Monday, August 8, 2016

Tertarik Untuk Mendaki Gunung, Inilah 7 Tips Bagi Pendaki Pemula



Bagi seorang pendaki, gunung merupakan hobi yang berbahaya dan paling berpotensi terjadi kecelakaan, Pada umumnya berasal dari bahaya subjektif yaitu bahwa yang terjadi di bawah kendali manusia (pelaku kegiatan). Untuk itu hal utama yang perlu diperhatikan yaitu persiapan dan perilaku diri dalam melakukan pendakian. 

Mendaki suatu kegiatan alam bebas yang banyak diminati para anak muda, khususnya para pria. Dengan membawa carriel yang besar dan berhasil sampai di puncak gunung, menjadi cita cita para pendaki, tentunya dengan tujuan pulang dengan selamt. 

Walaupun tergolong sulit dan berbahaya, semua itu tergantung dari persiapan yang matang dan gunung apa yang akan didaki. Nah bagi kalian yang mulai tertarik dengan kagiatan mendaki, berikut beberapa tips mendaki untuk para pemula, agar perjalanan/pendakianmu aman dan menyenangkan.


1. Tujuan Pendakian
Tentukan maksud yang jelas dari pendakianmu, apakah kamu hanya ingin refresing, melakukan kegiatan ilmiah seperti penelitian atau pendataan flora fauna atau dalam rangka meningkatkan skill / wawasan kamu tentang pendakian di gunung, sehingga kamu dapat menentukan tempat tujuan / lokasi yang sesuai sebagai langkah berikutnya.

2. Lokasi Pendakian
Menentukan lokasi atau gunung yang akan di daki yang mana di sesuaikan dengan maksud pendakianmu. Untuk kamu yang hanya ingin refresing, tentukan gunung2 wisata yang sudah banyak di daki orang dan memiliki tingkat kesulitan yang renda, sedangkan untuk kamu yang ingin melakukan peningkatan skill pada umumnya ada beberapa criteria gunung khusus dan tingkat kesulitannya lebih tinggi.

3. Waktu Pendakian
Kapan dan berapa lama kamu akan melakukan pendakian. Kedua hal ini harus di rencanakan sebaik mungkin mengingat segala persiapan yang kamu butuhkan memerlukan waktu tidak cukup sehari saja dan pilih waktu yang tepat sehingga dapat dipastikan gunung yang akan didaki tidak sedang ditutup oleh pihak pengelola dan dalam cuaca yang mendukung.

Selain itu juga kedua hal tersebut penting untuk dapat memperhitungkan jumlah konsumsi dan logistic yang akan dibawah, perlu diingat sebaiknya konsumsi dan logistik yang dibawah di lebihkan setidaknya untuk dua kali waktu makan, hal ini untuk mengatisipasi hal2 yang buruk terjadi.

4. Olah Raga Rutin
Sebaiknya melakukan olah raga rutin 2 minggu (3x1 minggu) sebelum waktu pendakian. Sesuaikan porsi olah ragamu dengan medan pendakian yang akan dilalui dan tidak berlebihan atau terlalu dipaksakan.


5. Peralatan Standar Pendakian
Persiapan peralatan dan perlengkapan standar untuk pendakian dengan matang. Banyak bertanya dengan orang yang sudah sering melakukan pendakian atau orang orang yang memahami akan hal ini.

Gunakan peralatan dan perlengkapan yang dapat membantu merasa nyaman dan aman dalam pendakian. Contoh, pilihlah carrier dengan ukuran yang sesuai dan design yang nyaman, gunakan alas kaki dengan kondis yang masih baik dan sebisa mungkin gunakan sepatu trekking, bawa selalu jas hujan / raincoat dan senter serta medis pribadi (obat2an untuk penaganan penyakit yang kamu derita dan medis standar untuk penyakit atau cidera yang biasa terjadi di gunung)

6. Makanan yang berkalori tinggi
Bawalah konsumsi dengan kandungan gizi yang baik, jangan hanya alasan tidak mau repot, sehingga hanya makanan instan saja yang dibawa, jangan lakukan hal tersebut.

Ketahuilah bahwa saat melakukan pendakian, tubuh membutuhkan kalori yang cukup besar dan asupan makanan yang bergizi sehingga kondisi tubuh / fisikmu dapat tetap segar dan sehat.

7. Dapatkan Informasi Terbaru
Carilah informasi selengkap-lengkapnya tentang lokasi gunung yang akan kamu daki dan sebaiknya dalam satu tim setidaknya ada salah seorang yang sudah pernah mendaki gunung tersebut sehingga ada penuntun. Atau labih aman jika menggunakan jasa pemandu yang lebih mengenali karakter dan jalur gunung tersebut.



Kiranya beberapa tips tersebut dapat berguna bagi kamu yang mungkin baru pertama kali akan melakukan pendakian gunung. Dan satu hal yang kamu harus ingat yaitu berdoalah sebelum memulai kegiatan dan jagalah ucapan serta perilakumu !!! selamat mendaki petualang.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post