Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Alam Bukit Teletubbies Wumbubangka, Pemandangan Unik Hanya Bisa Ditemukan di Sultra

Bukit Teletubbies Desa Wumbubangka di Kabupaten Bombana menjadi destinasi wisata baru yang mampu menjadi magnet bagi siapa saja yang melihatnya.

Kabupaten Bombana memiliki puluhan bukit Teletubbies yang mengagumkan, diantaranya yang telah lebih dikenal seperti bukit modus, bukit tinabite dan bukit  teletubbies poleang.

Bukit Teletubbies Desa Wumbubangka  belakangan ini sering muncul dilinimasa media sosial yang disebut-sebut sebagai tempat terbaik untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga maupun sahabat.

Bukit Teletubbies ini terletak di Desa Wumbubangka , Kecamatan Rarowatu Utara, Kabupaten Bombana, Sulawesi tenggara. Warga sekitar biasa menyebutnya dengan nama bukit punggung kuda, memiliki hamparan ilalang dan savana yang membentang sangat luas.

Bahkan sepanjang mata memandang disekitarnya, kita hanya melihat gundukan atau bukit-bukit yang mirip punggung kuda, sehingga tak heran kalau bukit ini dinamakan bukit punggung kuda.

Keunikannya, dibawahnya terdapat danau yang memiliki luas 51.921,98 m² dengan jarak total 1,56 km dan kedalamannya mencapai 2 meter. Danau ini yang menjadikan tempat wisata ini berbeda dengan bukit-bukit teletubbies lainnya, bukan hanya pemandangan padang sabana, tetapi juga kita bisa menikmati kesegaran air danau.

Kita bisa bermain kano dan mengelilingi danau, melewati pohon-pohon mati yang dijadikan sebagai sarang burung-burung elang. Hal ini juga yang menambah keasrian pemandangan bukit.

Air danau ini berasal dari celah bukit yang terus mengalir, sehingga aman untuk dikonsumsi, air danau ini juga menjadi satu-satunya sumber air bagi masyarakat setempat.

Pengunjung bisa mendirikan tenda dipinggir danau tepat dibawah pohon, karena rumput disekitar camp sangat kering, maka tidak direkomendasikan untuk membuat perapian untuk menghindari kebakaran.

Akses menuju danau wumbubangka atau lokasi camping

Dari kota kendari menuju ke titik https://goo.gl/maps/pMyGRCQUYnQHFTcN9  jika telah samapi di titik, kemudian menuju titik https://goo.gl/maps/GKqbXpAsvHHhtJfS9 dari sini belok kanan sampai ke pertigaan https://goo.gl/maps/FMJbjB4L9geYpq6G8 (mes pekerja karyawan PT. JHONLIN) di titik star ini kita bisa menitipkan kendaraan kepada penghuni mes.

Perjalanan tacking di mulai dari pertigaan jalan, mendaki mengikuti jalur sejauh 500 meter. Estimasi tracking selama 15-20 menit, mendaki, menuruni bukit dan melewati kali kecil, setelah itu sampailah di area camping. Jika takut tidak menemukan lokasi, sebaiknya bertanya ke warga desa atau membawa pemandu yang telah menguasai area destinasi.

Jadi, Wisatawan yang ingin datang ke Bukit Teletubbies, jangan ragu untuk mencoba menjajal salah satu wisata terbaik di Bombana yakni Bukit Telletubbies Wumbubangka. Salam menjelajah.