Sunday, July 6, 2014

Peta topografi kawasan pegunungan mekongga


Peta topografi adalah peta yang menggambarkan relief permukaan bumi dengan menggunakan garis kontur. Peta topografi umumnya berskala besar dan menyajikan obyek dengan tingkat detail relatif tinggi.

Sebuah survei topografis umumnya dipetakan menjadi peta topografi dalam bentuk peta berseri. Sebuah seri peta topografi terdiri dari beberapa peta yang menggambarkan wilayah yang berdekatan.


Peta topografi memiliki banyak manfaat dalam kegiatan sehari-hari manusia. Mulai dari hiking, orienteering, hingga penyelamatan.

Selain itu, peta topografi juga sangat bermanfaat bagi dunia professional dan pemerintahan. Mulai dari perencanaan, desain, studi ilmu bumi, hingga pertahanan.

Peta topografi kawasan pegunungan mekongga untuk skala 1 : 25.000 tahun 2013
Size : 13 MB

Pengantar Peta topografi
Peta topografi merupakan peta khusus yang tidak memberikan banyak informasi. Infromasi yang disampaikan oleh peta topografi adalah hanya sebatas kenampakan alam atau tinggi rendahnya bentuk permukaan bumi saja.

Setiap jenis peta memiliki ciri khusus yang mencerminkan karakteristik dari peta tersebut. Ciri khusus atau karakteristik peta ini tentu saja berbeda- beda antara satu dengan yang lainnya. Demikian halnya dengan peta topografi ini.

Peta ini tidak kaya akan warna dengan kata lain warnanya hanya sedikit. Hal ini dikarenakan fungsi pokok dari peta tersebut adalah hanya untuk kontur tanah saja. Sehingga garis-garis kontur harus tercetak jelas agar pembaca dapat memahami dengan betul


Salah satu ciri dari topografi lainnya adalah penggunaan skalanya yang besar. Dimana skala ini merupakan perbandingan ukuran antara gambar dengan keadaan yang sesungguhnya. Skala pada peta pun bervariasi. 

Semakin kecil skala maka informasi yang diberikan tidak banyak. Dan sebaliknya, semakin besar skalanya makan informasi yang disampaikan sangat detail dan akurat.

Kontur (garis sama tinggi)  adalah garis khayal di permukaan bumi yang menghubungkan titik-titik yang sama dengan ting ginya dari atas permukaan laut yang ada di peta topografi. Garis-garis ini biasanya tidak lurus tetapi berbelok-belok dan tertutup, berwarna biru ( cokelat ) di atas peta. 

Bentuk yang kontur seperti bentuk bumi yang sebenarnya. Kontur digambarkan dengan interval vertikal yang tetap, interval kontur adalah vertikal antara dua garis ketinggian yang ditentukan berdasarkan skalanya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post