Thursday, June 18, 2020

Menikmati Segarnya Air Terjun Tondopi Bombana

Jelajahsultra.com - Air Terjun tondopi yang terletak di ketinggian 83 mdpl, merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi para masyarakat Kota Bombana dan sekitarnya untuk melewati akhir pekan. Bagaimana tidak? Selain memiliki suasana yang sejuk dan segar, dataran rendah yang berada di Kecamatan Tontonunu ini ternyata memiliki tempat wisata yang berpotensial.


Lokasi
Air Terjun Tondopi terletak di Desa Puuwonua Kecamatan Tontonunu Kabupaten Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara. Tepatnya berada di koordinat 4°41'23.31"S / 121°42'49.07"E

Segarnya Air Terjun Tondopi Bombana
Dengan suasana pedesaan yang asri serta dikelilingi sawah menyelimuti perbukitan, di kawasan ini pengunjung juga dapat mengunjungi menikmati segarnya air terjun tondopi.

Air Terjun Tondopi memiliki kolam yang cukup luas, dengan panjang 17 meter dan lebar 8 meter. ticukup untuk menampung banyak pangunjung. Tinggi air terjun ini sekitar 20-25 meter berada pada ketinggian 83 mdpl.


Saat hari libur, tempat ini selalu dipenuhi oleh masyarakat setempat, tidak jarang juga wisatawan dari luar kota datang melihat dan menikmati langsung keindahan air terjun ini.

Dalam perjalanan masuk, Kamu akan melewati petakan petakan sawah yang berada di sebelah kiri dan kanan jalan, melihat aktivitas petani yang sedang mengolah maupun menanam padi. Selain itu sebelum sampai ke lokasi air terjun, Kamu juga akan melewati pematang sawah, dan jembatan dari pohon kelapa.

Bagi kamu yang ingin ke sini, sebaiknya jangan menggunakan sandal jepit dan gunakan tas yang berbahan waterproof, karena bias air terjun dapat membasahi barang bawaanmu.


Aksesbilitas
Dari Kota Kendari dapat ditempuh sejauh 189 KM melalui jalan poros Kendari – Andoolo, lama perjalanan sekitar 4 jam. Bagi warga kabupaten bombana dari kantor Bupati bisa ditempuh sejauh 35 KM, dengan waktu sekitar 50 menit.

Dari jalan poros bambaea tepatnya di desa toburi menuju air terjun ditempuh selama 8,8 KM. Dari parkiran kendaraan, dilanjutkan berjalan kaki sejauh 400 meter atau sekitar 10 menit dan sampailah di air terjun tondopi.

Cukup dekat bagi masyarakat Sultra yang suka dengan wisata minat khusus ini. Siapkan waktu dan ajak teman teman dekatmu datang berkunjung menikmati wisata alam Bombana.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post