Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ada Hutan Purba di Gua Bangkudu Muna Barat

Tim jelajah sultra bersama Dinas Pariwisata Muna Barat foto bersama di dalam chamber gua bangkudu.

Gua Bangkudu adalah salah satu destinasi wisata minat khusus yang ada di Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra). Gua yang berada di Desa Lalemba, Kecamatan Lawa, Kabupaten Muna Barat ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh gua lainnya.

Pasalnya, Gua Bangkudu memiliki chamber (Aula) yang cukup luas dan mempunyai vegetasi di dalamnya. Tanaman hijau yang berada di chamber gua ini sangat kontras sehingga membuatnya nampak indah dipandang.

Tim Jelajah Sultra menyempatkan waktu untuk mengunjungi gua bangkudu ini, bersama tim Disparbud Mubar yang dipimpin langsung oleh Kadis Al Rahman pada jumat 1/4/2022.

Dari hasil pantauan, gua ini memiliki daya tarik tersendiri, dimana panjang gua mencapai 200 meter dan ukuran lebar gua berbeda-beda, mulai dari pintu masuk, chamber, ruangan dan pintu keluar.

Al Rahman mengatakan gua ini sudah lama digunakan masyarakat setempat sebagai lokasi pengambilan air dan sebagai tempat berlindung.

“Awalnya kami mendapatkan informasi keberadaan gua ini melalui masyarakat dan sampai saat ini masih dimanfaatkan sebagai sumber air masyarakat yang berkebun,” ungkapnya.

Nantinya gua bangkudu akan dijadikan lokasi wisata alam dan wisata pendidikan bagi yang ingin meneliti lebih detail terkait umur dan karakter gua ini.

“Gua ini akan Kita jadikan dalam daftar tempat wisata petualangan baru di Muna Barat dan juga akan menjadi destinasi bagi para peneliti gua,” tutupnya.

Uniknya lagi, Gua Bangkudu terletak sangat dekat dengan pemukiman masyarakat. Dari jalan poros, hanya  berjalan kaki sejauh 1,2 Kilo meter dengan waktu tempuh selama 30 menit.