Wisata Arung Jeram Kolaka Utara



Rafting, atau biasa dikenal secara umum dengan nama arung jeram, merupakan sebuah olahraga air yang dilakukan secara berkelompok. Sekelompok orang akan menaiki perahu karet untuk kemudian mengaruni suatu sungai dengan arus cukup deras atau yang biasa saja. Karena merupakan suatu olahraga air dengan mengarungi sungai deras, kegiatan ini dianggap memerlukan suatu skills atau kemampuan khusus. Arum jeram kini dianggap sebagai suatu olahraga yang mengasyikkan. Tidak jarang juga beberapa biro perjalanan wisata memasukkan kegiatan ini dalam paket perjalanan mereka.

Saat melintasi jeram, terkadang perahu akan tersangkut dengan batu besar dan para peserta harus mencari cara untuk melepaskan diri. Posisi ketika berlaju dan kemampuan untuk mengendalikan boat juga sangat dibutuhkan. Jika melewati jeram dalam kondisi tidak siap, peserta bisa terjatuh dari boat dan spot ini merupakan tempat yang menarik dan menyenangkan bagi wisatawan.

sungai elo magelang
Modal utama menikmati olahraga rafting ini adalah keberanian untuk mengarungi arus deras sungai, serta stamina fisik yang kuat. Biasanya, sebelum melaju menyusuri sungai, peserta arung jeram akan diberikan pengarahan singkat mengenai hal-hal penting selama bermain arung jeram. Operator penyelenggara olahraga akan menjelaskan teknik dasar olahraga.

Umumnya Arung jeram memiliki jarak 7 - 12 KM dengan durasi waktu selama 2 - 3 jam. tergantung dari grid sungai yang akan dilalui, berbeda dengan sungai tinukari kolaka utara, sungai yang diarungi hanya berjarak 2 KM, dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. walaupun durasinya singkat, namun olahraga ini perlu dicoba. 

Sungai progo atas magelang