Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akses Ke danau Ubur ubur Pulau Muna

Kabupaten Muna adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara. selain Kota Baubau, Kabupaten Muna juga merupakan salah satu daerah yang terletak di lingkup pulau buton. 

Secara geografis, Kabupaten Muna dikelilingi oleh beberapa Wilayah Kabupaten lain, seperti Buton Tengah, Buton Tengah, Muna barat serta perairan tiworo.

Dari geografis yang ada, tak heran pulau muna mempunyai potensi alam yang mengagumkan. Hampir semua jenis wisata dimiliki muna.

Pariwisata Muna tidak bisa diremehkan, banyak yang belum mengetahui potensi wisata alam pulau muna yang menakjubkan. Tidak hanya danau napabale yang sudah lebih dulu populer, di pulau ini terdapat juga danau ubur ubur yang tidak ada di kabupaten lain khususnya di Sulawesi Tenggara. 

Akses Ke danau Ubur ubur Pulau Muna

Untuk mencapai danau ubur ubur ini memang sangat rumit. Pasalnya, belum banyak orang yang tau keberadaan danau ini. Jadi sebaiknya kamu menggunakan jasa pemandu wisata lokal. 

Dari Kota Kendari menuju Kota Raha bisa ditempuh selama 3 jam, menggunakan kapal speed, harganya 120 ribu. Dari pelabuhan raha, dilanjutkan naik motor ke danau napabale, lama perjalanan sekitar 30 menit.

Di danau napabale sudah ada kapal yang bisa disewa untuk mengantar kamu ke titik star tracking. lama perjalanan sekitar 15 menit. Harga sewa kapal 250 ribu untuk antar jemput. 

Tracking ke Danau

Tracking ke danau dengan jarak sekitar 600 meter dengan waktu 30 menit sampai 1 jam, tergantung pergerakan. Kami sarankan agar memperhatikan semua perlengkapan tracking sebelum ke danau ini.

Kondiri medan terjal dan landai, dengan vegetasi yang masih tertutup. Inilah alasan kenapa kamu harung menggunakan jasa pemandu wisata. Tujuannya agar waktu yang kamu gunakan bisa efisien dan tidak tersesat.

Tips :

Agar perjalananmu lancar, berikut tips yang perlu kamu perhatikan selain alat wajib travelling yang sudah kamu persiapkan.

- Jangan memakai celana jeans, sebaiknya memakai celana pendek bagi pria.
- Jangan memakai sandal, dijamin bisa sobek. sebaiknya memakai sepatu tracking atau sendal tracking.
- Jangan berangkat kesiangan, sebelum terowongan napabale tertutup air.
- Membawa bekal dan air minum yang cukup.
- Membawa plastik sampah.
- Pastikan kapal yang akan kembali menjemput datang tepat waktu.