Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menuju Puncak Gunung Kinabalu Sabah Malaysia

H.0, Sabtu, 11 Desember 2010

Dari sekret Agrawitaka Univ Prof Moestopo Jakarta pukul 13:45 kami berangkat ke bandara soekarno hatta Jakarta, sampai disana pukul 15:21. Kami langsung chek in. tepat pukul 16:40 pesawat pun lepas landas meninggalkan kota Jakarta. Lama perjalanan kurang lebih dua jam empat puluh menit. Jam 20:50 waktu setempat kami tiba di kota kinabalu sabah Malaysia.

Perbedaan waktu di Malaysia sama dengan waktu Indonesia tengah di Indonesia. Pengecekkan paspor yang antri mengakibatkan kami lama dibandara. Setelah selesai tim menuju hotel, perjalanan dari bandara dengan menggunakan taksi ke tempat penginapan sangat dekat, jarak tempuh Cuma 30 menit dengan biaya

RM 30.00. Sampai di explorer backpacker tempat kita menginap langsung chek in dan beristirahat sejenak. Saya mencari informasi kepada pemilik Hotel untuk transportasi dan akomodasi ke Kinabalu Park, sayapun memesan taksi yang akan mengantar kami besok hari, melalui rekan pemilik hotel.

Pukul 21:00 kami keluar untuk makan malam, setelah itu ke toko terdekat untuk belanja logistic perjalanan. Sampai ditempat penginapan tim langsung packing dan mempersiapkan segala sesuatu untuk perjalanan esok hari. Sebelum kami berstirahat malam, kami mengadakan breafing.

H.1, Minggu, 12 Desember 2010

Pagi pukul 06:43 kami bangun, bergegas bersih-bersih dan sarapan. Kurang dari jam 08:00 kereta atau taksi telah datang untuk menjemput kami. Kamipun segera naik dan berangkat menuju kinabalu park. Perjalanan memakan waktu kurang lebih dua jam dari tempat kami menginap. Biaya transportasi RM 300,00.

Didalam perjalanan dari kaca mobil tampak kelihatan puncak Gunung Kinabalu yang berdiri kokoh. Pukul 10:10 kami sampai di Kinabalu Park (1.563 mdpl), untuk masuk ke kawasan Kinabalu park kami harus membayar RM 9.00 untuk 3 orang. Setelah itu kami ke Kinabalu park center dimana tempat mengurus segala perijinan sebelum melakukan pendakian.

Kami masing-masing diberi formulir oleh karyawan yang bertugas untuk meregistrasi anggota tim. Ada beberapa pilihan paket pendakian, kami memilih salah satunya yaitu tiga hari dua malam dengan biaya RM 2.124.00 semua sudah termasuk penginapan dan konsumsi selama berada di kinabalu park.

Biaya lain yang harus kami keluarkan adalah biaya transportasi RM 33.00 untuk mengantar ke timpohon dan biaya Guiidee RM 85.00. setelah semua selesai kami diantar ketempat penginapan Grance hostel, jarak dari kantor Kinabalu Park ke grace hostel kurang lebih 200 meter.

Pukul 14:00 kami chek in dan beristirahat. Pukul 16:10 tim melakukan pergerakan tresing disekitar penginapan agar badan tidak kaku, karena suhu yang dingin, Setelah itu kami mandi dan berganti pakaian. Pukul 19:00 kami menuju balsem restaurant yang terletak didepan kantor kinabalu park, untuk makan malam. Kami kembali ke kamar setelah makan malam dan breafing untuk persiapan esok harinya. Pukul 21:00 kami beristirahat.

H.2, Senin, 13 Desember

Pukul 06:48 pagi saya bangun dan langsung membangunkan yang lainnya. Kami segera melakukan aktifitas mandi dan packing. Setelah semua selesai tepat pukul 07:20 kami meninggalkan tempat penginapan dan menuju kantor Kinabalu Park untuk mengembalikan kunci kamar.

Kami langsung diarahkan ke tempat operasional Guiide yang berada disamping kantor untuk konfirmasi ulang dan kami diberikan ID card sebagi tanda pengenal selama pendakian. Guiide yang akan mendampingi kami dalam pendakian nanti, bernama Tuji berusia 36 tahun.

Tim diberikan waktu untuk sarapan dan mengambil persiapan makan siang di Balsem restaurant dengan menu roti keju, telur masak, apel dan sebotol air mineral. Pukul 08:27 dari kantor kinabalu park, tim diantar menggunakan bus menuju ke Timpohon gate (1866 m dpl) 1 KM.

Kami sampai dan diantar oleh bapak tuji untuk pengecekan surat oleh Petugas Kinabalu dan bertanda tangan sebagai chek poin. Timpohon gate ini adalah tempat dimana seluruh pendaki memulai pendakian dan terhitung 0 KM dari 8.72 KM jarak yang akan ditempuh untuk sampai kepuncak. Setelah semua selesai pendakianpun dimulai.

Target hari ini adalah laban rata (3262 mdpl), tempat dimana penginapan terakhir sebelum melakukan pendakian ke puncak. Ada banyak pilihan juga selain laban rata, seperti Gunting lagadan hut (3323 mdpl), panar laban hut (3314 mdpl), dan sayat sayat hut (3668 mdpl), semua merupakan shelter terakhir atau tempat memulai pendakian kepuncak.

Perjalanan panjang yang akan melelahkan, Kurang lebih 6 km kami harus berjalan hari ini Dengan selisih ketinggian 1.400 meter kami perkirakan 5 jam kami akan sampai di tujuan. ruas jalan yang sudah ada kurang lebih dua meter. Kondisi medan yang kami lewati sampai di KM 4 permukaan jalan berpasir, sesekali juga kami mendapatkan bebatuan.

