Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menikmati Keindahan Alam Air Terjun Wakawea Buton Utara

Pada artikel sebelumnya, Saya sudah mengulas 7 destinasi terbaik di Buton Utara. Kali ini saya akan mengulas destinasi menarik lainnya yang lagi ramai dibicarakan di Buton Utara.

Buton utara mempunyai banyak pilihan destinasi wisata yang indah. Salah satunya adalah Air Terjun Wakawea.

Air Terjun Wakawea merupakan destinasi wisata air terjun di Sulawesi Tenggara. Tepatnya terletak di Kelurahan Kambowa, Kecamatan Kambowa, Kabupaten Buton Utara. 

Kondisi tempat ini masih sangat alami dan asri karena belum diketahui oleh banyak orang. Penyebab utama tempat ini jarang dikunjungi adalah jaraknya yang sangat jauh dari Buranga, Ibu kota Kabupaten Buton Utara.

Lokasi wisata ini berjarak sekitar 30 Km dari buranga dan sekitar 83 Km dari kalisusu. Jalan menuju air terjun ini hanya jalan setapak melewati kebun warga dan aliran sungai gantara. 

Dari jalan poros di kelurahan Kambowa, perjalanan akan ditempuh selama 2 jam, dengan jarak 4,7 Km. 

Pemandangan di temapt ini sangat indah, bahkan tempat ini masih sangat alami. Jika Anda pertama kali datang ke sana mungkin akan ketagihan dan ingin datang lagi.

Selain bermain air dan menikmati keindahan air terjun, para pengunjung juga bisa berkemah di area kosong yang tersedia.

Para pengunjung harus berhati-hati ketika musim hujan, karena kondisi jalanan menjadi becek dan sulit untuk dilewati. Medan yang harus dilewati cukup landai dan terbuka. 

Kebanyakan pengunjung air terjun wakawea hanya berasal dari masyarakat lokal. Kurangnya informasi, sehingga tempat ini kurang familiar dikalangan penggiat alam. 

Sayangnya, air terjun ini kurang menarik jika dikunjungi saat musim panas. Debit air sungai menurun, dan membuat air terjun kurang elok dipandang. 

Waktu terbaik untuk berkunjung sabaiknya di akhir musim hujan, tepatnya di bulan agustus atau desember.

Belum ada fasilitas penunjang untuk para wisatawan, padahal air Terjun Wakawea ini dapat menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun wisatawan domestik.

Bukan hanya Air terjun wakawea, Buton Utara juga mempunyai banyak destinasi menarik lainnya. Jika Anda berlibur ke Buton Utara, tak ada salahnya jika Anda menyempatkan waktu berkunjung ke air terjun Wakawea.