Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tempat Wisata Terbaik & Paling Terkenal di Muna Barat

Tempat Wisata Terbaik Kabupaten Muna Barat
Tempat Wisata Terbaik Kabupaten Muna Barat

Kabupaten Muna Barat (Mubar) adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara. Pada tahun 2014, Mubar resmi mekar dari Kabupaten Muna. Ibu kota Kabupaten Muna Barat terletak di Desa Laworo, kecamatan Sawerigadi

Kabupaten Muna Barat memiliki banyak tempat wisata sejarah untuk wisata alam, diantaranya adalah benteng tua dan yang paling populer wisata bahari pulau Indo.

Keberadaan Bandar Udara Sugi Manuru sangat membantu wisatawan yang ingin berkunjung ke Mubar. Sehingga potensi wisata alam Muna Barat harus bisa lebih maju dari pariwisata daerah lainnya.

Bagi Kamu yang penasaran dan ingin melihat keindahan wisata alamnya,  berikut Tempat Wisata Terbaik & Paling Terkenal di Kabupaten Muna Barat.

1. Permandian Wakante

Permandian Wakante adalah salah satu destinasi favorit di Muna Barat, hampir semua kalangan datang berkunjung kesini. Apalagi saat akhir pekan di hari Sabtu dan Minggu, Permandian ini sangat ramai dikunjungi.

Kamu bisa menikmati kesegaran airnya, berendam dan berenang didalam kolam permandian. Saat matahari terik, kamu tidak perlu kuatir akan terkena langsung sinar UV, karena permandian ini dikelilingi pohon pohon besar dan lebat. 

Permandian Wakante berada di Desa Latugho Kecamatan, Lawa. Hanya berjarak 19 Km atau sekitar 30 menit dari Bandara Sugi Manuru. Atau jika kamu dari Raha, Ibu Kota Kabupaten Muna, kamu dapat menempuh waktu sekitar 35 menit. 

2. Permandian Matakidi

Wisata muna barat
IG : yasser_rakah

Tak jauh dari permandian wakante, ada satu permandian yang mirip dengan wakante,namanya Permandian matakidi. Kedua pot wisata ini saling berdekatan, hanya berjarak 2 Km. Wisata ini berada di Desa Barangka, Kecamatan Barangka.

Air di kolam permandian matakidi tidak pernah mengalami kekeringan, sehingga menjadi sumber air bagi masyarakat sekitar yang dimanfaatkan untuk mandi dan mencuci. 

Saat kamu berada disini, kamu akan tergiur untuk segera berendam dan berenang. Airnya yang bening dikelilingi hijaunya tanaman hutan, membuat wisata ini semakin indah.

Saat sore hari, kamu akan melihat anak-anak kecil berenang dan bermain di kolam matakidi. Tak heran kalau permandian ini menjadi salah satu tujuan wisatawan saat berada di Muna Barat. 

3. Telaga Kasiono Oe

empat Wisata Terbaik & Paling Terkenal di Kabupaten Muna Barat
Telaga Kasiono Oe

Spot wisata lainnya yang juga tak kalah menarik yakni Telaga Kasiono Oe. Sebuah telaga yang menawarkan sensasi penorama alam. Lokasi ini sangat cocok untuk kamu yang hobi fotgrafer. 

Telaga ini berada di Desa Lapadaku, Kecamatan Lawa. Nama Telaga Kasiono Oe ini berasal dari bahasa Muna yang artinya air yang surut.

Di Telaga Kasiono Oe, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang unik, mirip dengan danau di moramo konawe selatan

Aktifitas yang bisa kamu lakukan disini seperti, mengelilingi danau menggunakan perahu sewa, mencari angel foto, mengamati flora fauna atau berswafoto di gundukan telaga. 

4. Benteng Tiworo

Benteng Tiworo merupakan salah satu situs bersejarah dari Kerajaan Tiworo. Bentang alam dan keindahan dari benteng ini masih dapat kita saksikan hingga saat ini. 

Benteng Tiworo berada di Desa Tiworo, Kecamatan Tiworo Kepulauan. Benteng yang terbentang seluas dua hektar ini telah mengalami pemugaran, demi kelestarian benteng. 

Sama dengan benteng pada umumnya, Benteng Tiworo juga terbuat dari bebatuan kecil dan besar yang tersusun rapi, tingginya juga bervariasi, antara tiga sampai empat meter. 

Bagi kamu yang suka dengan wisata sejarah, Benteng tiworo muna barat patut untuk kamu kunjungi, agar dapat menambah wawasan dan pengalaman baru.

5. Pantai Pajala

Tempat Wisata Terbaik & Paling Terkenal di Kabupaten Muna Barat
ig : ipmawati_hasnha

Pantai pajala atau lebih dikenal dengan nama bone kadea adalah sebuah pantai cantik disisi barat pulau muna. Pantai ini terletak di Desa Pajala, Kecamtan Maginti. 

Jika di lombok ada objek wisata bernama pantai pink, di pantai pajala kamu akan menemukan warna pasir yang berwarna merah. 

Pesona alam yang ditawarkan di pantai ini adalah butiran pasirnya yang berwarna kemerahan di sepanjang garis pantainya. Keunikan pasir inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan terhadap destinasi wisata pantai Pajala.

Bagi kamu yang ingin kesini, kamu tidak perlu cemas atas fasilitas dari destinasi ini. Di pantai pajala telah dilengkapi fasilitas umum seperti gazebo, tempat ibadah, toilet, dan warung disekitar pantai yang menyediakan aneka makanan dan minuman untuk para wisatawan.

6. Pulau Indo

Pulau Indo Muna Barat
Pulau Indo Muna Barat

Wisata pulau indo merupakan salah satu wisata paling populer di Muna Barat. Tentu bagi para penjelajah, nama pulau ini sudah tidak asing didengar.

Pulau indo ini berada di gugusan kepulauan tiworo. Untuk mengunjunginya, wisatawan dapat menyewa perahu para nelayan. Harganyapun bervariasi, tergantung ukuran dan kecepatannya.

Di pulau ini para wisatawan dapat menikmati keindahan pantai pasir putih, menikmati keidahan laut, dan wisatawan juga dapat menunggu sanset saat sore hari.

Karakter Pulai indo ini mirip dengan pulau bokori yang berada di Kabupaten Konawe. hanya saja ukuran pulau ini relatif labih kecil. 

Jika kamu ingin kesini, kamu bisa menyewa kapal tradisonal yang mudah kamu dapatkan dipesisir tiworo. Lama perjalanan yang akan ditempuh sekitar 10-15 menit. 

7. Pulau Gala Kecil

Tempat Wisata Terbaik & Paling Terkenal di Kabupaten Muna Barat
Pulau Gala Muna Barat

Pulau Gala teerdiri dari dua pulau, yakni pulau gala kecil dan pulau gala besar. Pulau gala kecil lokasinya berdekatan dengan pulau muna. 

Pulau Gala Kecil memiliki daya tarik berupa hamparan pasir putih bersih. Saat air sedang surut, akan nampak pasir timbul sepanjang 1 Km. 

Berbeda dari Pulau Gala, Pulau Gala Kecil ini tidak berpenghuni, sehingga kamu bebas menikmati keindahan pulau ini.

Itulah 7 Tempat Wisata di Kabupaten Muna Barat yang bisa kamu jadikan referensi liburanmu. Bagikan artikel ini ke teman-teman terdekat dan ajak mereka untuk menjelajahi setiap destinasi Muna Barat. Untuk informasi seputar tempat wisata menarik lainnya cek blog Jelajah Sultra