Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Spot Terbaik di Pulau Sombori yang Wajib Kamu Kunjungi

Jelajahsultra.com - Nama Pulau Sombori sudah tidak begitu asing dikalangan traveller, karena bentang alamnya yang mempesona menjadikan sombori salah satu tujuan utama para penggiat alam. 

Berbeda dengan spot pulau labengki, pulau sombori merupakan hamparan pulau pulau kecil yang berada di Desa mbokita, Kab. Morowali Sulawesi Tengah. 

Kelebihan dari pulau ini adalah banyaknya spot yang instagramable dan tak kalah dengan destinasi lainnya diindonesia. 

Jika kamu ingin mengunjungi semua spot yang ada disini, sebaiknya kamu mempersiapkan trip selama 3 sampai 4 hari, tapi bukan berarti kamu tidak bisa menikmati alam sombori karena keterbatasan waktu, untuk trip sombori kamu bisa mengunjungi spot spot mana saja yang sangat direkomendasikan. 

Inilah 7 spot terbaik yang bisa kamu kunjungi di Pulau Sombori versi jelajah sultra.

1. Pulau Kayangan

Pulau ini berada disebelah barat dari desa mbokita, dari puncak pulau, kamu akan disuguhkan pemandangan laut biru yang luar biasa. Seakan akan kamu enggan meninggalkan tempat ini.

Akses ke puncakpun sangat mudah, jalan dari pelabuhan kecil sampai kepuncak sudah dibuat jalan setapak. Saat kamu berada dipuncak, kamu harus tetap berhati hati, karena kondisi puncak tidak semua  dipagari. Spot ini adalah spot yang paling wajib dikunjungi, 

2. Rumah nenek

Spot yang paling dirindukan para traveller setelah menginjakkan kaki dirumah nenek. Saat kamu berada diteras rumah, kamu akan melihat kolam pribadi yang sangat luas, airnya yang bening, sampai dasar lautpun kelihatan dengan jelas. 

Sejak nenek penghuni rumah ini meninggal (17 Januari 2020) kamu sudah tidak akan mendapatkan suguhan kopi dan pisang goreng dari nenek. walaupun begitu, kamu masih tetap menikmati alam dan bermain perahu tradisional dihalaman rumah nenek.

3. Gua Berlian

Dari desa mbokita, masih begitu jelas mulut gua berlian terlihat, mengarah sebelah timur dari desa dengan jarak 1,5 KM kamu telah sampai di gua ini. 

Gua ini diberi nama gua berlian, karena masyarakat desa melihat permukaan batu yang ada didalam gua diselimuti kaca-kaca kecil dan bening, sehingga tampak seperti berlian. 

Didalam dunia caving, stalakmit tersebut disebut gourdam (Berbentuk seperti bendungan mirip petakan sawah, yang terbentuk ketika pengendapan air (H2O), zat asam arangnya (CO2) menghilang dan menyisakan kalsit yang bersusun – susun)

Daya tarik lainnya, saat matahari berada tepat jam 11 pagi, nampak sinar matahari dari langit gua, spot ini mirip dengan gua jomblang di jogja.

4. Gua Allo

Gua allo adalah gua unik yang ada di sombori, mulut gua ini langsung berhadapan dengan laut, bahkan pada saat air pasang, air memenuhi dasar gua. 

Untuk masuk kedalam gua kamu tidak perlu berbasah basah, tepat didepan gua sudah disiapkan dermaga dan jembatan yang menuju langsung ke mulut gua. 

Keunikan lainnya, didalam gua ini terdapat lobang seperti danau kecil yang terisi air dan selalu mengikuti pasang surut air laut. karena kondisinya yang gelap, maka jarang wisatawan yang mau masuk melihatnya.

5. Air Kiri

Diberi nama air kiri, karena air tawar yang keluar dari betu berada disebelah kiri pantai. Biasanya digunakan para nelayan yang singgah beristirahat atau berteduh dari gelombang. 

Air tawar ini sangat bermanfaat bagi para nelayan dan wisatawan yang kehabisan persediaan air tawar. Pada saat air laut sedang surut, maka akan tampak jelas pasir timbulnya.

6. Pantai Marege

Pantai pasir putih yang memanjakan mata, posisinya masih sangat dekat dengan teluk bunga anggrek. Pantai ini sangat cocok untuk beristirahat, makan siang atau sekedar bermain air di pantai. Pasir putih yang halus dan air yang bening akan menambah keseruan liburanmu. 

7. Teluk Bunga Anggrek

Spot ini masih jarang dikunjungi wisatawan, karena letaknya yang jauh dan tertutup. Teluk kecil ini memiliki pulau kecil ditengahnya yang dipenuhi tumbuhan anggrek. Lokasi teluk biasa juga dijadikan tempat berteduh nelayan dari gelombang dan angin yang besar.

Nah dari 7 Spot Terbaik Pulau Sombori diatas, tentunya kamu ingin mengunjungi semua spot tersebut. Jika kamu ingin jasa pemandu dari travel kami, kamu bisa hubungi kami via whatsapp atau kunjungi daftar paket murah ke pulau labengki dan sombori.