Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Embung Laduyu, Keindahan Alam yang Tersebunyi

Embung atau cekungan penampung merupakan bangunan konservasi air berbentuk kolam untuk menampung air hujan dan air limpahan atau air rembesan. Embung akan menyimpan air di musim hujan, kemudian airnya dapat dimanfaatkan pada musim kemarau atau saat kekurangan air. Selain manfaat dari embung yang menyimpan persedian air, embung juga dapat dimanfaatkan sebagai lokasi wisata, salah satunya embung laduyu yang berada di Kabupaten Kolaka Timur.

Embung laduyu mempunyai keindahan tersendiri yang berbeda dari embung pada umumnya yang berada di Sulawesi Tenggara, pasalnya Embung laduyu memiliki aliran kali kecil dan diapit oleh pegunungan.

Embung laduyu  memiliki panjang lingkaran kurang lebih 400 meter dengan kedalaman 1 – 6 meter. Danau yang terbentuk secara alami ini berasal dari aliran kali kecil dari kawasan pegunungan yang mengelilinginya. Walaupun saat ini sudah beralih fungsi menjadi bendungan, namun suasa alaminya masih sangat terjaga. 

Embung laduyu  memiliki keindahan yang sangat mempesona dan begitu indah sehingga mampu menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang gemar dengan petualangan. Karena destinasi ini belum resmi menjadi tempat wisata, sehingga masih jarang yang datang berkunjung. Suasana pagi ditempat ini sangat menakjubkan, saat kabut menyelimuti danau dan suara air mengalir, akan memanjakan para pengunjung. 

Selain kesan sejuk dan alami, hal lain yang ditawarkan danau ini adalah pengunjung dapat bermain kano mengelilingi danau, namun tidak disarankan untuk berenang.  Disisi utara dari embung ini, terdapat lokasi landai yang berada dekat dengan aliran kali, disini lokasi ideal untuk mendirikan tenda. 

Lokasi Embung laduyu 

Embung laduyu  berada di Desa Tawarombadaka, Kec. Tinondo, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, cek peta disini

Akses Menuju Lokasi Wisata Embung laduyu

Bagi pengunjung yang berasal dari Kota Kendari, dapat menggunakan  transportasi roda dua atau roda empat dengan tujuan Kantor desa talodo Kecamatan Lalolea Kabupaten Kolaka timur. Dengan jarak 121 KM atau sekitar 2 jam 30 menit. Sesampainya di Kantor Desa, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menuju embung laduyu desa tawarombadaka dengan jarak 10 KM atau kurang lebih selama 30 menit waktu perjalanan.