Anoa binatang khas provinsi sulawesi tenggara


Anoa (Bubalus sp) adalah binatang yang spesies terbesarnya di Indonesia, khususnya di sulawesi tenggara. Sehingga provinsi sulawesi tenggara menggunakan kepala anoa sebagai simbol atau lambang daerah.  Umumnya habitat anoa hidup di tempat yang jauh dari jangkauan manusia dan menyukai sumber air permanen.

Anoa mempunyai habitat yang spesifik dengan komponen dan sebaran lokasi yang dapat menunjang kebutuhan pakan dan perilakunya dan pada lokasi yang terbuka seperti padang rumput atau hutan rimba jarang dihuni. Anoa berada di hutan tropika dataran, sabana (savanna), terkadang juga bisa dijumpai di rawa-rawa, mereka merupakan penghuni hutan yang hidupnya berpindah-pindah tempat. 

baik anoa dataran rendah maupun anoa dataran tinggi sudah tidak memiliki habitat yang khas lagi, artinya seringkali anoa dataran rendah dapat ditemukan di dataran tinggi dan sebaliknya anoa dataran tinggi juga sering dijumpai di daerah-daerah dataran rendah. Sekarng populasi anoa di alam diperkirakan semakin lama semakin menurun. 

di sulawesi tenggara, Anoa masih dapat dijumpai di pegunungan Mekongga, di hutan buton utara, konawe utara, kolaka timur, dan kabupaten konawe. taman nasional rawa aopa juga merupakan habitat anoa yang populasinya semakin menurun.