Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indahnya Pulau Kartika, Hidden Gem di Konawe Selatan

Foto Instagram Iki_sanusi

Ketika memilih tempat untuk berlibur, kini orang-orang lebih sering mencari tempat yang baru dan jarang diketahui oleh banyak orang, atau istilahnya adalah “Hidden Gem”. 

 

Nah buat kamu yang ingin liburan yang anti mainstream, Pulau Kartika bisa jadi tempat destinasi rekreasi terbaik buat kamu. Lantas seperti apa sih lokasinya dan apa saja daya tariknya? Berikut penjelasannya.

 

Mengenal Wisata Pulau Kartika

Pulau Kartika adalah sebuah pulau yang terletak di Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Pulau ini diapit oleh dua pulau lain yakni Pulau Lara dan Pulau Senja dan membentuk gugusan pulau di pesisir Moramo Utara. Luasnya pun tidak terlalu besar sehingga garis pantainya pun juga tak terlalu panjang bila dibandingkan dengan pulau besar lainnya.

 

Daya Tarik Wisata Pulau Kartika

Seperti spot wisata di pesisir Sulawesi Tenggara lainnya, daya tarik utama terletak pada keindahan baharinya. Tapi ada satu hal yang membedakan antara wisata Pulau Kartika dengan tempat lain yakni kemurnian alamnya. Disini belum ada pembangunan secara besar-besaran sehingga pemandangan alamnya masih asri dan murni layaknya pulau yang belum terjamah manusia.

 

Dari bentuk geografis, warna pasirnya berwarna putih, kemudian air lautnya sangat jernih, dan di sisi belakang pulau terdapat formasi batuan Karst yang kokoh menjulang tinggi. 

 

Selain itu kamu juga bisa mengunjungi Pulau Lara dan Pulau Senja dengan menggunakan kapal penyeberangan Bisa dibilang feel yang kamu dapatkan disini seperti berlibur di pulau pribadi dimana kamu bisa bebas dan melepas segala kepenatan.

 

Akses Menuju Wisata Pulau Kartika

Nah untuk aksesnya ternyata cukup mudah kok! Pertama dari Kota Kendari, kamu menuju ke tempat penyeberangan di Desa Wawatu, Moramo Utara menggunakan kendaraan roda dua atau empat dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 45 menit. 

 

Setelah itu kamu bisa naik kapal penyeberangan langsung menuju Pulau Kartika dengan jarak tempuh 15 menit. Untuk tarif penyeberangan kamu hanya cukup merogoh kocek sebesar 250 hingga 300 ribu rupiah untuk perjalanan pulang dan pergi.

 

Nah itu tadi penjelasan singkat tentang keindahan Pulau Kartika. Jadi apakah kamu berminat untuk berlibur di Hidden Gem satu ini?