7 Spot Terbaik Di Pulau Sombori


Jelajahsultra.com - Nama Pulau Sombori sudah tidak begitu asing dikalangan traveller, karena bentang alamnya yang mempesona menjadikan sombori salah satu tujuan utama para penggiat alam. seperti yang kita ketahui, pulau sombori adalah hamparan pulau pulau kecil yang berada di desa mbokita, kab. morowali sulawesi tengah. 

kelebihan dari sombori adalah banyaknya spot yang instagramable dan tak kalah dengan destinasi lainnya diindonesia. Jika kamu ingin mengunjungi semua spot yang ada disini, sebaiknya kamu mempersiapkan trip selama 3 sampai 4 hari, tapi bukan berarti kamu tidak bisa menikmati alam sombori karena keterbatasan waktu, untuk trip sombori kamu bisa mengunjungi spot spot mana saja yang sangat direkomendasikan. inilah 7 spot terbaik yang bisa kamu kunjungi selama 2 hari 1 malam versi jelajah sultra.

1. Pulau Kayangan
pulau ini berada disebelah barat dari desa mbokita, dari puncak pulau, kamu akan disuguhkan pemandangan laut biru yang luar biasa. seakan akan kamu enggan meninggalkan tempat ini. akses ke puncakpun sangat mudah, jalan dari pelabuhan kecil sampai kepuncak sudah dibuat jalan setapak. saat kamu berada dipuncak, kamu harus tetap berhati hati, karena kondisi puncak tidak dipagari.

2. Rumah nenek
spot yang paling dirindukan para traveller setelah menginjakkan kaki dirumah nenek. saat kamu berada diteras rumah, kamu akan melihat kolam pribadi yang sangat luas, airnya yang bening, sampai dasar lautpun kelihatan dengan jelas. sejak nenek penghuni rumah ini meninggal (17 Januari 2020) kamu sudah tidak akan mendapatkan suguhan kopi dan pisang goreng dari nenek. walaupun begitu, kamu masih tetap menikmati alam dan bermain perahu tradisional dihalaman rumah nenek.

3. Gua Berlian
Dari desa mbokita, masih begitu jelas mulut gua belian kelihatan, mengarah sebelah timur dari desa dengan jarak 1,5 KM kamu telah sampai digoa ini. gua ini diberi berlian, karena masyarakat desa melihat permukaan batu yang ada didalam gua diselimuti kaca kaca kecil dan bening, sehingga tampak seperti berlian. Didalam dunia caving, stalakmit tersebut disebut gourdam (Berbentuk seperti bendungan mirip petakan sawah, yang terbentuk ketika pengendapan air (H2O), zat asam arangnya (CO2) menghilang dan menyisakan kalsit yang bersusun – susun)

Baca juga : 
Spot Terbaik Pulau Labengki
Wisata Labengki - Sombori 2 Hari 1 Malam

4. Gua Allo
Gua allo adalah gua unik yang ada di sombori, mulut gua ini langsung berhadapan dengan laut, bahkan pada saat air pasang, air memenuhi dasar gua. untuk masuk kedalam gua kamu tidak perlu berbasah basah, tepat didepan gua sudah disiapkan dermaga dan jembatan yang menuju kemulut gua. keunikan lainnya, didalam gua ini terdapat lobang seperti danau kecil yang terisi air dan selalu mengikuti pasang surut air laut. karena kondisinya yang gelap, maka jarang wisatawan yang mau masuk melihatnya.

5. Air Kiri
diberi julukan air kiri, karena air tawar yang keluar dari betu berada disebelah kiri pantai. biasanya digunakan para nelayan yang singgah beristirahat atau berteduh dari gelombang. air tawar ini sangat bermanfaat bagi nelayan dan wisatawan yang kehabisan persediaan air tawer. pada saat air laut sedang surut, maka akan tampak jelas pasir timbul.

6. Pantai Marege
Pantai pasir putih yang memanjakan mata, posisinya masih sangat dekat dengan teluk bunga anggrek. pantai ini sangat cocok untuk beristirahat, makan siang atau sekedar bermain air dipantai. pasir putih yang halus dan air yang bening akan menambah keseruan liburanmu. 

7. Teluk Bunga Anggrek
Spot ini masih jarang dikunjungi wisatawan, karena letaknya yang jauh dan tertutup. teluk kecil ini memiliki pulau kecil ditengahnya yang dipenuhi tumbuhan anggrek. lokasi teluk biasa juga dijadikan tempat berteduh nelayan dari gelombang dan angin yang besar.



Dari 7 spot sombori diatas, mana yang paling kamu ingin kunjungi?