Petualang Wajib miliki 10 aplikasi ini

Tidak dapat dipungkiri, insting manusia untuk kembali ke alam dijaman sekarang sangatlah besar. kehidupan di kota yang sangat mombosankan, pekerjaan kantor yang tidak pernah berubah, gaya hidup yang serba modern, dan banyak lagi alasan lain sehingga orang orang yang hidup dijaman super canggih ini cendrung untuk kembali ke alam. Namun kadang, ketika beberapa orang yang melakukan petualangan dialam bebas kurang beruntung dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, disebabkan kurangnya pengetahuan dasar dalam melakukan perjalanan di alam bebas.

Atas hal itu kali ini kami akan membahas aplikasi Android yang dapat membantu anda saat melakukan perjalanan dan bertahan hidup di alam liar jika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. Dimana aplikasi ini bisa membantu kita menjalani kegiatan survival dengan lebih aman dan nyaman. Aplikasi yang kami bahas mencakup beberapa aspek seperti pertolongan pertama, arah, perlengkapan, dan masih banyak lagi.

Sepuluh Aplikasi Android yang wajib ada di Hp kamu.

1. Bug Out Bag Survival Guide
Aplikasi yang pertama berfungsi sebagai pengingat barang apa saja yang kita bawa sebelum survival dan kapan harus menambah stok barang tersebut. Aplikasi buat naik gunung ini sangat disarankan karena kadang kita lupa barang mana yang akan habis, untuk meminimalisir barang yang terbuang sia-sia, pengingat riwayat penggunaan barang, dan masih banyak lagi.

2. Panduan Mendaki Gunung / Panduan Pendakian Gunung
Meski terkesan cukup sederhana dengan masih banyak kekurangan, aplikasi ini akan sangat berguna terutama bagi kawan-kawan pendaki yang masih pemula. Banyak informasi bagus tentang persiapan, perlengkapan, danbeberapa hal penting lainnya yang harus diperhatikan saat melakukan pendakian. Ada juga informasi gunung beserta peta dan gambaran singkat jalur pendakian yang tentunya sangat bermanfaat untuk bahan referensi

3. Disaster Alert
Aplikasi Android ini berguna untuk memantau bahaya yang terjadi di seluruh dunia secara real-time. Informasi bahaya tersebut bisa dilihat dan dibagikan untuk memperingatkan orang lain akan bahaya di tempat yang ditandai. Bahaya yang dapat dilihat mencakup bahaya bagi manusia, barang, maupun aset.

4. Flashlight
Berfungsi sebagai penerang di kala gelap namun tidak hanya itu kegunaanya. Kegunaan lainnya yaitu sebagai pengirim isyarat SOS atau bahaya. Ada beberapa aplikasi Flashlight yang sudah dibekali kompas dan pengaturan frekuensi untuk menyesuaikan kebutuhan.

5. Compass
Kompas ini berfungsi sebagai penunjuk arah jika mana kita sedang di hutan dan tidak memiliki akses internet. Jadi sebagai alternatif kita bisa menggunakan peta manual dan mencocokan arah dengan kompas agar kita bisa mengetahui dimana kita berada.

6. Medicinal Plants & Herbs
Aplikasi ini berperan untuk memberi tahu kita tanaman mana yang bisa dijadikan obat bilamana keadaan sedang terdesak dan sulit untuk menemukan pemukiman. Kita bisa memanfaatkan tanaman-tanaman di sekitar kita. Namun kadang kita tidak tau tanaman mana yang berfungsi menyembuhkan sesuatu, nah aplikasi Android Medicinal Plants & Herbs ini bisa menjadi solusi jitu untuk mengetahuinya.

7. St John Ambulance First Aid
Aplikasi buat naik gunung ini berguna untuk memberitahu kita bagaimana tindakan pertama (First Aid) bila ada kejadian yang tidak diinginkan dan mengakibatkan cedera ringan maupun berat. Dengan aplikasi ini kita bisa tau apa yang harus dilalukan pada cedera yang didapat agar tidak bertambah parah.

8. Survival Guide
Aplikasi Android untuk naik gunung ini akan membantu kita dalam melakukan kegiatan survival karena berisikan hal yang harus dilakukan saat akan hidup di alam liar. Seperti perencanaan, peralatan, cara membuat api, dan masih banyak lagi. Namun untuk kamu yang belum terlalu mengerti hidup di alam liar, ada baiknya untuk mendapat bimbingan langsung dari yang sudah berpengalaman. Aplikasi ini bisa menjadi penunjang sebagai referensi saat akan melakukan kegiatan survival.

9. ViewRanger GPS - Jejak & Peta
Aplikasi naik gunung ini berfungsi untuk merencanakan rute mana yang akan kamu ambil berdasarkan jejak jelajah orang lain yang pernah melewatinya. Kamu bisa membuat jejak sendiri agar orang lain bisa menjadikanya referensi agar perjalanan lebih aman. Dan berfungsi pula agar kamu tidak muter-muter di tempat yang sama karena jejak akan terekam lewat GPS jadi kemungkinan kamu tersesat lebih kecil.

10. WeatherBug - Forecast & Radar
Aplikasi ini berfungsi memberikan prakiraan cuaca saat ini dan masa depan secara akurat. Didukung jaringan terbesar di dunia oleh stasiun cuaca profesional terkemuka, memberikan peringatan cuaca tercepat, akurat, real-time. Juga mendukung peringatan petir, curah hujan, suhu lokal, angin, UV, dan masih banyak lagi. Jadi agar perjalanan kamu tidak kacau akibat cuaca aplikasi ini sangat wajib di-install agar kamu bisa mengecek tempat yang akan kamu singgahi aman atau tidak.

kegiatan survival itu perlu latihan dan pemahaman agar menyenangkan namun bahaya yang mengintai juga cukup besar. Jadi lebih baik persiapkan segala sesuatunya secara matang agar kemungkinan survival-mu sangat kecil peluangnya terjadi.
Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi kita.
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments

Artikel Lainnya