Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Alam Rawa Molara Desa Lamonae

Konawe Utara menjadi surganya para petualang, bagaimana tidak, bentang alam Kabupaten ini menawarkan sensasi wisata yang tidak pada umumnya. Sebut saja Rawa Molara, salah satu destinasi yang baru saja viral di jagad media sosial.

Rawa Molara sendiri merupakan sebuah rawa alami yang letaknya berada di desa Lamonae kecamatan Wiwirano Kabupaten Konawe Utara. Rawa ini berada di sebuah lembah yang  dipisahkan oleh sungai lalindu dan kawasan karst matarombeo. Diameter rawa sepanjang 3 km, Rawa Molara menyajikan keindahan alam yang begitu memesona.

Lokasi Rawa Molara cukup mudah diakses.  Rawa Molara terletak di Jalan trans Sulawesi, tepatnya depan pasar sentral lamonae dan dilanjutkan memasuki lorong sejauh 3,5 KM dan tracking sejauh 900 meter.

Daya tarik wisata rawa molara lamonae

Pemandangan alam yang ditawarkan desa ini, mirip dengan pemandangan yang ada di desa padalere utama, dimana wisatawan dapat menikmati kabut pagi dibawah tebing tebing cadas matarombeo. Namun ada hal yang memberdakannya.

Jika di desa padalere utama kita dapat menikmatinya melalui bukit bukit hijau, di desa lamonae kita dapat menikmati kabut di hamparan rawa dan padang rumput yang luas. Uniknya lagi, di kawasan rawa ini terdapat tiga pulau kecil yang berdekatan.

Tak hanya pemandangan alam saja, di rawa molara ini kita dapat mengamati berbagai macam satwa yang hidup berdampingan, seperti sapi, kerbau, burung bangau, belibis, elang, dan berbagai macam satwa lainnya.

Saat subuh, embun akan menutupi permukaan tebing, fenomena ini dapat disaksikan sampai siang hari pada pukul 11:00. Untuk mendapatkan pemandangan yang sempurna, sebaiknya kalian menginap atau camping disekitar rawa. 

Aktraksi Wisata

Camping adalah cara terbaik untuk menikmati semua moment di tempat ini, selain itu beragam kegiatan yang bisa menjadi pilihan, seperti pengamatan satwa menggunakan teropong, bermain kano, memancing, mendirikan tenda alam, atau memotret panorama. 

Kalau waktu berwisata lebih banyak, mungkin teman teman bisa melakukan semua aktraksi seperti diatas, atau juga bisa melakukan acara family gathering bersama teman kantor. Tempat ini sangat rekomendet juga untuk wisata massal, tetapi perlu memperhatikan sampah sampah yang diproduksi wajib untuk dibawah pulang, karena belum adanya pengelola resmi dan fasilitas seperti tempat penampungan sampah.

Akses ke Rawa Molara


Dari Kota Kendari menuju desa lamonae dapat ditempuh selama 4 sampai 5 jam dengan jarak 185 KM. Setelah sampai di Pasar sentral lamonae, (pos 1) kemudian melewati lorong sebelah kiri (pos 2) menuju perempatan masjid fastabiqul khairat, dan dilanjutkan jalur kanan menuju (pos 3) nah dari sini dilanjutkan melewati kebun sawit sepanjang 700 meter menuju tempat parkir kendaraan (pos 4) dan tracking sepanjang 900 meter menuju lokasi camping (pos 5)

Jika terlalu ribet untuk diikuti, kami sarankan menggunakan guide lokal yang tinggal dibagian masjid fastabiqul khairat (pos 2). dari warga, kalian bisa dengan mudah mendapat informasi jalur ke rawa molara.