Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nikmati Cantiknya Puncak Harapan Bombana

Bombana menjadi salah satu Kabupaten yang memiliki hamparan bukit bukit dan savana terbesar di Sulawesi Tenggara. Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai masuk dalam wilayah 4 kabupaten. Masing-masing yaitu Kabupaten Konawe seluas 6.238 Ha, Kabupaten Konawe Selatan seluas 40.527 Ha, Kabupaten Kolaka seluas 12.824 Ha dan Kabupaten Bombana seluas 45.605 Ha

Rumah bagi hewan hewan endemik ini memiliki keindahan alam yang memesona. Mulai dari hutan bakau, rawa hingga bukit bukit hijau yang eksotis selalu membuat wisatawan betah berlama-lama untuk menikmatinya.

Ada banyak destinasi menarik di Kabupaten Bombana yang dapat Anda kunjungi. Selain padang pajjongang, bukit punggung kuda, Anda juga harus mengunjungi Puncak Harapan yang terkenal dengan hamparan bukit bukitnya. Berada di puncak 318 mdpl, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hutan dan laut. Hamparan laut dan pepohonan nan hijau akan membuat Anda terasa tenang di sini. Setelah berada di puncak, Anda tinggal menunggu datangnya sunset / sunrise. 

Puncak Harapan Bombana

Puncak yang menawarkan pemandangan perbukitan yang melintang sejauh 10 km, dimana sisi utara wisatawan akan disuguhkan bentangan hutan yang hijau, dan disisi selatan Anda akan disuguhkan hamparan laut yang berhadapan dengan pulau kabaena. Waktu ideal kepuncak dilakukan sore hari sehingga saat tiba dipuncak, wisatawan dapat juga menikmati sunset.

Karena kondisi medan yang sulit, maka sangat disarankan agar setiap pengunjung yang datang sebaiknya nginap dipuncak, karena saat malam hari suasana dan udara pegunungan akan semakin terasa.

Lokasi puncak harapan

Puncak harapan berada di desa Puu Lemo, Kec. Poleang Timur, Bombana, tepatnya berada di koordinat ini (lokasi camp) Panjang area perbukitan kurang lebih 10 KM, jadi desa puu lemo bukanlah satu satunya akses ke puncak, hampir semua desa di wilayah perbukitan ini, dapat dijadikan jalan masuk ke puncak. 

Akses menuju ke puncak harapan

Dari Kota kendari menuju Kabupaten Bombana tepatnya di desa puu lemo  ditempuh sejauh 210 KM, dengan estimasi waktu selama 5 jam. Sedangkan jika dari Kabupaten Kolaka menuju puncak harapan dapat ditempuh sejauh 140 km dan ditempuh selama 3 jam. Kemudian, setelah tiba di desa dilanjutkan dengan berjalan kaki selama dua jam dengan jarak tempuh sejauh 3 km, waktu perjalanan tidak menentu, semua tergantung fisik dan lokasi camping saat tiba dipuncak. Kondisi medannya landai dan terjal.