Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun iwoi pesua Kolaka

Kabupaten Kolaka memang tidak diragukan lagi akan keindahan alamnya. Dari wisata petualangan sampai wisata pantai, semua dengan mudah kamu kunjungi.

Salah satu destinasi yang lagi hist dikalangan traveller kolaka yakni air terjun iwoi pesua. Dari karakternya, air terjun ini mirip dengan air terjun talisewu kolaka timur.

Wisata Air Terjun iwoi pesua terletak di Desa Lalonggopi, Kec. Wolo, Kab. Kolaka. Destinasi ini masih sangat alami dan masih jarang masyarakat yang datang berkunjung kesini.  Bentuk air terjunnya mirip dengan air terjun pada umumnya, memiliki beberapa tangga dan dipadati vegatasi. 

Sepanjang perjalanan kalian akan menikmati pemandangan alam yang belum terjamah. Dimusim panas debit air terjun masih sangat banyak, Hal ini menjadi salah satu indikator, kalau hutan kawasan air terjun ini masih sangat alami dan terjaga.

Akses ke Air Terjun Iwoi Pesua. Dari Kabupaten Kolaka, berjarak sekitar 60 KM menuju desa lalonggopi, dari desa, perjalanan dapat ditempuh menggunakan motor melewati jalan tani masyarakat sejauh 5 KM dan dilanjutkan berjalan kaki sejauh 1 KM, sampailah di lokasi air terjun.

Sampai sekarang, belum ada penunjang fasilitas umum seperti penginapan, gazebo, wc umum dll yang disediakan diarea air terjun. Untuk mengunjunginyapun Kamu belum dikenakan biaya masuk atau gratis.

Bagi kalian yang penasaran untuk kesini, bisa langsung ke desa Lalonggopi, Kec. Wolo, Kab. Kolaka. Registrasi di sekretariat kelompok peduli wasata laweu dan pemandu wisata lokal dengan senang hati akan menemani perjalananmu ke lokasi air terjun.

Selain wisata tirta, kamu juga bisa mencoba destinasi terbaik Kabupaten Kolaka, seperti pulau padamarang yang lagi ramai diperbincangkan. Ayo ke Kolaka.

Sumber : yusran