besar
Perhatikan lebatnya pohon tersebut dan juga arah batang pohon condong ke mana. Biasanya, arah batang atau dahan pohon akan condong ke arah timur untuk mencari sinar matahari. Berikutnya perhatikan sisi pohon, umumnya jika salah satu sisinya basah, lembab dan berlumut, itu artinya sisi pohon tersebut mengarah ke timur karena lumut membutuhkan sinar matahari. Tapi, pertumbuhan lumut bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Jadi, hal tersebut hanya menjadi salah satu pendukung saja.

3. Kompas Buatan
Siapkan jarum, silet, gabus atau benda yang dapat mengapung (isi survival kit), serta wadah air. Gosokkan jarum atau silet ke permukaan yang kering agar mendapat gaya magnetis, letakan jarum pada gabus tipis atau daun kering kemudian celupkan ke dalam wadah berisi air. Perhatikan kedua ujung jarum karena ujung jarum tersebut menunjukkan arah utara dan selatan dari tempat kamu berada.

4. Matahari
Hal yang paling mendasar untuk melihat arah mata angin adalah dengan mengamati matahari. Perhatikanlah ke mana arah matahari terbenam. Jika kita berdiri dengan menghadap ke arah barat, otomatis sebelah kiri dan kanan kita menunjukkan arah utara dan selatan.

5. Kuburan
Posisi kuburan dapat membantu kamu mengenali arah mata angin dengan mudah, umumnya bagian nisan akan menghadap arah barat nah dengan begini kamu dapat menjadikannya patokan untuk menentukan arah yang lainnya.

Itulah beberapa cara mengetahui arah mata angin dengan mudah, dan masih banyak cara cara lainnya yang bisa kita gunakan. Tergantung kondisi dan mana yang kita anggap paling mudah dan efisien. Selamat berpetualang.