Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Alam Wisata Batu Belah Kotaeono Buton Tengah

Wisata Batu Belah Kotaeono Buton Tengah

Wisata bahari pantai mutiara telah melambungkan nama Buton Tengah (Buteng) di Sulawesi Tenggara (Sultra). Bahkan daya tarik wisata tersebut telah menjadi tujuan wajib bagi siapa saja yang datang ke Buteng.

Tapi, wisata di Buteng bukan hanya tentang pantai mutiara. Masih ada beberapa lainnya yang menarik dikunjungi, salah satunya batu belah Kotaeono di Desa Lahia Buton Tengah.

Tempat wisata ini belum terkenal seperti wisata gua koo atau pantai wantopi, wisata ini masih sangat alami dan perlu pengembangan lanjut sebagai kawasan wisata. Namun, tetap menawarkan pesona alam yang dapat memanjakan mata.

Lokasinya hanya sekitar 15 menit dari pusat Kota Lombe. Jika dari pelabuhan fery Wamengkoli, kamu akan menempuh perjalanan sekitar 15 km dengan waktu tempuh selama 20-30 menit menggunakan motor atau mobil. Dari area parkiran kamu berjalan kaki sejauh 170 meter ke batu belah.

Wisata batu belah Kotaeono memiliki panjang 78 meter dan lebar 6-8 meter. Karena letaknya hanya 40 meter dari garis pantai, sehingga air di dalam batu belah ini mengikuti pasang surut air laut.

Saat berada di lokasi, pemandangan air tenang  dan suasana hening akan menyambutmu. Keindahan batu belah Kotaeono ini tidak akan kamu dapatkan di wisata lainnya.

Waktu yang tepat untuk berkunjung sebaiknya pada siang hari antara jam 11 sampai jam 1 siang. Di waktu ini matahari menyinari seluruh permukaan air, sehingga penampakan batu belah akan begitu sempurna.

Sampai saat ini tempat wisata Kotaeono masih dikelola oleh karang taruna setempat. Dari tarif parkir dan tiket masuk semua masuk ke kas karang taruna.

Fasilitas yang ada sudah cukup membantu wisatawan selama berada di lokasi wisata. Diantaranya seperti masjid, warung makan, dan toilet. 

Untuk dilokasi wisatanya juga sudah disediakan perahu bagi yang ingin swafoto ditengah batu belah, dan ada juga ban pelampung bagi wisatawan yang ingin berenang.

Cukup menarik bukan, mengunjungi wisata yang masih antimainstream. Buton tengah yang dijuluki kota 1000 gua ini sangat cocok buat kamu yang senang dengan wisata petualangan dan bahari. 

Sebaiknya sempatkan waktu selama 3 atau 4 hari untuk menjelajahi semua daya tarik wisata yang ada di Buton Tengah.