Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akses ke Desa Tangkeno Pulau Kabaena

Desa Tangkeno Kabaena

Desa Tangkeno merupakan salah satu desa yang menarik untuk dikunjungi. sebuah Desa yang terletak di kaki gunung Sabampolulu di atas ketinggian 1800 mdpl. secara administrasi, desa ini masuk dalam kecamatan Kabaena Tenggah dengan ibukota kecamatan Lengora. 

Ketika anda berada disana, anda  akan  menyaksikan panorama alam pegunungan  yang begitu sejuk dan dinginnya suhu udara disana.  

Tangkeno  juga termasuk kampung pertama dan tertua  di Kabaena yang dihuni oleh suku etnis Moronene Kabaena, sehingga budaya dan seni tradisi masih terjaga dari pengaruh budaya luar. 

Akses Ke Desa Tangkeno

Dari Kota Kendari kita akan menuju pelabuhan kasipute yang berada di Kabupaten Bombana, perjalanan akan memakan waktu selama 3 jam dengan jarak 152 KM. Nah, tiba di pelabuhan kasipute, dilanjutkan dengan perjalanan laut (Kapal Feri) selama 6 jam menuju desa dongkala dengan jarak 70 KM. 

Untuk harga kapal feri /orang anda membayar sebanyak Rp. 55.000 dan harga jasa muat motor sebanyak Rp. 85.000 total Rp 140.000 /orang, harga berlaku juga untuk pulang. Kapal ini beroperasi sekali dalam sehari, dari kasipute jam 6 pagi dan dari dongkala jam 2 pagi.

Jika anda naik kapal cepat tarifnya sebesar Rp. 165.000 dengan lama perjalanan 1 jam 45 menit, Jadwal kapal kayu sehari 1 kali perjalanan dan berangkat setiap hari pada jam 6 pagi. Sedangkan jadwal kapal cepat seminggu 2 kali pada hari Selasa dan Sabtu  dengan jadwal keberangkatan pada jam 7:30 pagi.

Setelah tiba di pelabuhan dongkala, perjalanan di lanjutkan menuju desa tangkeno, dengan jarak kurang lebih 25 KM, karena kondisi jalan dan penanjakan, sehingga perjalanan akan memakan waktu selama 3 jam, dan sampailah anda di Desa tangkeno, negeri di atas awan.