Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pulau Sombori, Surga yang Belum Terjamah

Nama “Surga tersembunyi” layak disematkan untuk Pulau Sombori, Diantara 17.000 lebih pulau pulau yang ada diindonesia, sombori merupakan destinasi baru yang tidak dikenal didunia travelling

Kurang terpublishnya tempat ini, sehingga nama sombori masih sangat asing dibanding destinasi timur lainnya.

Pulau sombori merupakan gugusan pulau pulau kecil yang berada dibagian tenggara tepatnya di desa Mbokita Kec. Menui Kepulauan, Kab.Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah. 

Dari penampakan google earth, banyak laguna yang tersebar hampir disetiap sudut pulau ini. Karena banyaknya spot di Sombori, maka destinasi ini masih perlu dijelajahi, untuk mengungkap semua keindahannya. 

Karakter yang kuat untuk pulau ini adalah airnya yang bening, dikelilingi pulau pulau kecil sehingga membentuk sebuah laguna laguna berwarna biru, tak sedikit yang mengatakan bahwa panorama alam pulau sombori mirip raja ampat. 

Jika anda berdiri tepat dipuncak pulau kayangan, akan nampak jelas gugusan pulau pulau berbaris sangat indah. Tak heran orang menjulikinya sebagai spot raja ampat papua.

Beberapa spot terbaik yang pulau ini tawarkan seperti, puncak kayangan, pasir timbul air kiri, gua allo, gua berlian, tebing koko, rumah nenek, dan pulau mbokita. Selain 7 spot terbaik sombori , masih banyak lagi tempat tempat menarik yang anda bisa eksplore sendiri. 

Untuk akomodasi, anda jangan cemas, walaupun pulau ini masih susah dengan jaringan internet, namun pemerintah setempat sudah membangun fasilitas seperti homestay di atas laut, jalur tracking kepuncak atau penginapan ala backpacker di balai desa mbokita. 

Kabupaten morowali memang sangat jauh dari pusat ibukota Sulawesi Tengah di Kota Palu, sekitar 12 jam dan dari morowali ke pulau sombori sekitar 4 jam. 

Bagi teman teman yang ingin menghabiskan waktu liburan disini, anda jangan khawatir, ada akses terdekat yaitu, dari kota kendari, sulawesi tenggara. 

Dari Jakarta ke Pulau Sombori

Rute yang ideal adalah dari Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Dari Jakarta anda bisa langsung menuju kota kendari (bandara haluoleo) dilanjutkan perjalanan darat selama 45 menit menuju dermaga penyebrangan, dan menyebrang ke pulau sombori selama 3 jam. 

Selain akses transportasi ke pulau sombori yang mudah anda bisa sekaligus mengunjungi spot terbaik pulau labengki yang kaya akan landscape. 

Kamu bisa baca perbedaan pulau labengki dan pulau sombori untuk mengetahui spot mana saja yang layak untuk kamu kunjungi.