Untuk jalur KM 4 keatas jenis medannya sudah mulai mendapatkan batu dan pasir-pasir berwarna hitam. Pada umumnya medan yang kami lewati sangat terjal dengan kemiringan 60 s/d 80 derajat. Tepat jam 11.50 kami sampai di Paka shelter tempat yang cocok untuk istirahat makan siang.

Tak lama kami beristirahat kami melanjutkan kembali perjalanan. Sekitar dua puluh meter dari KM 5, hujanpun turun. Kamipun memaksakan sekuat tenaga berlari ke shelter untuk berteduh. Seluruh tim yang berada di shelter itu segera mengeluarkan jas hujan sebelum melanjutkan perjalanan. Waktu menunjukkan 12:47 dan jarak untuk sampai ke laban rata sisa 1 KM lagi.

Setelah tim memasang jas hujan, perjalananpun kami lanjutkan. Hujan yang membasahi kami membuat tim semakin lambat dan lebih berhati-hati. Dingin dan jalan yang licin memaksa kami untuk sering kali beristirahat, hujanpun tak juga redah, kondisi tubuhpun semakin lemah.

Beberapa saat kemudian rumah laban rata sudah kelihatan, bersama tim tim yang lain kami tiba pukul 13:40. Saya langsung melapor kepetugas dan kami diantar menuju kamar yang telah disediakan. Tim berganti pakaian dan beristirahat. Karena kondisi tubuh yang letih kami tertidur pulaspukul 17:53 kami bangun dan besih bersih. Tepat pukul 18:30 kami kelantai bawah untuk makan malam.

Suhu sangat dingin dan angin sangat keras, membuat saya khawatir dengan kondisi tim. Pukul 20:00 kami persiapkan perlengkapan untuk pendakian pagi nanti, semua kelengkapan tim telah dipacking. Guiide yang mengantar kami menyampaikan jadwal dan rencana pendakian kepada tim. Pendakian akan dimulai pukul 02:30 dini hari. Sisa waktu yang ada kami pergunakan untuk istrahat.

H.3, Selasa, 14 Desember

Pagi pukul 02:50 saya terbangun karena mendengar suara tim-tim yang lain yang sudah bersiap siap. Saya membangunkan tim dan segera bergegas dan bersih-bersih. Setelah semua sudah siap saya memimpin doa sebelum bergabung dengan tim yang lain, agar perjalanan kami selalu dalam lindungan Allah dan tujuan kami tercapai dengan selamat.

Kami meninggalkan kamar dan menuju lantai satu untuk sarapan. Tepat pukul 03:00 tim bersama tim lainnyamendapat arahan dan doa bersama dipimpin oleh salah satu Guiide. Kami memasang heatlamp dan memulai pendakian ke puncak kinabalu. Jarak yang akan kami lewati yaitu 2.820 m dari laban rata.

Sedikit demi sedikit jalan setapak kami lalui, cuaca pagi itu cukup baik, langit sangat terang. Angin yang keras dan dingin menemani perjalanan seluruh tim. Sesekali kami singgah beristirahat karena angin dan kabut yang tebal. Jalur yang kami lewati sangat berbahaya, kami dituntun oleh tali yang sudah disediakan.

Karena medannya yang sangat sulit, penglihatan terbatas, serta cuaca yang sangat dingin mengakibatkan beberapa tim memutuskan untuk kembali dan memilih tak melanjutkan pendakian. Tak terasa matahari sudah malai muncul dan semakin jelas pula titik puncak yang akan kami tuju.

Tepat pukul 05:50 kami berada dipuncak tranggulasi tertinggi Kinabalu (4095 mdpl). Kami beristirahat sejenak dan langsung mendokumentasikan moment tersebut. Kami tak berada lama diatas puncak, karena suhu yang sangat dingin selain itu tim-tim yang lain juga akan mengunakan tranggulasi untuk dokumentasi.

Sekitar puncak sangat curam dan diameternya sangat sempit, sehingga harus sangat berhati-hati selama berada diatas puncak. Kamipun turun dari puncak dengan rasa bangga dan terharu. Terima kasih tuhan. Bergerak kembali ke laban rata. Walaupun sudah ada matahari yang menyinari tubuh kami, tetapi masih saja terasa dingin, karena batu kinabalu yang mengeluarkan hawa dingin tersebut.

Jalur untuk naik sangat berbahaya tak lebih lagi jalur turun, kami berhati hati, Guiide kami sangat memperhatikan hal tersebut. Tiba dipos sayat sayat untuk check poin tim dan melanjutkan perjalanan. Pukul 08:45 kami sampai di laban rata dan langsung beristirahat. Pukul 09:30 kami bangun dan packing.

Sebelum check out dari laban rata, kami sarapan pagi lalu melanjutkan perjalanan ke Kinabalu park.pukul 12:35 kami tiba di timpohon dan dijemput bus menuju kantor Kinabalu Park. Kami langsung menuju balsam restaurant untuk makan siang.

Sebelum kami meninggalkan Kinabalu Park, tim ke Guiide central untuk mengambil sertifikat Mount Kinabalu.  Kamipun kembali ke kota kinabalu (explorer backpacker hotel). Menggunakan taksi RM 150.00 untuk sampai ke kota kinabalu. Pukul 16:00 kami tiba dengan selamat dan beristirahat.

H.4,  Rabu, 15 Desember

Tak ada aktifitas seharian. Karena kondisi badan yang masih lemah. Konsentrasi untuk kembali Jakarta dan Kendari.