Friday, September 18, 2015

Pesona Gua Koo Mawasangka Buton Tengah

Jelajahsultra.com - Buton Tengah merupakan salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Tenggara yang dijuluki dengan nama Kota 1000 gua. Buteng mempunyai banyak Tempat Wisata Gua yang belum ter publish bahkan masih banyak juga yang belum ditemukan masyarakat. Hampir semua gua yang ada disini memiliki kolam dengan air yang sangat jernih, hal ini disebabkan struktur pulau buton tengah didominasi oleh batuan karst. Salah satu gua yang sering menjadi tujuan wisatawan adalah Gua Koo di mawasangka.

Secara administratif Gua Koo terletak di Desa Lantongau, Kecamatan Mawasangka  Tengah Kabupaten Buton Tengah dengan koordinat (LS :  5°19’47.94″S / BT : 122°21’53.02″T ) yang terletak sekitar 120 meter dari jalan raya.


Keindahan Gua Koo akan lebih nampak saat Kita berada didalam gua, atau tepat di depan kolam gua. Dari sini, akan terlihat jelas struktur dinding gua, air yang jernih, dan hijaunya vegetasi disekeliling gua, menambah daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Gua ini masuk dalam kategori gua semi vertical, dari atas gua Kamu harus turun melewati tangga yang sudah disediakan. Kedalam gua sekitar 30 meter dengan kemiringan 45 derajat. Di gua ini terdapat kolam yang sangat luas, kira kira lebarnya 15-20 meter denga kedalaman sekitar 7-10 meter.

Air yang berasal dalam gua ini tidak pernah mengalami kekeringan, wajar kalau warga memanfaatkan air gua ini untuk di konsumsi, sehingga pengelola wisata gua sangat melarang jika ada wisatawan yang ingin turun berenang. Airnya pun sangat jernih, jika di perhatikan lebih dekat permukaan dasar gua dapat terlihat jelas.


Dari atas gua, akan terlihat dua kolam ini berbentuk mirip paru paru manusia. Saat hari telah siang, maka air gua ini terlihat gelap, ini disebabkan karena berkurangnya sinar matahari yang masuk.  Jadi waktu yang ideal untuk mengunjungi destinasi gua koo ini sebaiknya dipagi hari, saat matahari masih menyinari permukaan gua.

Untuk sampai di Desa Lantongau, Kamu dapat menggunakan transportasi umum dari terminal Wamengkoli menuju Mawasangka yang berjarak sekitar 50 km, atau sekitar 1 jam 20 menit. Tentunya perjalanan tidak akan terasa lama, karena kondisi jalan yang mulus dan pemandangan laut disepanjang perjalanan akan memanjakan matamu.



Walaupun Buton Tengah terkenal dengan julukan seribu gua, bukan berarti Buton Tengah tidak memiliki destinasi lainnya. Selain keindahan gua koo, di kabupaten ini terdapat wisata bahari yang tak kalah menarik dari destinasi lain, sebut saja seperti pantai mutiara, Danau Oemamba, Pantai Wantopi dan masih banyak lagi wisata lainnya.  Jika berkunjung ke buton tengah, pastikan Kamu mengunjungi salah satu destinasi wisatanya. Salam jelajah.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post