Tuesday, April 28, 2020

Pesona Bukit Teletubbies Taman Nasional Rawa Aopa Bombana



Jelajahsultra.com - Kabupaten Bombana adalah kabupaten yang terkenal akan kekayaan alamnya sebagai Kabupaten penghasil emas yang ada di Provinsi Sulawesi Tanggara, bukan hanya itu, Kabupaten Bombana juga memiliki Taman Naional Rawa Aopa Watumohai seluas 1.050 km² yang menjadi tempat perlindungan satwa-satwa langka / endemik serta mencakup hutan hujan pegunungan rendah, hutan bakau, hutan pantai, hutan rawa air tawar dan padang savana.

Salah satu destinasi unik yang berada dalam kawasan Taman Nasional ini adalah padang savana atau bukit teletubbies yang terletak di Desa Tinabite lantari jaya Kecamatan Rumbia. Bukit teletubbies ini sudah tidak asing lagi ditelinga para penikmat alam, khususnya di Sultra.  Akses transportasinya masih tergolong mudah, jika dari Kota Kendari bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat, berjarak 130 KM dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam.



Satu satunya akses untuk dapat mencapai Desa Tinabite adalah dengan melalui jalur kawasan Taman Nasional Rawa Aopa. Saat melewati area TNRA Kamu akan disuguhan savanna dan hutan yang luas, tentunya ini akan menambah keseruan petualanganmu. Jika beruntung, Kamu akan melihat hewan khas Sulawesi tenggara yang dilindungi seperti monyet hitam (macaca Nigra), soa soa ( hydro Saurus amboinensis), kuskus kerdil (strigocuscus celebensis), rusa (rusa timurensis djonga), anoa (Bubalus sp) dan puluhan jenis burung endemic lainnya.

Setelah melewati kawasan Taman Nasional, Kamu akan masuk di area perkebunan tebu yang luasnya ribuan hektar. Sebelumnya, tempat ini merupakan tempat peternakan sapi, namun setelah beberapa tahun terakhir tempat ini telah dijadikan perkebunan tebu oleh salah satu perusahaan swasta di Sulawesi Tenggara. Ketika berada di area kebun tebu ini Kamu akan merasakan seperti berada disebuah labirin alam, nahhh kebayangkan serunya perjalanan ke bukit teletubbies ini.



Idealnya untuk menikmati dengan puas bukit ini, sebaiknya rencanakan untuk bermalam, sebab tanpa bermalam, Kamu tidak akan menemukan sunset, sunrise dan ribuan cahaya bintang dimalam hari. Saat berada di Bukit Teletubbies, kamu tidak akan menemukan canopy ataupun pohon tinggi yang bisa dipakai untuk berteduh dari sinar matahari. Karena itu ada baiknya selalu membawa kacamata, topi, ataupun sunblock. Belum adanya sarana amenitas, kamu harus lebih menyiapkan segala sesuatunya lebih matang sebelum kesini. Karena disekitar bukit, tidak ada rumah warga, toilet ataupun supermarket yang bisa dimanfaatkan.


Bagi Kamu yang ingin kesini, sebaiknya perhatikan musim atau cuaca yang tepat, karena waktu terbaik untuk mengunjungi bukit ini adalah saat dimusim panas, antara bulan agustus sampai desember. Tidak sedikit  juga wisatawan tersasar saat berada di kawasan TN, jadi sebaiknya kamu meminta pihak pengelola TNRA untuk menunjukkan jalan, atau mengajak teman yang sudah mengetahui lokasi destinasi.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post